Pregnancy Glow, Lebih Cantik saat Hamil. Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pregnancy Glow, Lebih Cantik saat Hamil. Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta - Kehamilan dapat menyebabkan banyak perubahan terjadi. Salah satu hal yang paling terlihat adalah ukuran perut yang membesar. Ternyata, perubahan pada tubuh wanita hamil bukan hanya itu. Wanita hamil mungkin saja mengalami pregnancy glow.

Pregnancy glow diketahui dapat membuat ibu hamil memiliki aura yang lebih bersinar dibanding biasanya. Namun, apakah hal tersebut benar terjadi? Berikut pembahasan mengenai hal tersebut!

Baca juga: Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

Pregnancy Glow Termasuk Mitos atau Fakta?

Pada seorang wanita yang sedang hamil, terdapat banyak perubahan secara fisiologis dan gejala-gejala lainnya, seperti mual, kelelahan, hingga bengkak pada bagian tubuh. Walau begitu, efek positif yang dapat terjadi pada wanita yang sedang mengandung adalah terjadinya pregnancy glow.

Hal ini adalah salah satu momen yang dinantikan oleh wanita ketika sedang mengalami kehamilan. Pregnancy glow terjadi karena perubahan fisiologis yang membuat kulit terlihat lebih cerah dan terjadi karena peningkatan hormon. Wanita yang sedang hamil dapat membuat dirinya terlihat lebih menarik oleh pasangannya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pregnancy glow, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, komunikasi dengan dokter dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store untuk mendapatkan semua kemudahannya! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: 8 Tips Bagi Ibu Hamil untuk Merawat Kecantikan

Pregnancy Glow, Apa yang Menyebabkannya?

Hal yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami pregnancy glow belum dapat dipastikan secara detail. Namun, beberapa temuan menyatakan hal tersebut berhubungan dengan perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan. Oleh karena itu, perubahan kulit menjadi lebih cerah terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami pregnancy glow

  1. Peningkatan Aliran Darah

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan pregnancy glow terjadi adalah peningkatan aliran darah. Seseorang yang sedang hamil akan mengalami peningkatan aliran darah. Hal tersebut terjadi karena aliran darah di dalam tubuh akan meningkat sekitar 50 persen. Kebanyakan orang yang mengalami peningkatan aliran dan sirkulasi darah akan mengalami wajah yang lebih cerah.

  1. Fluktuasi Hormon

Penyebab lainnya wanita mengalami pregnancy glow adalah terjadinya fluktuasi hormon. Meningkatnya jumlah hormon yang dilepaskan selama kehamilan dapat membuat kulit seseorang terlihat memerah, sehingga memberi tampilan bercahaya. Hormon tersebut termasuk estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin.

  1. Peningkatan Minyak pada Kulit

Kulit wanita hamil menjadi lebih terang disebabkan oleh masuknya hormon yang dapat menyebabkan kelenjar tubuh memproduksi lebih banyak minyak yang dapat membuat wajah menjadi lebih bersinar. Selain itu, lebih banyaknya volume darah dapat meningkatkan sekresi minyak. Walaupun hal ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti jerawat yang timbul secara tiba-tiba.

Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Apakah Pregnancy Glow Terjadi pada Setiap Ibu Hamil?

Setiap wanita hamil akan mengalami fluktuasi hormon secara alami saat hamil, tetapi tidak semua wanita akan mengalami pregnancy glow. Apabila hal tersebut tidak terjadi, berarti bukan ada suatu hal yang salah pada tubuh kamu. Hal tersebut berarti kulit kamu bereaksi dengan cara berbeda ketika terjadi fluktuasi hormon.

Belum dapat dipastikan juga hal ini terjadi untuk berapa lama pada wanita tersebut. Walau begitu, seorang wanita lebih mungkin mengalami kejadian yang membuat lebih cantik ini pada puncak terjadinya perubahan dalam tubuh, yaitu pada trimester kedua saat hamil. Hal ini dapat hilang setelah wanita tersebut melahirkan.

 

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2019. Glowing Skin During Pregnancy: Why It Happens
American Pregnancy. Diakses pada 2019. Pregnancy Glow