• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pria Perlu Tahu, Ini Cara Menebalkan Rambut Tipis

Pria Perlu Tahu, Ini Cara Menebalkan Rambut Tipis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pria Perlu Tahu, Ini Cara Menebalkan Rambut Tipis

“Bukan cuma wanita saja, pria juga dapat memiliki rambut tipis yang bisa menurunkan rasa percaya diri. Ada beberapa cara menebalkan rambut yang bisa dicoba. Mulai dari mengoleskan minyak alami, menggunakan masker, sampai rutin memotong rambut.”

Halodoc, Jakarta – Rambut tipis yang dimiliki seorang pria bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari faktor genetik, pertambahan usia, kurang nutrisi, alergi, tidak cocok dengan produk tertentu sampai mengidap suatu penyakit. Bila terus dibiarkan, rambut yang semakin tipis dapat berkembang menjadi kebotakan. 

Rambut yang tipis apalagi sampai botak tentu bisa menurunkan kepercayaan diri. Kabar baiknya, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut semakin tebal, lo. Kalau kamu salah satu orang yang sedang berjuang menebalkan rambut, yuk simak tips berikut ini. 

Baca juga: Mitos atau Fakta Shampo Kuda Dapat Memanjangkan Rambut?

Intip Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Sebelum mencoba tips-tips di bawah ini, kamu harus memastikan apakah rambut tipis yang kamu miliki disebabkan oleh penyakit atau bukan ya. Pasalnya, rambut tipis yang disebabkan oleh penyakit umumnya bisa diatasi dengan mengobati penyakit yang mendasarinya. 

Nah, rambut tipis yang disebabkan oleh faktor genetik juga terkadang sulit di atasi dengan perawatan alami berikut ini. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba cara-cara di bawah ini:

1. Mengoleskan Minyak Alami

Ada jenis-jenis minyak alami bisa kamu gunakan untuk menebalkan rambut, bahkan bisa memperbaiki tekstur rambut. Beberapa minyak alami yang bisa kamu gunakan antara lain minyak jarak dan minyak zaitun. Minyak jarak mengandung vitamin E yang bisa menjaga kesehatan rambut dan membantu pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal. 

Sementara minyak zaitun kaya akan kandungan omega-3 nya. Kandungan ini dapat membuat rambut tampak halus dan berkilau. Kamu cukup mengoleskan salah satu minyak ini ke kulit kepala secara merata. Setelah itu diamkan selama 30-60 menit dan bilas dengan sampo setelahnya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik. 

2. Buat Masker Rambut Alami

Tidak perlu repot membeli masker rambut yang banyak dijual di pasaran. Kamu bisa lo membuat masker sendiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Telur contohnya, telur kaya akan protein yang penting untuk kesehatan rambut. Kocok 1-2 butir telur, kemudian oleskan pada kulit kepala yang sudah dibasahi. Diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih menggunakan sampo.

Selain telur, kamu juga bisa menggunakan seledri yang dicincang halus untuk dijadikan masker. Campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun sebelum dioleskan ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan sampo sampai bersih. 

Baca juga: Pria Juga Wajib Tahu Cara Merawat Wajah

3. Rutin Memotong Rambut

Ujung-ujung rambut seringkali bercabang dan membuat rambut tampak lebih tipis dan tidak sehat. Oleh sebab itu, sebaiknya potong rambut secara rutin setiap 10-12 hari untuk menghilangkan rambut yang bercabang. Selain menghilangkan rambut bercabang, rutin memotong rambut juga dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat. 

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang kamu konsumsi pun dapat memengaruhi kondisi rambut. Untuk menebalkan rambut, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, seng, asam amino, asam lemak omega-3 dan zat besi. Semua nutrisi ini akan sangat membantu pertumbuhan rambut supaya menjadi lebih lebat. 

5. Minoxidil

Obat minoxidil merupakan obat yang harus diresepkan oleh dokter untuk mengatasi rambut rontok. Minoxidil dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan rambut dan menebalkan rambut. Penggunaan obat ini dilakukan dengan mengoleskan ke kulit kepala setiap hari. Kalau kamu butuh obat ini untuk mengatasi kerontokan rambut, beli saja di toko kesehatan Halodoc

Baca juga: Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Alopecia Areata?

Jangan tunda untuk mengobati kerontokan rambut yang kamu alami. Pasalnya, rambut yang rontok lama kelamaan bisa menjadi kebotakan. Namun, pastikan kamu sudah mendapatkan resep minoxidil dari dokter untuk memastikan keamanannya. Tinggal klik lewat aplikasi Halodoc, lalu obat yang kamu butuhkan segera diantar ke tempat tujuan. Download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get thicker hair.
Medicine Net. Diakses pada 2021. How to Grow Hair Faster and Thicker Naturally.