• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pria Rentan Terkena Flek Hitam, Ini Penyebabnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pria Rentan Terkena Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Pria Rentan Terkena Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Juni 2021
Pria Rentan Terkena Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Flek hitam pada wajah bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi. Kondisi tersebut terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin, paparan sinar matahari, jaringan parut, dan penuaan.

Pria lebih rentan terkena flek hitam karena mereka lebih sering menghabiskan waktu di luar dan kurang peduli dengan paparan sinar matahari. Selain itu, ada kecenderungan pori-pori di wajah pria lebih besar, sehingga memproduksi minyak lebih banyak yang bisa memicu pertumbuhan flek hitam.

Baca juga: Awas, Ini Penyebab Utama Flek Hitam pada Wajah

Cara Mencegah Pertumbuhan Flek Hitam

Menjaga kebersihan dan menerapkan perlindungan wajah adalah cara untuk mencegah pertumbuhan flek hitam. Berikut adalah cara merawat wajah untuk mencegah flek hitam:

1. Menjaga Kelembapan Kulit untuk Meningkatkan Pergantian Sel

Untuk mencegah kemunculan flek hitam, kamu dianjurkan menggunakan yang memiliki bahan pelembap seperti gliserin, asam hialuronat, atau retinol yang dapat meningkatkan pergantian sel. Pelembap yang baik juga dapat memulihkan lapisan lipid (lemak) kulit serta membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

2. Membatasi Mengusap Wajah dengan Tangan

Meskipun kamu tergoda untuk menggaruk bekas gigitan nyamuk atau memencet komedo membandel, cobalah untuk menahan diri tidak terlalu sering mengusap wajah dengan tangan. Menggaruk dan mengorek area kulit wajah hanya akan meningkatkan peradangan yang menyebabkan perubahan warna kulit. 

Baca juga: Hal yang Dapat Menyebabkan Keratosis Pilaris Terjadi

3. Menggunakan Perawatan Hydroquinone

Untuk mengatasi masalah flek hitam, kamu bisa mencoba melakukan perawatan hydroquinone. Namun, perawatan hydroquinone tidak boleh sembarangan dilakukan. Kamu harus konsultasi dengan dokter ahli. Pasalnya, hydroquinone dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari dan dapat memutihkan kulit secara berlebihan. Cari tahu lebih banyak mengenai perawatan hydroquinone dengan bertanya pada dokter di Halodoc!

4. Perawatan Spesifik dari Dokter Kulit

Jika solusi topikal tidak bisa memperbaiki masalah flek hitam, kamu perlu berbicara dengan dokter kulit tentang cara yang lebih spesifik untuk menghilangkan flek hitam. Biasanya, beberapa perawatan yang direkomendasikan adalah pengelupasan kimia, mikrodermabrasi, dermabrasi, atau prosedur berbasis laser. Namun, jika kamu mengalami melasma, laser dan pengelupasan kimia dapat memperburuk flek hitam.

Baca juga: 5 Manfaat SPF yang Terkandung dalam Sunscreen

5. Mengoleskan Tabir Surya

Cara paling efektif untuk mencegah flek hitam atau perubahan warna akibat sinar matahari adalah rajin mengoleskan tabir dengan SPF 30 atau lebih. Sinar UV dapat mengubah bintik-bintik hitam menjadi lebih gelap.

Perlu diketahui, saat kamu menggunakan tabir surya, gunakan produk perawatan kulit berbahan lembut yang tidak menyengat atau terbakar. Iritasi dapat memperburuk hiperpigmentasi, terutama melisma. Kamu juga baiknya harus melindungi diri dari pemicu penggelapan kulit umum lainnya dengan menggunakan obat jerawat untuk melawan jerawat dan semprotan serangga untuk mencegah gigitan.

Makanan yang Dapat Mencerahkan Kulit

Selain menggunakan produk wajah dan perawatan kecantikan, kamu juga bisa mencegah ataupun mengatasi kemunculan flek hitam melalui pola makan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mendukung pencerahan kulit, yaitu:

1. Stroberi

Buah ini mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mendukung elastisitas kulit. 

2. Telur

Telur mengandung asam amino, antioksidan lutein, dan zeaxanthin, yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memproduksi sel-sel kulit baru.

3. Bayam

Bayam mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk meningkatkan kesehatan kulit. 

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Doctor-Approved Ways to Get Rid of Hyperpigmentation for Good.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get rid of dark spots on the face.
American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery. Diakses pada 2021. 10 foods that will brighten your skin.