• Home
  • /
  • Posisi Tidur Tepat Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Posisi Tidur Tepat Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
posisi-tidur-tepat-bisa-sembuhkan-sakit-kepala-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat umum. Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala setidaknya satu kali dalam hidup. Untuk sakit kepala ringan, biasanya bisa diatasi dengan banyak beristirahat dan minum obat sakit kepala. Namun, tahukah kamu, tidur dengan posisi yang tepat juga dapat menyembuhkan sakit kepala, lho. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Sadarkah kamu, hampir sebagian besar waktu kamu dihabiskan untuk tidur. Itulah mengapa para ahli menyimpulkan bahwa posisi tidur memainkan peran penting dalam banyak masalah gaya hidup yang kita hadapi saat ini. Menurut sebuah studi oleh Harvard Health, posisi tidur favorit seseorang biasanya ditentukan sejak awal dan sulit untuk diubah. 

Belum lagi kebanyakan orang seringkali bangun dengan posisi yang tidak sama seperti waktu awal tidur. Padahal dengan memperbaiki posisi tidur, ada banyak masalah kesehatan yang bisa diperbaiki, salah satunya adalah sakit kepala.

Baca juga: Kenali Bedanya Jenis-Jenis Sakit Kepala

Banyak orang sering mengalami sakit kepala kronis. Posisi leher kamu saat tidur bisa jadi memiliki peran utama dalam sakit kepala yang kamu alami. Selain itu, bagaimana kamu tidur juga dapat mengubah cara tubuh bekerja di siang hari. 

Nah, cara paling umum untuk mencegah sakit kepala yang sering terjadi adalah tidur dengan satu set bantal kecil tambahan di leher kamu untuk mencegahnya memuntir. Menurut Dr Ridwana Sanam, fisioterapi klinis dan ortopedi, postur tidur malam sama pentingnya dengan postur tidur pada siang hari, karena itu adalah waktunya tubuh beristirahat dan memperbaiki diri.

Selain itu, titik pemicu sakit kepala migrain seringkali berasal dari leher. Leher terhubung ke punggung yang terdiri dari tulang belakang dan punggung bawah, sehingga seluruh area tersebut juga perlu dirawat dan diperbaiki. Memperbaiki hanya posisi leher saja mungkin tidak akan membantu. 

Kamu juga perlu menjaga tulang belakang dalam posisi netral dan melengkung alami saat tidur untuk menghindari masalah tersebut. Posisi tidur yang dianjurkan adalah tidur telentang dengan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu merilekskan kedua lutut dan punggung.

Baca juga: Serba Salah, Coba 5 Posisi Tidur Ini Saat Maag Kambuh

Sakit kepala juga seringkali adalah efek samping dari tidur malam yang buruk. Jadi, selain memperbaiki posisi tidur, kamu juga perlu meningkatkan kualitas tidur kamu. Jason Rosenberg, MD, direktur John Hopkins Headache Center mengungkapkan bahwa dalam banyak kasus, ketika seseorang memiliki tidur yang berkualitas, hal ini dapat mencegahnya dari berbagai jenis sakit kepala.

Jadi, bila kamu sering kesulitan tidur di malam hari, cobalah untuk melakukan tips-tips berikut:

  • Jangan tidur siang, karena akan membuat kamu lebih sulit tidur di malam hari.

  • Hindari mengonsumsi kafein, nikotin, alkohol, dan makan dalam porsi besar menjelang waktu tidur.

  • Bila kamu tidak bisa tidur, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang tenang dalam cahaya rendah di tempat lain, seperti membaca di ruangan lain, sampai kamu mengantuk.

  • Jauhkan ponsel, tablet, atau laptop dari tempat tidur. Cahaya layar dari gadget dapat membuat tubuh kamu berpikir bahwa hari masih pagi, sehingga membuat tetap terjaga. Hindari juga kebiasaan buruk, seperti menonton film, membaca teks, atau berita online saat kamu sudah berada di tempat tidur.

  • Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini dapat membantu membentuk jam tidur tubuh kamu secara alami.

Baca juga: Susah Tidur? Ini yang Perlu Dilakukan

Bila sakit kepala masih berlanjut, atau tambah parah dan disertai oleh gejala lain, segera periksakan diri ke dokter. Untuk membeli obat sakit kepala, kamu juga bisa menggunakan Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2020. Sleeping positions and how they cure these health problems.
The Sun. Diakses pada 2020. From battling anxiety to getting rid of pesky headaches, these are the best sleep positions so you get a healthy night’s kip.
WebMD. Diakses pada 2020. What Are Tension Headaches?