• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • PSBB Tetap Bekerja, Ikuti 6 Tips Aman Ini

PSBB Tetap Bekerja, Ikuti 6 Tips Aman Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat hampir seluruh karyawan kantoran sudah melakukan work from home sejak beberapa minggu lalu guna menekan penyebaran virus corona, beberapa kantor masih terus melangsungkan aktivitas seperti biasanya. Beberapa golongan pekerjaan, seperti petugas keamanan, kurir ekspedisi, atau orang-orang di balik jasa pengiriman logistik harus standby untuk memastikan pengiriman dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

Baca juga: 5 Tips Menyusui saat Ibu Positif Corona

Sejak lima hari lalu, Jakarta resmi memberlakukan aturan PSBB, yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang disusul dengan Jawa Barat tepat pada hari ini (15/04). PSBB sendiri dilakukan dalam rangka percepatan penanganan virus corona, yang tercatat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020. Lalu, bagaimana tips aman untuk para pekerja yang hingga kini masih melakukan kewajibannya?

  • Jaga Jarak Fisik

Krisis kesehatan serius yang saat ini tengah mewabah makin menunjukkan jumlah angka korban positif yang melonjak setiap harinya. Hal ini tentu menjadi konsentrasi para pekerja yang hingga kini masih melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menjaga jarak fisik dengan orang lain, entah itu teman satu tim atau orang-orang yang ditemui di fasilitas umum.

Praktik menjaga jarak dilakukan sejauh 2 meter untuk benar-benar menghindari droplet atau cairan air liur dari mulut seseorang. Prosedur jaga jarak telah sering kali didengar, mengingat langkah ini merupakan langkah yang efektif dalam mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Overthinking Akibat Virus Corona, Ketahui 5 Hal Ini

  • Gunakan Anggota Tubuh Selain Telapak Tangan

Jika biasanya banyak kegiatan yang dilakukan dengan jari tangan dan telapak tangan, cobalah untuk tidak melakukannya lagi mulai sekarang, ya! Kamu bisa menekan lift atau membuka pintu dengan siku tangan. Beberapa kantor biasanya menggunakan plastik perekat pada gagang pintu atau tombol lift, yang diganti secara berkala guna menekan penyebaran virus.

  • Rutin Bersihkan Ponsel

Ponsel merupakan salah satu benda milik pribadi yang sering digenggam. Hal tersebut akan membuat kuman atau virus menempel. Perhatikan pula tempat meletakkan ponsel, sebaiknya letakkan di saku atau dalam tas ketika tidak digunakan. Jangan lupa untuk membersihkan ponsel secara rutin menggunakan tisu yang mengandung alkohol atau tisu basah.

  • Jangan Bersalaman atau Berpelukan

Lagi-lagi jarak fisik diperlukan, entah saat bertemu dengan teman dekat atau anggota keluarga lainnya di jalan. Menjaga jarak sosial di tengah pandemi COVID-19 merupakan langkah yang paling tepat untuk melindungi orang-orang yang disayangi.

  • Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan menjadi salah satu langkah efektif untuk menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyebaran virus corona. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik. Langkah pertama adalah membasahi tangan dengan sabun, gosok sabun di telapak tangan, kemudian gosokkan ke punggung tangan. Lalu bersihkan secara menyeluruh ke jari-jari tangan, ibu jari, serta ujung kuku. Kemudian bilas dan keringkan.

  • Beralih ke Uang Elektronik

Meskipun penularan tertinggi berasal dari droplet orang yang terinfeksi, benda-benda di sekitar juga dapat terkontaminasi virus, seperti uang. Di tengah pandemi seperti saat ini, ada baiknya untuk beralih ke uang elektronik guna menghindari pembayaran tanpa adanya kontak fisik.

Baca juga: Ini 4 Risiko yang Terjadi pada Ibu Hamil yang Positif Corona

Virus corona mampu menempel pada permukaan benda, seperti meja hingga gagang pintu. Dengan pembersihan secara menyeluruh dengan desinfektan pada benda-benda yang sering disentuh akan mencegah virus menempel pada benda-benda tersebut. Jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah seputar kesehatan, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Cnet. Diakses pada 2020. Coronavirus tips: 14 practical ways to stay safe when you leave the house.

The Sun. Diakses pada 2020. 10 ways to help stay safe when you leave the house.

Popsci. Diakses pada 2020. A guide to safe outdoor activities during the coronavirus pandemic.