Pola Makan Pengidap Ambeien yang Dianjurkan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pola makan pengidap ambeien

Halodoc, Jakarta - Ketika mengalami gangguan kesehatan, pola makan pengidap ambeien harus diperhatikan. Pasalnya, penyebab utama seseorang mengidap ambeien adalah penerapan pola makan yang kurang baik. Itu mengapa pengaturan pola makan penting dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang mungkin terjadi.

Ambeien sendiri sering disebut sebagai wasir atau hemoroid. Ini merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah. Adapun lokasi pembuluh darah yang mengalami wasir biasanya berada di dalam atau di area bokong, tepatnya di dalam rektum atau anus.

Meskipun masalah ini termasuk gangguan kesehatan ringan, tetap saja ada keluhan-keluhan yang muncul. Beberapa gejala ambeien di antaranya adalah pendarah ketika buang air besar (BAB), adanya lendir, terjadi benjolan di anus, pembengkakan, serta gatal-gatal sekaligus rasa nyeri. Maka dari itu, ada beberapa pola makan pengidap ambeien yang dianjurkan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Asupan Serat untuk Pengidap Ambeien

1. Serat yang Larut

Terdapat dua jenis serat yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap ambeien. Pertama, serat yang larut di mana bentuknya terlihat seperti gel yang ada di dalam saluran pencernaan. Teksturnya lebih lebih lembut dan lengket sehingga menyerap air dengan sempurna. Serat jenis ini akan bekerja dengan cara memperlambat proses pencernaan dan membantu usus untuk menjadikan feses lebih lunak. Dengan begitu, feses lunak akan membuat proses BAB menjadi lebih mudah serta membebaskan dari rasa sakit.

Beberapa makanan yang menjadi sumber serat larut antara lain kacang-kacangan, gandum, buah, serta alpukat. Fungsi lain serat ini adalah untuk mengatur kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan kolesterol.

2. Serat yang Tidak Larut

Serat yang tidak larut yang berguna untuk memadatkan feses dan mempercepat proses pergerakan makanan, baik melalui lambung maupun usus. Serat ini tidak dihancurkan di usus, melainkan diserap langsung ke aliran darah yang dapat menambah ampas di sistem pencernaan. Ketika seseorang mengonsumsi serat tidak larut, frekuensi BAB menjadi lebih lebih teratur. Asupan ini juga meminimalkan risiko konstipasi (susah buang air besar). Adapun makanan yang mengandung serat jenis ini adalah biji-bijian utuh, kacang merah, serta berbagai macam sayuran.

Untuk membantu penanganan ambeien, kedua jenis serat ini wajib ada di dalam makanannya. Konsumsi serat yang disarankan setiap harinya adalah kurang lebih 25 - 30 gram. Penambahan asupan serat saat makan ada baiknya dilakukan secara bertahap dan tidak sekaligus. Pasalnya, tubuh membutuhkan proses adaptasi. Jika dilakukan sekaligus, hal ini bisa menyebabkan perut kembung.

Makanan yang Menyembuhkan Ambeien

Selain memperbaiki pola makan, pengidap ambeien juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang akan mempercepat penyembuhan gangguan kesehatan yang satu ini. Beberapa daftar makanan serta kandungan serta yang sebaiknya dipertimbangkan antara lain sebagai berikut:

  1. Kentang panggang mengandung 3,6 gram serat.
  2. Apel ukuran sedang mengandung 4,4 gram serat.
  3. Pir ukuran sedang mengandung 5,5 gram serat.
  4. ½ labu rebus mengandung 2,9 gram serat.
  5. ½ cangkir kacang polong rebus mengandung 3,5-4,4 gram serat.

Tingkat keparahan ambeien tentu akan berbeda untuk setiap orang. Semua asupan nutrisi yang masuk sebaiknya dikonsultasikan dengan ahli gizi agar informasi yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kamu bisa berbicara dengan dokter gizi yang ada di aplikasi Halodoc melalui fitur Contact Doctor. Hubungi dokter gizi di Halodoc kapan saja dan dimana saja kamu mau melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi   Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: