• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

"Pola hidup yang sehat dimulai dari keluarga. Tujuannya untuk melindungi keluarga dari ancaman berbagai penyakit."

Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan KeluargaPola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Halodoc, Jakarta – Di tengah ancaman berbagai penyakit, wajar bila timbul rasa khawatir akan kesehatan keluarga. Terlebih di era pandemi COVID-19, risiko penularannya masih tinggi jika kamu sering bepergian ke luar rumah untuk bekerja atau keperluan lainnya. 

Itu sebabnya, kamu perlu bertindak tepat untuk melindungi keluarga terkasih dari ancaman berbagai penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya menerapkan pola hidup sehat

Baca juga: Kedekatan dengan Keluarga Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Pola Hidup untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Beberapa pola hidup yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga, yaitu:

1. Pilih makanan yang sehat dan bergizi

Pilihan terbaik adalah memasak makanan sendiri dengan bahan-bahan alami. Kamu bisa memasak sayuran dan protein dengan minyak zaitun. Sebagai pendamping, pilih buah-buahan, kacang-kacangan, lentil, dan biji-bijian. Hindari konsumsi makanan olahan yang justru berdampak pada kesehatan.

Walaupun terkesan praktis, makanan olahan dan cepat saji minim kandungan gizinya. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa mengonsumsi 4 porsi ultra processed food dikaitkan dengan peningkatan penyakit berbahaya sebesar 62 persen. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi atau hentikan konsumsi makanan ultra-proses seperti keripik, roti putih, donat, kue, sereal, soda dan lain sebagainya.

  1. Bergerak aktif

Kamu tidak perlu pergi gym, mengikuti kelas zumba atau pergi ke stadion untuk sekedar berolahraga. Yang terpenting adalah frekuensi (seberapa sering), intensitas (seberapa keras) dan waktu (berapa lama) yang kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas ini.

Berjalan santai di sekitar rumah atau sekedar melakukan pemanasan saja sudah termasuk olahraga ringan. Jika dilakukan secara konsisten, hal ini bermanfaat untuk kesehatan. Melansir dari Cleveland Clinic, penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang dikombinasikan dengan perilaku sehat mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

Baca juga: Ini Menu Makanan Sehat untuk Keluarga yang Bisa Dicoba

3. Berhenti merokok

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, perokok berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, berbagai jenis kanker, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Menurut dokter Todorov, dokter keluarga di Cleveland, perokok setidaknya kehilangan 10 tahun harapan hidup bila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok. 

Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Disebutkan bahwa orang yang berhenti merokok pada usia 40 tahun mengalami penurunan risiko kematian akibat merokok hingga 90 persen.

4. Tidur nyenyak

Tidur memulihkan fungsi-fungsi organ dan memberikan efek yang signifikan pada suasana hati. Buatlah rutinitas tidur supaya terhindar dari gangguan tidur. Caranya dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dan menghindari makan makanan berat sebelum tidur. 

Salah satu pemicu masalah tidur adalah pemakaian gawai. Oleh sebab itu, hentikan bermain handphone 2 jam sebelum waktu tidur. Kamu juga bisa mendengarkan musik, latihan pernapasan, membaca buku, minum teh atau merenungkan hal-hal positif sebelum tidur. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak. 

5. Dapatkan vaksinasi dan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan kesehatan secara rutin penting dilakukan untuk mencegah perkembangan penyakit serius. Melansir dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali. Misalnya, di akhir tahun atau awal tahun supaya tenggat waktunya mudah diingat. 

Vaksinasi dan imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Dengan begitu, risiko komplikasi akibat penyakit berbahaya bisa diminimalisir.

  1. Jaga kebersihan diri

Kebersihan diri adalah hal utama untuk menjaga kesehatan keluarga. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tidak menyentuh hidung, mata dan mulut sembarangan. Selain itu, hendaknya menutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu saat bersin. 

Baca juga: Ini Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan Tubuh

Kamu juga wajib membersihkan diri setelah beraktivitas di luar rumah untuk memastikan keluarga tidak tertular oleh virus dan bakteri yang kamu bawa dari luar. Pilih produk sabun yang terbukti ampuh membunuh virus dan bakteri seperti Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10. Sabun anti bakteri dengan penjualan no 1 di dunia ini mampu melindungi dari kuman penyebab penyakit setelah seharian beraktivitas. 

Dengan Active Silver+ formula, Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 bekerja sama dengan imunitas kulit dan melawan 99.9 persen kuman berbahaya. Jika ada anggota keluarga yang sakit, segera hubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kamu juga bisa mendapatkan diskon up to 50k untuk berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Jangan tunda sebelum kian memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 9 Ways to Prevent Disease (and To Live Your Healthiest Life)
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. How You Can Prevent Chronic Diseases.
UNICEF. Diakses pada 2022. Cleaning and hygiene tips to help keep the COVID-19 virus out of your home.
NSW Health. Diakses pada 2022. Hygiene at home.