• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prediksi Epidemiolog untuk Waspadai Third Wave COVID-19

Prediksi Epidemiolog untuk Waspadai Third Wave COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Prediksi Epidemiolog untuk Waspadai Third Wave COVID-19

“Pandemi COVID-19 mulai menunjukkan perbaikan, mulai dari penurunan kasus hingga angka kematian per hari. Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan melakukan protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah third wave yang diprediksi dapat muncul di akhir tahun.”

Halodoc, Jakarta – Saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung, tetapi angka kasusnya sudah mengalami penurunan. Namun, masyarakat tetap diminta untuk tidak lengah dan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku di tiap daerah. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap gelombang ketiga COVID-19 pada akhir tahun. Selain itu, para epidemiolog pun memprediksi hal yang serupa. Simak ulasannya mengenai prediksi third wave COVID-19 di Indonesia, di sini!

Baca juga: Waspada Gelombang Ketiga COVID-19 di India

Waspada Third Wave COVID-19 di Indonesia

Pandemi COVID-19 kini sudah menunjukkan perbaikan, mulai dari kasus penularan dan kematian per harinya yang semakin menurun. Selain itu, proses vaksinasi masyarakat masih terus berjalan hingga hari ini.

Namun, masyarakat diminta untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap kemungkinan lonjakan atau third wave COVID-19 di Indonesia. Dicky Budiman, Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University di Australia mengatakan bahwa gelombang ketiga COVID-19 sangat mungkin terjadi di Indonesia.

Ia mengatakan proses vaksinasi di Indonesia yang masih terbilang rendah menjadi salah satu pemicu third wave COVID-19 yang diprediksi akan muncul pada akhir tahun bertepatan dengan liburan natal dan tahun baru. Menurutnya, masyarakat Indonesia belum memiliki imunitas yang baik untuk melawan infeksi virus.

Namun, Dicky Budiman mengatakan prediksi ini masih bersifat dinamis. Semakin disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, maka third wave COVID-19 diprediksi akan semakin menurun dan tidak meledak seperti second wave pada Juli lalu.

Selain memperketat protokol kesehatan, munculnya varian COVID-19 baru juga bisa memicu ledakan gelombang ketiga COVID-19 kedepannya. Menurut Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, hingga kini varian COVID-19 terbaru yang dikenal dengan varian Mu belum ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ia berharap bahwa varian terbaru ini tidak berkembang dan dapat berhenti bermutasi.

Baca juga: Alasan Pengidap COVID-19 Memerlukan Alat Saturasi Oksigen

Cegah Terjadinya Third Wave COVID-19

Third Wave COVID-19 masih bisa dicegah. Menurut Dicky Budiman, pemerintah perlu memperketat pintu-pintu kedatangan tamu internasional dengan memberlakukan karantina selama 7 – 14 hari dan hasil pemeriksaan negatif untuk mencegah ledakan third wave COVID-19 di Indonesia.

Proses vaksinasi masyarakat juga perlu dilangsungkan lebih banyak lagi agar tercipta imunitas yang kuat untuk melawan infeksi virus COVID-19. Pemerintah juga perlu memperketat aturan protokol kesehatan dan PPKM bagi masyarakat.

Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh masyarakat terkait pencegahan munculnya third wave COVID-19 di Indonesia? Sebaiknya masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, seperti menghindari kerumunan, menggunakan masker, beraktivitas di luar ruangan atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, hingga rutin mencuci tangan.

Tidak hanya itu, masyarakat juga disarankan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 pada fasilitas kesehatan terdekat. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan cari tahu informasi seputar rumah sakit terdekat yang menyediakan layanan vaksinasi COVID-19. Kamu juga bisa buat janji agar proses vaksinasi berjalan cepat dan aman. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Sebaiknya jangan ragu untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 sangat aman untuk mencegah perburukan gejala yang timbul akibat paparan infeksi virus COVID-19. Menerima vaksin COVID-19 juga mencegah kamu dari komplikasi yang mungkin terjadi akibat COVID-19.

Baca juga: Kenali Varian Alpha, Beta, dan Delta dari Virus COVID-19

Bukan hanya melindungi diri sendiri, melakukan vaksinasi COVID-19 dapat melindungi keluarga terdekat dan lingkungan. Bahkan, kamu bisa turut mencegah terjadinya third wave COVID-19 di Indonesia. Tunggu apalagi? Yuk, vaksin COVID-19 sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

CDC. Diakses pada 2021. Benefits of Getting a COVID-19 Vaccine.
Kompas Online. Diakses pada 2021. Peringatan Luhut soal Gelombang Ketiga Covid-19 dan Prediksi Epidemiolog.
Kompas Online. Diakses pada 2021. Epidemiolog Peringatkan Gelombang Ketiga Covid-19 di Indonesia, seperti Apa?