• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pria atau Wanita yang Lebih Rentan Terhadap Kanker Mulut?

Pria atau Wanita yang Lebih Rentan Terhadap Kanker Mulut?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pria atau Wanita yang Lebih Rentan Terhadap Kanker Mulut?

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, kanker mulut terjadi ketika sel kanker menyerang jaringan mulut, meliputi bibir, lidah, dasar mulut, langit-langit mulut, gusi, pipi dalam, tonsil, dan kelenjar ludah. Siapapun bisa mengalami kanker mulut. Baik pria atau wanita punya risiko yang sama terhadap kanker mulut. 

Kanker mulut juga bisa terjadi pada semua kalangan usia, baik anak-anak atau orang dewasa. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker mulut. Apa saja faktor risiko tersebut? Simak pembahasan berikut hingga tuntas, ya!

Baca juga: Mengidap Kanker Mulut, Inilah Pilihan Pengobatannya

Berbagai Faktor Risiko Kanker Mulut

Mengutip laman Mayo Clinic, kanker mulut terjadi ketika sel-sel di dalam mulut mengalami perubahan struktur DNA. Normalnya, DNA bekerja memerintahkan segala sesuatu yang harus dilakukan sel tersebut. Namun, ketika strukturnya berubah, perkembangan sel-sel sehat di dalam mulut juga terganggu.

Akibatnya, sel-sel sehat tersebut jadi rusak dan tumbuh tidak terkendali. Lalu, sel-sel abnormal tersebut dapat menumpuk di rongga mulut dan membentuk tumor ganas. Seiring waktu, sel-sel kanker tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti leher, tenggorokan, bahkan kepala. 

Hingga saat ini, penyebab pasti dari mutasi DNA yang menyebabkan kanker mulut belum diketahui. Ada beberapa faktor risiko yang bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalaminya, yaitu:

1.Memiliki Kebiasaan Merokok

Tak hanya merusak paru-paru dan jantung, memiliki kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker mulut, lho. Sebab, bahan-bahan dalam rokok mengandung zat beracun yang bersifat karsinogen, alias memicu kanker.

Baca juga: 5 Penyakit Ini Mengintai Perokok Aktif

2.Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol Berlebih

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa mendatangkan penyakit. Salah satunya adalah meningkatkan risiko kanker mulut. Menurut American Society of Clinical Oncology, orang yang kecanduan alkohol lebih berisiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut.

Meningkatnya risiko kanker mulut akibat konsumsi alkohol juga terjadi karena minuman ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi baik yang mampu mencegah kanker. Selain itu, minuman beralkohol juga mengandung senyawa tertentu yang bersifat karsinogen.

3.Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Infeksi pada mulut akibat HPV juga perlu diwaspadai. Umumnya, HPV menyebar lewat hubungan intim berisiko. Virus ini juga menjadi penyebab kutil kelamin dan juga berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut.

Meski sebenarnya HPV tidak secara langsung menyebabkan kanker, virus ini dapat menyebabkan perubahan pada sel yang terinfeksi. Jika sel yang terinfeksi adalah sel yang ada di mulut, hal inilah yang dapat menjadi penyebab kanker mulut.

Baca juga: 5 Gejala Kanker Mulut yang Diabaikan

4.Faktor Genetik

Memiliki keluarga dengan riwayat kanker mulut (atau jenis kanker lainnya) juga bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit yang sama. Jadi, cari tahulah riwayat kesehatan keluarga dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, untuk mengantisipasi risikonya. 

5.Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut yang buruk juga bisa jadi salah satu faktor risiko kanker mulut. Sebab, mulut yang kotor dapat memicu penyakit gusi atau kerusakan gigi lainnya, serta memicu luka atau abses yang menetap di lidah. Berbagai hal itulah yang memungkinkan sel kanker berkembang di dalam mulut.

Itulah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker mulut. Selain berbagai faktor tersebut, kamu perlu mewaspadai faktor lain, seperti kekebalan tubuh yang lemah atau paparan bahan kimia berbahaya pada area wajah atau mulut. Jika ada yang belum jelas, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. An Overview of Oral Cancer.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Mouth cancer: Symptoms, diagnosis, and treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Mouth cancer - Symptoms and causes.
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Mouth cancer - Causes.
Healthline. Diakses pada 2020. Oral Cancers: Risk Factors, Diagnosis, and Treatment.