• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Puasa Bisa Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Corona

Puasa Bisa Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Di dunia, 2,707,356 kasus terkonfirmasi pengidap positif virus corona. Di Indonesia sendiri, telah terdeteksi sekitar 7,775 kasus, dengan angka kesembuhan mencapai  960 orang, dan jumlah kematian sebanyak 647 orang. Karena hingga kini vaksin corona belum juga ditemukan, salah satu langkah menangkal infeksi COVID-19 adalah dengan memperkuat sistem imunitas tubuh.

Puasa merupakan salah satu cara yang dinilai mampu tingkatkan sistem imun tubuh saat pandemi corona. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh bukan hanya mampu menangkal virus corona saja, tapi juga mampu menangkal tubuh dari penyakit berbahaya lainnya. Begini skema puasa bisa tingkatkan sistem imun tubuh!

Baca juga: Tips Aman Terbang saat Pandemi COVID-19

Skema Puasa Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Menjalankan ibadah dengan tepat, serta mempraktikkan pola hidup sehat mampu memperbaiki fungsi tubuh dengan mengeluarkan racun di dalamnya. Terlebih lagi saat pandemi virus corona seperti sekarang ini, daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan mengingat belum ada satupun vaksin atau obat yang mampu menangkal virus mematikan ini. Untuk mendapatkan manfaat berpuasa, berikut tips sehat berpuasa:

  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

  • Makan dengan porsi yang cukup saat sahur dan berbuka.

  • Batasi konsumsi makan manis.

  • Cukupi kebutuhan air dalam tubuh.

  • Rutin berolahraga.

  • Cukupi waktu beristirahat.

  • Mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan jika diperlukan.

Dengan melakukan tips sehat berpuasa tersebut, proses detoksifikasi dapat berjalan dengan baik, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat. Ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak, karena akan merusak daya tahan tubuh. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap di rumah saja selama pandemi ini berlangsung guna memutus rantai penyebarannya.

Baca juga: Perbedaan Sesak Napas pada Pengidap Asma dan COVID-19

Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka

Puasa bisa tingkatkan sistem imun tubuh, tapi jika dibarengi dengan tips puasa sehat yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, berikut makanan yang direkomendasikan:

 

  • Brokoli. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, E, antioksidan dan serat di dalamnya. Untuk mendapatkan banyak vitamin dan mineral di dalamnya, kamu dapat memasaknya dengan cepat, atau tidak dimasak sama sekali.
  • Bawang putih. Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi salah satu manfaat brokoli. Manfaat tersebut berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.
  • Buncis. Buncis mengandung tinggi protein, serta asam amino yang mampu membantu tubuh dalam menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, kandungan dalam buncis mampu menjaga sistem tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
  • Bayam. Bayam mengandung tinggi vitamin C, serta antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Selain itu, bayam juga mengandung beta karoten, yang merupakan sumber utama vitamin A,  yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh.
  • Yoghurt. Yoghurt adalah sumber probiotik yang baik dan mampu meningkatkan sistem kerja usus dan daya tahan tubuh. Probiotik juga mampu melawan flu, serta infeksi saluran pernapasan.
  • Jamur. Selain berjemur, jamur juga dapat menjadi sumber vitamin D yang baik, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium, serta menjaga kesehatan tulang.

 

Baca juga: Lesi di Jari Kaki Jadi Gejala Baru COVID-19

Hal yang perlu diperhatikan adalah, meski puasa bisa tingkatkan sistem imun tubuh, beberapa pengidap sejumlah masalah kesehatan justru tidak boleh melakukannya karena dapat berisiko terinfeksi. Masalah kesehatan yang dimaksud adalah diabetes, gangguan pernapasan kronis, kanker, penyakit kardiovaskular, serta penyakit ginjal.

Berpuasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh bukanlah solusi bagi beberapa pengidap masalah kesehatan tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit apa saja yang tidak boleh melakukan ibadah puasa, kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Referensi:
Diet Doctor. Diakses pada 2020. Boosting your immune system to fight the coronavirus: what you need to know.
Healthline. Diakses pada 2020 15 Foods That Boost the Immune System.