05 June 2018

Punya Badan Gemuk? Berikut Tips Olahraga Agar Efektif

Punya Badan Gemuk? Berikut Tips Olahraga Agar Efektif

Halodoc, Jakarta – Satu hal yang membuat orang yang berbadan gemuk malas berolahraga adalah badan yang terlalu besar, sehingga berat menggerakkan badan. Olahraga efektif untuk mereka yang berbadan gemuk adalah latihan yang tidak terlalu jor-joran, tetapi rutin dan intens untuk dilakukan.

Pengurangan berat badan sejatinya tidak bisa diharapkan berlangsung dengan cepat, tapi butuh tahapan. Selain olahraga, pengaturan porsi dan pola makan juga turut mengambil bagian dalam pengurangan berat badan. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut adalah tips olahraga efektif buat kamu yang memiliki badan gemuk. (Baca juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Kok Bisa?)

  1. Lakukan Kombinasi Latihan

Supaya mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya kamu melakukan kombinasi latihan. Misalnya pagi jogging 30 menit dengan kecepatan biasa. Jangan terlalu memaksakan lari dengan durasi lama dan tempo yang terlalu cepat. Kelebihan berat badan akan memungkinkan kamu mengalami cedera otot yang lebih besar, karena lutut dan tumit yang tak sanggup menahan kelebihan berat badanmu. Lakukanlah latihan ringan tapi berkelanjutan.

Setelah jogging pagi, kamu bisa melakukan zumba sekitar 45 menit di sore harinya. Kalau jogging latihan untuk kardio, zumba lebih kepada pembentukan otot dan pembakaran lemak di tempat-tempat tertentu. Misalnya di bagian pinggang, paha, lengan, dan bahu.

  1. Latihan Rutin

Olahraga menjadi tidak efektif bila tidak dilakukan secara rutin. Kalau kamu tidak sempat meluangkan waktu 60 menit untuk olahraga setiap hari, ada baiknya kamu meluangkan waktu 4 kali seminggu untuk latihan fisik. Jangan sampai bolong juga dan jadikan sebagai kebiasaan, kalau tidak melakukannya kamu bakal merasa badan tidak enak. (Baca juga: Berapa sih Durasi Ideal untuk Olahraga saat Puasa?)

  1. Tetapkan Waktu Istirahat

Jangan hanya menetapkan durasi latihan saja, tapi juga kapan waktu untuk istirahat. Menurut American College of Sports Medicine, jeda atau istirahat juga menjadi salah satu tips olahraga efektif. Istirahat memungkinkan tubuh untuk pulih dan membangun kembali kesegarannya. Istirahat di sini dalam arti kamu tidak perlu melakukan rutinitas latihan olahragamu, tetapi tidak boleh makan kebablasan juga, ya. Jangan sampai latihan seminggu terbuang sia-sia karena di penghujung minggu kamu “balas dendam” dengan makan semaunya.

  1. Pilihan Olahraga untuk yang Kelebihan Berat Badan

Ada beberapa pilihan olahraga efektif buat kamu yang berbadan gemuk. Selain kombinasi latihan, alangkah baiknya kamu menerapkan olahraga yang fun, sehingga menyenangkan untuk dilakukan. Misalnya berenang, trekking, muaythai, inferno hot pilates, dan yoga adalah pilihan olahraga yang bisa dilakukan buat kamu yang berbadan gemuk. Olahraga dengan musik juga bisa menjadi sarana relaksasi dan memberikan semangat untuk semakin menggerakkan badan. (Baca juga: 4 Tips Aman Jogging saat Puasa)

  1. Jangan Menghindari Aktivitas Fisik Seharian

Supaya olahragamu semakin efektif, ada baiknya kamu tidak menghindari aktivitas fisik yang biasa dilakukan seharian. Misalnya memilih naik tangga ketimbang lift saat di kantor atau jalan kaki untuk jarak yang hanya 3-4 kilometer, ketimbang naik ojek. Membeli makanan sendiri ketimbang menitip ke OB, serta hal-hal kecil lain yang kalau dipikir-pikir justru merupakan latihan menggerakkan badan dan bikin sehat.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tips olahraga efektif untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.