14 May 2019

Puasa Tetap Kerja, Hati-Hati 5 Keluhan Penyakit Ini

Puasa Tetap Kerja, Hati-Hati 5 Keluhan Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta – Ada banyak perubahan yang terjadi selama puasa, mulai dari pola makan hingga pola tidur. Bagi yang belum terbiasa, hal ini memicu berbagai keluhan sakit akibat pola tidur dan pola makan yang keliru. Termasuk bagi para pekerja yang selama berpuasa tetap harus bekerja. Meski begitu, seharusnya puasa bukan menjadi halangan untuk bisa tetap produktif bekerja.

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bekerja dalam keadaan berpuasa bukan hal yang mudah, terutama bagi yang belum terbiasa. Itu mengapa para pekerja dianjurkan untuk konsumsi makanan sehat dan tidur cukup agar tidak sakit selama puasa. Lantas, apa saja penyakit yang rentan menyerang pekerja saat puasa?

1. Kelelahan

Kelelahan rentan terjadi saat puasa karena tidak adanya asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Terlebih bagi para pekerja yang tetap harus beraktivitas saat puasa. Kondisi ini bukan hanya mengganggu produktivitas, tapi meningkatkan risiko masuk angin dan mual. Untuk mencegah kelelahan saat puasa, kamu dianjurkan untuk konsumsi makanan sehat saat sahur, tidur cukup, dan penuhi kebutuhan cairan saat sahur. Segera beristirahat jika kamu merasa kelelahan di tengah aktivitas bekerja.

2. Bau Mulut

Kurangnya asupan cairan saat puasa menyebabkan jumlah air liur berkurang, sehingga mulut terasa kering dan bibir pecah-pecah. Hal ini juga menyebabkan sel-sel mati dan sisa makanan menumpuk di mulut, memicu munculnya bau mulut selama puasa.

Bagi para pekerja, hal ini jelas mengganggu kepercayaan diri, apalagi bagi yang kerjaannya bertemu banyak orang. Cara untuk mencegahnya, kamu perlu rutin menyikat gigi sehabis sahur dan berbuka puasa. Hindari pula makanan pemicu bau mulut saat sahur, seperti bawang dan makanan pedas.

3. Asam Lambung Naik

Dipicu oleh kebiasaan melewatkan sahur, langsung tidur setelah sahur, atau konsumsi makanan yang memicu naiknya asam lambung (seperti makanan asam dan pedas). Stres akibat pekerjaan bisa meningkatkan risiko asam lambung saat puasa. Kabar baiknya, kamu bisa mencegah naiknya asam lambung dengan konsumsi makanan sehat, minum obat teratur (bila perlu), dan hindari minum kafein saat sahur.

Baca Juga: 5 Penyebab Munculnya Keluhan Sakit Saat Puasa

4. Dehidrasi

Keluhan yang muncul akibat kurangnya asupan cairan saat sahur dan banyaknya aktivitas yang harus dijalani. Meski tampak sepele, dehidrasi saat puasa bisa menyebabkan mulut kering, mual, pusing, dan kelelahan yang bisa mengganggu pekerjaan. Supaya terhindar dari dehidrasi, perbanyak minum air putih saat sahur, setidaknya dua gelas air putih.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan keluhan umum karena selama puasa, tekanan darah mengalami penurunan akibat tidak adanya pasokan gula dari makanan. Selain itu, sakit kepala saat puasa juga bisa dipicu oleh dehidrasi, kelelahan, atau kurang tidur. Untuk mencegahnya, kamu perlu mendapatkan cukup tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Seimbangkan juga konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar tubuh tetap fit selama puasa.

Baca Juga: Salah Pola Makan, Waspada Penyakit Ini Saat Puasa

Itulah keluhan penyakit yang perlu diwaspadai saat puasa. Untuk itu, kamu wajib untuk menjaga pola makan saat berbuka puasa dan sahur dengan nutrisi yang seimbang agar produktivitas saat puasa tidak terganggu.

Kalau kamu punya keluhan saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!