• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Berbicara tentang cara menurunkan berat badan, rasanya memang sulit dilakukan buat kamu tipe orang yang sangat sibuk setiap harinya. Merencanakan program diet memang agak tricky. Jika dilakukan tidak benar dan tidak konsisten, diet malah bisa mendatangkan masalah kesehatan. Waktu sering menjadi kendala utama yang dialami oleh orang yang super sibuk.

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat seseorang sulit untuk mengatur makanan dan mengatur waktu berolahraga. Tetapi, sebenarnya tetap ada cara agar diet yang dilakukan dapat sukses. Jangan biarkan kesibukan ini menghalangi kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Ini program diet yang cocok bagi kamu yang punya jadwal sibuk, yaitu:

Baca Juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

1. Jadwalkan Rencana Latihan

Dikutip dari laman Health, tips pertama untuk orang sibuk yang ingin diet adalah membuat jadwal rencana latihan. Jadi, selain membuat rencana meeting, acara, daftar belanja, dan lain-lain, kini kamu harus membuat jadwal latihan. Contohnya, kamu berencana meluangkan waktu di minggu sore untuk berlatih yang dijadwalkan setiap minggu.

Kamu juga dapat mengikuti kelas latihan di gym dan menjadwalkan sama seperti kamu mempunyai janji yang tidak bisa dilewatkan. Dengan membuat jadwal ini, kamu lebih mudah menjalankan aktivitas sesuai yang direncanakan secara rapi.

2. Biasakan Olahraga Pagi

Meeting kantor, menghadiri undangan pernikahan, hangout bersama teman-teman, dan banyak hal lain yang dapat menghalangi jadwal kegiatan olahragamu. Nah, acara-acara di atas umumnya dilakukan dari siang sampai malam hari. Kalau jadwal olahraga kamu tidak ingin bertabrakan dengan acara lainnya, maka waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi hari.

Walaupun kamu sudah terbiasa bangun pagi untuk bersiap-siap bekerja, olahraga pada pagi hari bukan tugas yang mudah. Awalnya, kamu dapat kesulitan untuk memulai kebiasaan ini. Namun, ketika kamu mencoba memaksakan diri untuk menjalaninya, maka kamu akan mulai terbiasa ke depannya.

3. Rutin Melacak Kalori

Mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah kunci utama keberhasilan diet. Meski sedang berada di tengah kesibukan, kamu tidak boleh mengabaikan kalori karena jika tidak program diet yang kamu jalani bisa gagal.

Agar lebih praktis, kini tersedia aplikasi online gratis yang membantu mencari tahu jumlah kalori makanan dan menjumlah kalori dari semua makanan yang kamu konsumsi. Teknologi ini tentunya membantu orang-orang sibuk seperti kamu.

Baca Juga: Cek Kalori Jajanan Favorit yang Super Nagih

4. Konsisten untuk Makan Sehat

Tidak ada diet yang mudah, semuanya butuh perjuangan. Perjuangan bangun lebih pagi untuk olahraga hingga perjuangan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Percuma jika kamu menjalani diet, jika tetap mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam. Kalau ingin diet kamu lancar, kurangi sedikit demi sedikit bahan-bahan tersebut.

Kalau kamu bisa memasak makanan sendiri, tentunya akan lebih baik. Dengan memasak makanan sendiri, kamu dapat memilih bahan makanan yang sehat, cara memasaknya, dan dapat mengatur bumbu yang digunakan. Namun, kalau kamu benar-benar tidak punya waktu lagi dan punya budget berlebih, kamu bisa berlangganan catering sehat khusus untuk menurunkan berat badan.

5. Olahraga di Akhir Pekan

Jika jadwal kegiatan kamu padat sampai-sampai melewatkan latihan selama minggu kerja, kamu bisa menebusnya dengan berolahraga di akhir pekan. Kalau kamu berpikir bahwa akhir pekan adalah waktu untuk bersantai dan bermalas-malasan setelah aktivitas padat selama seminggu, sebaiknya ingat kembali tujuan kamu.

Dikutip dari Self, berolahraga di akhir pekan efektif untuk meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu di akhir pekan untuk berolahraga.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Kalau kamu punya pertanyaan lain mengenai program diet, kamu bisa berdiskusi bersama ahli gizi Halodoc yang punya banyak informasi seputar diet dan makanan bergizi yang dibutuhkan. Lewat aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Health. Diakses pada 2020. Lose Weight With a Busy Schedule.
Self. Diakses pada 2020. 11 Easy Ways To Eat Healthy When You’re Busy As Hell.