Puasa Saat Radang Tenggorokan? Jalani dengan 7 Tips Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Puasa Saat Radang Tenggorokan? Jalani dengan 7 Tips Ini

Halodoc, Jakarta – Pola makan yang berubah membuat seseorang rentan mengidap radang tenggorokan saat puasa. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan makan gorengan, asupan manis, dan minum es.

Penyebab lainnya adalah infeksi kuman, alergi, tenggorokan kering, dan adanya gangguan asam lambung. Gejala radang tenggorokan meliputi kesulitan menelan, batuk, sakit kepala, rasa gatal di tenggorokan, badan nyeri, hingga peningkatan suhu tubuh.

Baca Juga: Mudah Menular, Ini 5 Penyebab Radang Tenggorokan

Tips Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan Menyerang

Berpuasa dalam keadaan tenggorokan sakit tentu tidak enak. Maka itu, ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan saat puasa:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Aturan umumnya 2-4-2, yaitu dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Bagi pengidap radang tenggorokan, lebih baik patuhi aturan tersebut agar tenggorokan tidak kering dan memicu rasa sakit. Asupan cairan juga dipenuhi dengan konsumsi jus buah atau sayur.

2. Berkumur Air Garam

Air garam dapat mengurangi iritasi dan peradangan di tenggorokan. Cukup larutkan garam ke dalam segelas air hangat saat sahur, berbuka, dan menjelang tidur. Pastikan air garam mengenai tenggorokan saat berkumur, tapi jangan sampai tertelan. Jika rasanya terlalu kuat, kamu bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya.

Baca Juga: Puasa Kok Bisa Sakit Tenggorokan?

3. Konsumsi Makanan yang Mudah Ditelan

Rasa sakit yang timbul membuat kamu kesulitan makan dan minum. Siasati kondisi ini dengan menghindari makanan yang sulit ditelan seperti gorengan, kerupuk, atau makanan bersantan kental. Konsumsi makanan yang bertekstur lembut dan mudah ditelan, seperti sup ayam dan bubur ayam, hingga radang tenggorokan sembuh.

4. Hirup Uap Panas

Dilakukan jika tenggorokan terasa sangat kering dan menimbulkan ketidaknyamanan. Cukup didihkan air dan tuang di mangkuk, lalu letakkan mangkuk di bawah wajah sambil bernapas seperti biasa. Biarkan uapnya terhirup lewat hidung dan lakukan selama beberapa menit hingga gejala berkurang.

5. Cukup Istirahat

Radang tenggorokan mudah menyerang jika daya tahan tubuh lemah. Maka itu, pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh kembali bugar dan daya tahan tubuh optimal. Kebutuhan tidur orang dewasa umumnya sekitar 6-8 jam sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Pakai Masker

Tujuannya untuk mencegah penyebaran kuman atau bakteri penyebab radang tenggorokan. Masker bisa digunakan saat kamu bepergian ke tempat umum.

7. Hindari Udara Kering

Alasannya karena udara kering membuat produksi liur dan lendir di tenggorokan berkurang. Hal ini berakibat pada peradangan yang memburuk. Jadi, sebaiknya hindari ruangan atau tempat terbuka yang udara kering.

Baca Juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Itulah penyebab dan cara mengatasi radang tenggorokan saat puasa. Kalau kamu punya keluhan serupa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!