Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Pneumonia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
pola-hidup-sehat-untuk-pengidap-pneumonia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat menyebabkan pengidapnya mengalami sejumlah gejala terkait pernapasan yang tidak nyaman. Penyakit serius ini hanya bisa diatasi dengan pengobatan medis. Namun, menjalani pola hidup sehat dapat membantu mengurangi gejalanya. Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini.

Sekilas Tentang Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan yang bisa terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam organisme, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Saat mengidap pneumonia, kantung udara kecil di paru-paru yang disebut alveolus menjadi terisi dengan nanah dan cairan lain. Akibatnya, pengidap akan sulit bernapas.

Kebanyakan orang bisa mengidap pneumonia akibat tertular dari orang lain atau melalui infeksi virus yang sudah ada sebelumnya, seperti virus yang menjadi penyebab flu. Biasanya, sistem kekebalan tubuh dapat melawan infeksi organisme tersebut. Namun, bila jumlah kuman yang menginfeksi ada banyak, maka mereka dapat mengambil alih dan mengakibatkan penyakit.

Gejala pneumonia yang paling umum adalah:

  • Batuk.

  • Sesak napas.

  • Sakit dada.

  • Demam.

  • Panas dingin.

  • Kelelahan dan nyeri otot.

Kadang-kadang, gejala tambahan juga dapat terjadi, seperti batuk terus-menerus yang mengakibatkan sakit kepala.

Baca juga: Apa Bedanya Pneumonia dengan Pneumonia Bakterial?

Pengobatan dan Perawatan Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit serius yang perlu penanganan medis. Pengobatan pneumonia dapat melibatkan pemberian obat antivirus, antibiotik, atau antijamur, tergantung penyebab infeksi paru-paru yang kamu alami. Dokter juga bisa meresepkan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit atau demam yang kamu alami, bila diperlukan. Obat-obatan tersebut, seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen. Obat batuk juga sering digunakan untuk mengatasi gejala batuk yang mengganggu, sehingga pengidap bisa beristirahat.

Baca juga: Bisakah Pneumonia Disembuhkan Hanya dengan Minum Obat?

Selain minum obat-obatan, pengidap juga perlu menjalani pola hidup sehat yang dapat meredakan gejala sekaligus membantu proses pemulihan. Berikut ini pola hidup sehat yang bisa dijalani pengidap pneumonia:

  • Istirahat yang cukup. Tubuh yang sedang sakit perlu banyak istirahat agar bisa pulih. Jadi, hindari dulu melakukan aktivitas fisik untuk sementara dan istirahat yang cukup untuk memberi waktu bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

  • Minum yang Banyak. Selain agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, minum cairan yang banyak dapat membantu melegakan tenggorokan kamu yang tidak nyaman karena batuk. Air putih, teh herbal, sup, dan kaldu ayam adalah pilihan cairan yang bisa kamu konsumsi untuk pulih dari pneumonia.

  • Makan-makanan sehat. Mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi dapat memberikan kamu berbagai nutrisi penting yang baik untuk meningkatkan sistem imun, sehingga pneumonia dapat cepat pulih.

Pengobatan Alami Pneumonia

Selain menerapkan pola hidup sehat di atas, kamu yang terkena pneumonia juga dapat mencoba obat-obatan alami berikut untuk meredakan gejala yang mengganggu:

  • Untuk Meredakan Batuk

    • Teh herbal

Sebuah studi yang dipublikasikan di Element-Based Complementary dan Alternative Medicine menemukan bahwa herbal, seperti peppermint dan eucalyptus memberikan efek menenangkan pada tenggorokan orang dengan saluran pernapasan atas. Selain itu, tumbuhan tersebut juga dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh pneumonia.

    • Berkumur dengan air garam

Lendir yang berada di tenggorokan dan dada dapat menyebabkan batuk dan iritasi yang lebih parah. Berkumur air garam dapat membantu menghilangkan lendir atau kuman di tenggorokan, sehingga dapat memberikan sedikit kelegaan.

  • Untuk Mengatasi Sesak Napas

Menghirup udara yang hangat dan lembab dapat membantu melonggarkan pernapasan kamu. Karena itu, kamu bisa mengatasi sesak napas dengan mandi air hangat atau menghirup uap secangkir teh hangat.

  • Untuk Mengatasi Nyeri Dada

Nyeri dada bisa terjadi akibat batuk yang terus menerus. Karena itu, nyeri dada bisa diatasi dengan mengobati batuk. Namun, minum teh hangat yang dicampur dengan jahe segar atau kunyit juga dapat mengurangi nyeri dada.

Baca juga: Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Nah, itulah pola hidup sehat yang perlu dijalani pengidap pneumonia. Bila kamu mengalami gejala-gejala yang mirip seperti gejala pneumonia, segera periksakan ke dokter. Kamu juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk minta saran kesehatan kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Are there any home remedies for pneumonia?
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Pneumonia.