• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Punya Kulit Sensitif, Ini Cara Memilih Sunblock yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Punya Kulit Sensitif, Ini Cara Memilih Sunblock yang Tepat

Punya Kulit Sensitif, Ini Cara Memilih Sunblock yang Tepat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Januari 2022

“Pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat memilih sunblock. Pasalnya, banyak produk tabir surya mengandung bahan kimia yang bisa mengiritasi dan memicu alergi pada kulit sensitif. Ada beberapa tips memilih sunblock untuk orang dengan kulit sensitif agar aman di kulit dan bisa memberi perlindungan maksimal dari matahari.”

Punya Kulit Sensitif, Ini Cara Memilih Sunblock yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Sunblock merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum beraktivitas di siang hari. Selain bisa mencegah kulit terbakar sinar matahari, produk ini juga bisa melindungi kulit kamu dari dampak buruk sinar matahari.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu akan merasa serba salah. Pasalnya, tidak menggunakan sunblock bisa membuat kulit teriritasi oleh sinar UV, tetapi penggunaan produk tersebut pun juga bisa mengiritasi kulit sensitif! Hal itu karena bahan kimia yang sering ditemukan dalam banyak produk sunblock bisa memicu reaksi alergi pada jenis kulit tersebut. Akibatnya, bisa muncul sensasi terbakar, menyengat, dan benjolan merah yang gatal pada kulit. 

Namun, tidak menggunakan sunblock pun bukan solusi yang baik. Kamu yang memiliki kulit sensitif dianjurkan memilih produk tabir surya yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Berikut ulasannya.

Cara Memilih Sunblock yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Berikut ini tips-tips memilih sunblock untuk kamu yang memiliki kulit sensitif:

  1. Pilih Sunblock dengan Seng atau Titanium Dioksida

Rita Linkner, MD, dokter kulit bersertifikat menganjurkan pemilik kulit sensitif untuk memilih sunblock dengan formula yang mengandung penghambat fisik hanya dengan seng atau titanium dioksida. Itu karena bahan aktif tersebut cenderung tidak menimbulkan reaksi.

Faktanya, seng oksida adalah bahan utama dalam banyak krim ruam pokok yang digunakan untuk menenangkan kulit bayi yang teriritasi. Jadi, sunblock dengan kandungan bahan tersebut baik bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebaliknya, hindari memilih sunblock dengan kandungan filter kimia, seperti avobenzone, oxybenzone, ecamsule, dan octocrylene. Kandungan tersebut berpotensi menyebabkan iritasi.

  1. Jangan Lupa untuk Mencoba Produk Terlebih Dahulu

Saat memilih sunblock, kamu juga disarankan untuk mencoba dulu sedikit produk pada kulit dan lihat, apakah produk tersebut menyebabkan iritasi. Saat mencari SPF, kamu juga perlu memperhatikan satu hal lain, yaitu wewangian yang bisa mengiritasi jenis kulit sensitif.

  1. Pilih Sunblock dengan SPF 50

Semua orang sebenarnya dianjurkan untuk mengaplikasikan sunblock yang memiliki SPF setidaknya 30 di wajah setiap pagi, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Namun, orang dengan kulit sensitif mungkin memerlukan sunblock yang lebih melindungi. Menurut Dr. Linkner, secara keseluruhan, SPF ideal untuk orang dengan kulit sensitif adalah yang hampir mendekati 50, karena bisa memberi perlindungan maksimal dari UVB.

Nah, kamu bisa cek kebutuhan sunblock atau produk perawatan kulit lainnya untuk kulit sensitif melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Well and Good. Diakses pada 2022. We Found the Very Best Sunscreens for People With Sensitive Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. We Found the Very Best Sunscreens for People With Sensitive Skin