• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Sehat yang Perlu Diterapkan saat Alami Kurap
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Sehat yang Perlu Diterapkan saat Alami Kurap

Pola Makan Sehat yang Perlu Diterapkan saat Alami Kurap

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Agustus 2021
Pola Makan Sehat yang Perlu Diterapkan saat Alami Kurap

“Kurap, yang disebabkan oleh infeksi jamur, dapat menimbulkan gejala gatal yang sangat mengganggu. Ketika mengalaminya, pengobatan medis seperti krim topikal diperlukan. Namun, kamu bisa percepat kesembuhan dengan memiliki pola makan sehat.”

Halodoc, Jakarta – Disebabkan oleh infeksi jamur, kurap adalah salah satu masalah kulit yang cukup umum terjadi. Gejalanya berupa ruam kemerahan yang gatal, dengan bentuk melingkar seperti cincin. Itulah sebabnya, penyakit kulit ini disebut juga ringworm.

Pernahkah kamu mendengar klaim bahwa pola makan tertentu dapat membantu penyembuhan kurap? Meskipun tidak ada makanan yang terbukti secara khusus mengobati kurap, mengonsumsi makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan ketika mengidap kurap mungkin bisa membantu.

Baca juga: Cara Membedakan Gejala Kurap dan Infeksi Jamur Candida

Percepat Sembuhnya Kurap dengan Pola Makan Sehat

Sebenarnya, tidak ada bukti bahwa kekurangan vitamin dikaitkan dengan risiko kurap. Namun, bila sistem imun tubuh kamu melemah, risiko untuk mengalami infeksi jamur ini jadi meningkat.

Soal menyembuhkan kurap, tidak ada pola makan khusus yang dapat menjadi obat. Kristi King, MPH., RDN., ahli diet senior di Texas Children’s Hospital di Houston, mengatakan bahwa biasanya dengan infeksi kulit jamur seperti kurap, obat topikal perlu digunakan untuk memastikan pemberantasan infeksi sepenuhnya.

Namun, pola makan mungkin masih berperan dalam penyembuhan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan respons antiinflamasi dalam tubuh, dapat membantu sistem kekebalan saat melawan infeksi jamur penyebab kurap.

Untuk menuai manfaat antiinflamasi, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi, yaitu:

  • Protein seperti daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan.
  • Sumber omega-3 seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berlemak.
  • Biji-bijian utuh, misalnya quinoa, oatmeal, dan beras merah.
  • Sayuran.
  • Yoghurt.

Penting juga untuk minum air putih yang cukup, dan batasi asupan kafein untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, batasi juga konsumsi gula harian kamu. Meskipun tidak ada bukti bahwa diet rendah atau tanpa gula akan mencegah kurap atau membantu menyingkirkan infeksi, dr. King mengatakan bahwa jamur, sama seperti bakteri, menyukai gula.

Jadi, pastikan mengurangi asupan gula tambahan dari makanan ataupun minuman. Jumlah maksimal asupan gula harian yang disarankan adalah 50 gram. Pastikan untuk lebih jeli dalam membaca label informasi nilai gizi dalam makanan kemasan juga, ya.

Untuk mencegah kurap menyebar atau menginfeksi area lain di tubuh, jaga kebersihan kulit. Basuh area yang terinfeksi dengan air hangat dan sabun secara rutin, dan keringkan dengan benar agar tidak lembap.

Baca juga: Selain Jarang Mandi, Ini Penyebab Lain Kurap

Coba Obat Alami Rumahan

Untuk pengobatan kurap rumahan yang alami, kamu bisa mencoba beberapa bahan berikut ini:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur terhadap jamur Candida. Untuk mengobati kurap dengan cuka sari apel, rendam kapas di dalam cuka dan usapkan pada area yang terkena. Ulangi hingga 3 kali sehari.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung agen antiseptik yang menunjukkan aktivitas antijamur, antibakteri, dan antivirus. Oleskan gel dari tanaman lidah buaya ke kurap tiga atau empat kali sehari. Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan kulit, sehingga gejala gatal dan bengkak akibat kurap pun bisa mereda.

3. Minyak Kelapa

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa bermanfaat untuk membasmi sel jamur, dengan cara merusak membran selnya. Hal ini membuat minyak kelapa mungkin merupakan obat yang efektif untuk orang dengan infeksi kulit ringan hingga sedang. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke kulit, setidaknya tiga kali sehari.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kurap Bisa Muncul di Wajah

4. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit populer dengan sifat antiinflamasi. Konsumsi kunyit sebagai teh atau tambahkan ke makanan untuk menuai manfaatnya. Untuk menggunakannya sebagai obat luar, kamu bisa mencampur kunyit yang dihaluskan dengan sedikit air atau minyak kelapa sampai membentuk pasta dan oleskan ke kulit. Lalu, biarkan hingga kering sebelum dilap.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pola makan sehat saat mengidap kurap dan metode pengobatan alami yang mungkin bisa membantu. Namun, apabila tidak kunjung sembuh, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, agar kurap bisa diobati dengan pengobatan yang tepat.

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2021. What’s a Good Diet to Eat for Ringworm?
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Ringworm.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Are There Any Home Remedies for Ringworm?