• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup yang Tepat Bagi Pengidap Hepatitis A

Pola Hidup yang Tepat Bagi Pengidap Hepatitis A

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pola Hidup yang Tepat Bagi Pengidap Hepatitis A

“Hepatitis A adalah salah satu jenis hepatitis yang umum terjadi. Peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus ini bisa membuat hati tidak bisa berfungsi dengan baik. Namun, hepatitis A bisa sembuh dengan perawatan mandiri di rumah dalam beberapa minggu. Penting juga bagi pengidap untuk menerapkan pola hidup yang tepat untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi.”

Halodoc, Jakarta – Hepatitis adalah istilah umum untuk peradangan hati. Kondisi ini menyebabkan hati tidak bisa berfungsi dengan baik untuk membuang limbah dari darah, sehingga akhirnya limbah akan menumpuk di darah dan jaringan dalam tubuh kamu.

Hepatitis A adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Kebanyakan kasus hepatitis A tidak seserius hepatitis B atau C, dan biasanya juga tidak berkembang menjadi hepatitis kronis atau sirosis (jaringan parut tahap akhir pada hati).

Meski begitu, pengidap hepatitis A dianjurkan untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat untuk mempercepat pemulihan dan mencegah kerusakan hati lebih lanjut.

Pola Hidup yang Dianjurkan untuk Pengidap Hepatitis A

Kabar baiknya, hepatitis A adalah kondisi kesehatan yang bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Kamu yang mengidap penyakit tersebut hanya perlu beristirahat, minum banyak air dan mengonsumsi makanan sehat agar gejala kamu bisa segera mereda. Dokter juga bisa meresepkan obat-obatan untuk meredakan gejala hepatitis A.

Namun, hepatitis A adalah penyakit yang menular. Ketika terkena penyakit ini, kamu perlu mengisolasi diri agar tidak menulari orang lain. Kamu kemungkinan besar harus tetap tinggal di rumah untuk sementara dan tidak dianjurkan untuk pergi ke sekolah, kantor atau melakukan kegiatan lainnya di luar rumah yang melibatkan bertemu dengan orang banyak.

Selain itu, bila memungkinkan, kamu perlu menggunakan kamar mandi terpisah dengan orang-orang yang tinggal serumah dengan kamu dan memisahkan perlengkapan mandi kamu dari mereka.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebaran Hepatitis A yang Harus Dipahami

Nah, meski komplikasi jarang terjadi, hepatitis A tetap berpotensi menyebabkan gagal hati. Oleh karena itu, penyakit ini sebaiknya jangan disepelekan. Berikut ini pola hidup sehat yang perlu dijalani pengidap hepatitis A untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi:

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Salah satu bagian penting dari pola hidup sehat yang perlu dijalani oleh pengidap hepatitis A adalah mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Orang yang mengidap penyakit ini berarti mengalami peradangan hati, sehingga mereka dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang tidak membebani organ hati. 

Pola makan yang dianjurkan untuk pengidap hepatitis A, antara lain mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, mendapatkan cukup asupan protein, dan minum banyak orang. Tujuannya untuk mencegah kelebihan berat badan atau obesitas, karena lemak ekstra yang disimpan di hati bisa semakin merusak hati.

Baca juga: Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Menjaga Fungsi Hati

  1. Berolahraga dengan Hati-hati

Olahraga juga menjadi bagian penting lain dari pola hidup untuk pengidap hepatitis A, namun pengidap perlu melakukannya dengan hati-hati. Gejala hepatitis A pada tiap pengidap bisa bervariasi dalam hal tingkat keparahannya. Pengidap dianjurkan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai olahraga tertentu.

Secara umum, olahraga ringan, seperti berjalan-jalan atau berenang, beberapa kali seminggu bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Namun, saat kamu merasa terlalu lelah untuk berolahraga, jangan memaksakan diri.

Hanya keluar mencari udara segar dan melakukan peregangan sebentar biasanya sudah cukup untuk membantu meningkatkan energi dan melawan gejala hepatitis.

  1. Hindari Rokok, Obat-obatan dan Alkohol

Karena hepatitis melemahkan organ hati, jadi segala sesuatu yang bisa memberi dampak buruk pada hati perlu dihindari. Hal ini termasuk alkohol, rokok, dan banyak obat-obatan. Ketiga hal tersebut diketahui bisa memberi beban pada hati yang akan memperburuk hepatitis.

Oleh karena itu pengidap dianjurkan untuk menghindarkan diri dari segala sesuatu yang beracun bagi hati. Bila mengunjungi dokter, pastikan kamu memberi tahunya tentang hepatitis yang kamu miliki agar ia bisa meresepkan obat yang tidak membebani organ hati.

  1. Temui Dokter sesuai Jadwal

Gejala hepatitis A biasanya bisa membaik dalam beberapa minggu dan komplikasi jarang terjadi. Meski begitu, kamu perlu menemui dokter seperti yang sudah dijadwalkan untuk memeriksa perkembangan kondisi kamu.

Baca juga: Ini Langkah-Langkah Mencegah Hepatitis A

Itulah pola hidup yang tepat bagi pengidap hepatitis A. Nah, bila kamu ingin membeli obat yang sudah diresepkan dokter untuk hepatitis kamu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2021. Hepatitis A.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Managing Daily Life With Hepatitis.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 8 Ways to Live Well With Hepatitis