• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Adenoidektomi untuk Menangani Adenoiditis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Adenoidektomi untuk Menangani Adenoiditis

Prosedur Adenoidektomi untuk Menangani Adenoiditis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2020
Prosedur Adenoidektomi untuk Menangani Adenoiditis

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika kerap mendengkur tiap tidur ternyata dapat terjadi karena suatu gangguan, lho. Salah satu gangguan yang dapat menyebabkan hal ini adalah adenoiditis. Hal tersebut terjadi ketika adenoid yang merupakan bagian dari jaringan limfa membesar dan meradang. Pengidap gangguan ini juga dapat mengalami kesulitan bernapas dan infeksi saluran pernapasan.

Maka dari itu, gangguan ini harus segera mendapatkan penanganan karena bagian tersebut juga berfungsi untuk menghasilkan antibodi agar tubuh dapat melawan infeksi. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi adenoiditis adalah dengan adenoidektomi. Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah pada kerongkongan tersebut. Berikut beberapa prosedur saat adenoidektomi dilakukan!

Baca juga: Kenali Efek Samping dari Pengobatan Adenoiditis

Tangani Adenoiditis dengan Adenoidektomi

Adenoid adalah kelenjar yang terletak di atas langit-langit mulut, tepatnya di belakang hidung. Bagian tersebut terlihat seperti gumpalan kecil jaringan dan mempunyai fungsi yang vital pada anak-anak. Adenoid adalah salah satu bagian dari sistem kekebalan yang membantu tubuh agar terlindungi dari virus dan bakteri. Jaringan tersebut mulai menyusut saat berusia 5 hingga 7 tahun dan benar-benar hilang saat memasuki masa remaja.

Meski begitu, beberapa anak mengalami masalah pada jaringan adenoidnya sehingga membutuhkan penanganan dini. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan adenoidektomi atau pengangkatan adenoid. Hal ini dilakukan dengan pembedahan untuk mengangkat kelenjar tersebut. Metode ini diterapkan saat bagian tersebut mengalami bengkak atau infeksi kronis. Selain itu, beberapa anak juga mengalami adenoid atau kelenjar gondok yang sangat besar sehingga perlu dioperasi.

Saat bagian tersebut semakin besar, seseorang dapat mengalami masalah pernapasan karena jalur napasnya terhalang. Selain masalah pernapasan, anak tersebut juga dapat mengalami infeksi telinga atau komplikasi lainnya. Gejala yang dapat timbul saat adenoiditis terjadi adalah mendengkur setiap tidur bahkan mengalami sleep apnea atau napas berhenti saat tidur.

Saat anak harus mendapatkan penanganan tersebut, ketahui beberapa prosedur adenoidektomi yang harus dijalankan. Berikut ini ulasannya:

  • Sebelum Operasi

Sebagai orangtua, ibu harus memberitahu ahli bedah THT yang akan melakukan adenoidektomi terkait masalah yang disebabkan oleh adenoiditis. Beberapa gejala yang umum timbul adalah pilek atau sakit tenggorokan dalam seminggu sebelum operasi dilakukan. Apabila anak mengalami demam atau batuk, operasi dapat ditunda hingga memastikan anak benar-benar sehat. Hal tersebut untuk mengurangi risiko komplikasi akibat operasi.

Baca juga: Harus Tahu, 5 Fakta Penting Mengenai Adenoiditis

  • Saat Operasi

Tepat sebelum anak yang mengalami adenoiditis harus dioperasi, dokter akan memberikan bius total terlebih dahulu. Selama operasi, dokter akan membuka lebar mulut anak dengan alat bantu, lalu mengangkat kelenjar gondok menggunakan salah satu dari beberapa teknik yang dikuasainya. Dokter mungkin menggunakan perangkat listrik agar dapat menghentikan perdarahan yang terjadi. Setelah selesai, anak akan dibawa ke ruang istirahat hingga sadar dari obat bius.

  • Setelah Operasi

Anak yang baru saja mendapatkan penanganan adenoiditis dengan adenoidektomi dapat langsung pulang. Meski begitu, dokter tetap harus melihat kondisi anak selama beberapa jam setelah prosedur. Pastikan untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Meski sudah teratasi, tetap pastikan untuk mengonsumsi semua makanan yang sehat agar kesehatan tetap terjaga.

Baca juga: Cegah Adenoiditis dengan Pola Hidup Sehat

Itulah prosedur yang dilakukan saat pengidap adenoiditis mendapatkan penanganan adenoidektomi. Maka dari itu, saat Si Kecil merasakan beberapa gejala dari gangguan tersebut, ada baiknya langsung memeriksakan diri agar penanganan dini dapat dilakukan. Dengan begitu, kesehatan anak tetap terjaga tanpa perlu khawatir adanya dampak buruk.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Adenoidectomy (Adenoid Removal): Procedure Details.
Healthline. Diakses pada 2020. Adenoid Removal.