• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Operasi Cantengan yang Perlu Dipahami

Prosedur Operasi Cantengan yang Perlu Dipahami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Prosedur Operasi Cantengan yang Perlu Dipahami

“Cantengan bisa membaik dengan pengobatan rumahan. Namun, kondisi ini terkadang juga memerlukan penanganan medis berupa operasi.”

Halodoc, Jakarta – Cantengan merupakan masalah kesehatan yang muncul saat kuku jari kaki tumbuh ke dalam (onychocryptosis). Biasanya, kondisi ini akan membaik setelah diobati. Namun, cantengan yang parah dan mengalami peradangan bisa jadi membutuhkan operasi untuk menghindari komplikasi.

Hal ini disebabkan karena adanya tekanan dari tepi kuku yang bertumbuh ke kulit pada jari kaki. Bagian ujung kuku yang menembus kulit sangat mungkin mengalami peradangan. Mulanya, masalah kesehatan ini akan muncul dengan gejala yang terbilang ringan. Akan tetapi, infeksi juga sangat mungkin terjadi pada bagian kulit yang letaknya berdekatan dan bisa juga bersifat kambuhan. 

Seringnya, cantengan terjadi pada jari kaki yang memiliki ukuran paling besar, yaitu jempol kaki. Lalu, bagaimana prosedur operasi cantengan itu?

Baca Juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Prosedur Operasi Cantengan

Cantengan bisa terjadi karena banyak hal, seperti misalnya trauma pada jari kaki, terlalu pendek saat memotong kuku, memakai sepatu terlalu ketat, atau bisa juga karena genetik alias keturunan. Gejala yang sering muncul yaitu rasa sakit, muncul warna kemerahan pada kuku jari yang mengalami infeksi, dan infeksi jika cantengan sudah parah.

Beberapa cara perawatan rumahan seperti misalnya merendam kaki dalam air yang dicampur dengan garam Epsom atau menggunakan salep antibiotik topikal memang dapat membantu meringankan gejala yang muncul. Meski begitu, apabila rasa sakit tidak kunjung hilang dan justru muncul gejala infeksi, cantengan harus ditangani dengan operasi.

Operasi cantengan dilakukan oleh dokter ahli di rumah sakit menggunakan anestesi atau bius lokal. Tindakan medis ini dilakukan jika:

  • Pengobatan rumahan tidak meringankan gejala cantengan.
  • Cantengan kembali terjadi atau kambuh.
  • Adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes yang meningkatkan risiko terjadinya komplikasi.

Prosedur operasi cantengan diawali dengan membersihkan dan memberikan bius lokal pada jari kaki yang mengalami cantengan sehingga kamu tidak akan merasa sakit. Sebanyak dua suntikan akan diberikan di bagian pangkal jari kaki. Setelah menunggu selama 10 hingga 15 menit, jari kaki akan mulai mengalami mati rasa.

Selanjutnya, dokter akan memasangkan pita elastis pada area sekitar jari kaki. Dokter juga akan meletakkan ganjalan pada bagian bawa kuku guna menahan bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Kemudian, dokter akan memisahkan kuku kaki dengan cara membuat potongan vertikal dari bagian yang tumbuh ke bawah sampai pada area kutikula dengan menggunakan gunting dan bantuan alat khusus. 

Lalu, dokter juga menggunakan kauterisasi atau alat listrik panas, larutan asam, atau asam trikloroasetat guna mengganggu matriks pada tempat kuku tumbuh. Pengobatan ini nantinya akan membantu menghentikan kuku dari risiko perdarahan. Ini juga berarti ada bagian kuku yang bisa jadi tidak tumbuh kembali. 

Jika memang tumbuh, nantinya kuku akan terlihat berbeda dari sebelum prosedur operasi cantengan dilakukan. Sebagai langkah terakhir, dokter akan membalut bagian operasi tadi menggunakan minyak jeli.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Pemulihan Setelah Operasi

Sebelum menjalani operasi cantengan, biasanya kamu akan disarankan untuk tidak banyak melakukan aktivitas guna menghindari drainase dan risiko terjadinya pembengkakan setelah operasi nantinya. Lalu, malam hari setelah tindakan operasi, kamu bisa langsung melepas perban dan mandi seperti biasa.

Kamu juga diperbolehkan merendam kaki dengan larutan garam epsom selama lima menit satu atau dua kali sehari. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan setelah operasi dilakukan.

Dokter akan meresepkan salep antibiotik topikal setelah operasi cantengan dilakukan. Kamu bisa menggunakannya setiap hari dan tutup luka dengan perban hingga sekitar dua minggu setelah operasi. Penggunaan sepatu dan melakukan aktivitas seperti biasa dibolehkan setidaknya satu atau dua hari setelah operasi. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Jadi, jangan abaikan jika kamu mengalami cantengan yang sudah parah dan menunjukkan gejala infeksi. Segera lakukan pengobatan di rumah sakit. Buat janji dengan dokter dan rumah sakit lebih mudah pakai aplikasi Halodoc, jadi pastikan kamu sudah download aplikasinya, ya!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2021. Herpetic whitlow (whitlow finger).
Healthline. Diakses pada 2021. How Fast Do Nails Grow? Contributing Factors and Tips for Growth.
Healthline. Diakses pada 2021. Does Ingrown Toenail Surgery Hurt? Everything You Need to Know.
Medscape. Diakse pada 2021. Nail Removal.