• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Terapi Radiasi untuk Atasi Multiple Myeloma

Prosedur Terapi Radiasi untuk Atasi Multiple Myeloma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Terapi radiasi dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan multiple myeloma pada tulang. Ini juga dapat digunakan dengan perawatan lain untuk membantu pengidapnya melawan penyakit jika menyebar.

Sel-sel kanker dapat merusak tulang belakang dan menyebabkan tulang-tulang kecilnya rusak. Sel-sel juga dapat menekan saraf tulang belakang dan saraf. Inilah sebabnya kamu membutuhkan terapi radiasi untuk mengatasi multiple myeloma. Selengkapnya, mengenai prosedur terapi radiasinya ada di bawah sini!

Kanker pada Sumsum Tulang

Multiple myeloma adalah kanker yang terbentuk dalam jenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Sel plasma membantu tuuh melawan infeksi dengan membuat antibodi yang mengenali dan menyerang kuman.

Multiple myeloma menyebabkan sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang, tempat mereka mengeluarkan sel-sel darah yang sehat. Alih-alih menghasilkan antibodi yang bermanfaat, sel-sel kanker menghasilkan protein abnormal yang dapat menyebabkan komplikasi.

Baca juga: 4 Penyakit Ini Memerlukan Terapi Radiasi

Perawatan untuk multiple myeloma tidak selalu diperlukan untuk orang-orang yang tidak mengalami tanda atau gejala. Untuk orang dengan multiple myeloma yang memerlukan perawatan, sejumlah perawatan tersedia untuk membantu mengendalikan penyakit.

Jika kamu memiliki gejala tiba-tiba ini, artinya kamu membutuhkan perawatan radiasi darurat pada tulang belakang. Berikut ini gejalanya:

  1. Mati rasa atau kesemutan.
  2. Kelemahan di kaki.
  3. Masalah buang air kecil atau susahnya mengontrol gerakan usus.

Perawatan terapi radiasi menggunakan sinar energi, seperti sinar-X dan proton, untuk merusak sel-sel myeloma dan menghentikan pertumbuhannya. Terapi radiasi dapat digunakan dengan cepat mengecilkan sel-sel myeloma di area tertentu. Misalnya, ketika kumpulan sel plasma abnormal membentuk tumor (plasmacytoma) yang menyebabkan rasa sakit atau menghancurkan tulang.

Perawatan terapi radiasi ini juga dapat mempersiapkan sumsum tulang untuk menerima sel induk yang disumbangkan yang membantu tubuh melawan kanker. Adapun sumsum adalah jaringan lunak di dalam tulang belakangmu.

Sinar radiasi ditujukan ke seluruh tubuh untuk membantu memperlambat sistem kekebalan tubuh. Ini akan memastikan kamu tidak menolak sel induk baru. Perawatan ini dapat membahayakan jaringan atau organ yang sehat, terutama paru-paru. Terapis akan menggunakan balok untuk melindungi bagian tubuh lain yang tidak disasar.

Baca juga: Bisakah IMRT Atasi Kanker Prostat?

Jika myeloma yang kamu berulang atau tidak menanggapi pengobatan, dokter dapat merekomendasikan untuk mengulangi pengobatan lain yang awalnya membantu proses penyembuhan. Pilihan lain adalah mencoba satu atau lebih dari perawatan lain yang biasanya digunakan sebagai terapi lini pertama, baik sendiri maupun dalam kombinasi.

Karena radiasi juga dapat membahayakan kulit, otot, ataupun jaringan lain, itu dapat menyebabkan kamu merasa sakit atau memiliki efek samping lainnya. Setelah perawatan radiasi, kamu mungkin mengalami:

  1. Kulit merah atau mengelupas, lecet, atau kulit sensitif di tempat radiasi.
  2. Kelelahan.
  3. Mual.
  4. Kehilangan selera makan.
  5. Diare (jika kamu mendapatkan radiasi yang ditujukan pada perut).
  6. Kehilangan rambut di area perawatan.
  7. Jumlah sel darah yang menurun.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai terapi radiasi untuk atasi multiple myeloma, tanyakan langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa memilih kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Terapi radiasi dapat membantu ketika tumor menekan sumsum tulang belakang. Ini juga digunakan untuk mengobati nyeri tulang karena tumor. Dalam sebuah penelitian terhadap sekitar 500 orang dengan multiple myeloma, 55 orang mendapatkan radiasi untuk perawatan nyeri. Dari jumlah itu, 75 persen melaporkan bahwa pengobatan ini membantu meringankan rasa sakit mereka.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Multiple myeloma.
WebMD. Diakses pada 2019. Radiation for Multiple Myeloma.