Pria Juga Wajib Tahu Cara Merawat Wajah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pria Juga Wajib Tahu Cara Merawat Wajah

Halodoc, Jakarta – Perawatan wajah identik dengan wanita, namun tahukah kamu bahwa merawat wajah bukan hanya kebiasaan yang perlu dilakukan oleh wanita. Pria juga perlu merawat kesehatan kulit wajahnya agar gangguan kesehatan pada kulit wajah dapat dihindari.

Tidak hanya wanita, gangguan kulit pada wajah, seperti komedo, jerawat atau wajah kusam bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pria. Oleh karena itu, sebaiknya para pria tetap memerhatikan kesehatan kulit wajah dengan melakukan perawatan wajah meskipun melalui cara yang lebih sederhana dibandingkan wanita.

Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Masalah Kulit Wajah yang Kerap Dialami Pria

Jerawat menjadi permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh pria. Kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah menjadi faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah pria. Tidak hanya itu, wajah yang lebih berminyak juga menjadi faktor lain yang bisa sebabkan pria lebih rentan miliki jerawat dibandingkan wanita.

Selain itu, kulit wajah yang terlihat kusam menjadi permasalah kulit wajah lainnya yang kerap dialami oleh para pria. Paparan polusi udara dan tingkat stres yang tinggi dapat menjadi faktor yang sebabkan pria miliki kulit wajah yang terlihat kusam. 

Selain jerawat, komedo menjadi masalah kulit wajah yang sering ditemui para pria. Komedo bisa muncul akibat tersumbatnya pori-pori wajah oleh sel kulit mati atau adanya sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Bagi Pria

Para Pria, Ketahui Cara Merawat Wajah

Para pria, ketahui beberapa cara sederhana untuk merawat wajah agar permasalahan kulit yang dialami dapat diatasi. Lakukan beberapa cara ini agar kulit wajah terlihat lebih muda dan sehat:

1. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Membersihkan wajah menjadi cara yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kegiatan yang dilakukan meningkatkan kotoran dan keringat pada kulit wajah yang menyebabkan berbagai gangguan pada kulit wajah. Rajin membersihkan menjadi cara paling umum yang bisa dilakukan untuk merawat wajah. Pastikan untuk menggunakan sabun wajah yang cocok dengan wajah dan bersihkanlah wajah minimal dua kali dalam sehari. Bersihkan wajah setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

2. Eksfoliasi Dua Kali Seminggu

Selain rutin membersihkan wajah, tidak ada salahnya untuk melakukan eksfoliasi pada wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab beberapa gangguan masalah pada kulit wajah. Melakukan eksfoliasi wajah juga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan terhindar dari kulit kusam. Lakukan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi pada kulit karena dapat sebabkan iritasi.

Baca juga: Rekomendasi Masker Buat Pria

3. Gunakan Pelembap

Tidak hanya wanita, para pria sebaiknya gunakan pelembap untuk kulit wajah agar kulit tetap sehat dan terhindar dari gangguan masalah kulit wajah. Gunakan pelembap sebelum beraktivitas di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan tabir surya agar kulit wajah terhindar dari paparan langsung sinar matahari. Paparan matahari langsung dapat sebabkan beragam gangguan masalah kulit wajah. Tidak ada salahnya untuk langsung bertanya pada dokter ketika kamu menemui masalah pada kulit wajah.

Selain itu, cara untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersinar, sebaiknya hindari kebiasaan merokok. Paparan asap rokok pada kulit wajah bisa menyebabkan berbagai gangguan wajah, seperti kulit kusam atau penuaan dini. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi baik untuk kulit.

Referensi:
GQ Magazine. Diakses pada 2019. Simple Skin Care Routine for Men
Effortless Gent. Diakses pada 2019. Daily Men’s Skincare Routine