17 May 2018

Puasa Menurunkan Kolesterol, Kok Bisa?

Puasa Menurunkan Kolesterol, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta – Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, yaitu kondisi penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Dampaknya, plak bisa menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

(Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit)

Cara umum yang dilakukan seseorang untuk menjaga kolesterol adalah menjaga pola makan, menghindari makanan yang memicu peningkatan kolesterol, rutin berolahraga, hingga mengelola stres yang dialami. Tapi, tahu enggak sih kalau puasa ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh?

Menurunkan Kolesterol dengan Puasa

Ada banyak studi yang telah membuktikan bahwa puasa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah studi yang dimuat dalam American Journal of Applied Sciences tahun 2007. Studi tersebut dilakukan untuk mengevaluasi dampak puasa Ramadan terhadap profil lipid plasma dan glukosa serum pada sejumlah mahasiswa. Hasilnya, studi tersebut menemukan bahwa puasa Ramadan terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL)dan meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh.

(Baca juga: Manfaat Puasa untuk Pengidap Kolesterol Tinggi)

Beberapa makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan lain yang memicu peningkatan kolesterol tubuh cenderung bebas dikonsumsi, kapan pun dan di mana pun. Namun saat puasa tiba, kebiasaan tersebut cenderung berkurang seiring pola makan yang berubah. Kamu akan terpacu untuk membatasi asupan makanan tertentu dan menjaga pola makan agar kondisi tubuh tetap fit selama berpuasa.

Perubahan kebiasaan tersebut akan berdampak baik terhadap kadar kolesterol, gula darah, dan profil lemak darah dalam tubuh. Kondisi yang lebih baik tersebut pada akhirnya bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner seiring menurunnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol saat Puasa

Penurunan kadar kolesterol saat puasa tentu tidak didapat dengan mudah. Sebab, kondisi ini terjadi hanya jika kamu mengatur pola makan yang baik selama berpuasa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah peningkatakn kadar kolesterol jahat di dalam tubuh :

  • Menjaga porsi makan saat sahur dan berbuka puasa.
  • Batasi konsumsi gorengan saat sahur dan berbuka. Sebab, minyak goreng mengandung zat yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Batasi pula konsumsi makanan berkolestrol tinggi seperti makanan berlemak, bersantan, dan jeroan.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang bisa mengendalikan kadar kolesterol saat sahur dan berbuka, misalnya ikan, kacang-kacangan, oatmeal, buah dan sayur (seperti bayam, tomat, ubi jalar, dan terong belanda).
  • Rutin berolahraga saat puasa. Olahraga saat puasa bisa dilakukan saat 1 jam sebelum waktu berbuka atau setelah salat tarawih. Olahraga yang bisa dilakukan diantaranya adalah jalan kaki, bersepeda, dan yoga.

(Baca juga: Jelang Puasa, Ingat-Ingat Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba)

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.