• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Jaga tubuh agar selalu kuat dan tidak cepat lemas selama berpuasa di bulan Ramadhan. Cara paling efektif dengan memerhatikan asupan makanan saat sahur. Makanan yang dikonsumsi saat sahur terkandung nutrisi yang akan digunakan seharian nantinya. Jadi, mempersiapkan menu sehat untuk sahur adalah hal yang penting. 

Selain itu, penting juga untuk memastikan agar menu sahur yang kamu sajikan tidak dimasak dengan cara digoreng. Walaupun makanan yang digoreng adalah kesukaan anggota keluarga yang yang lain, namun sayangnya makanan ini bukan yang terbaik untuk sahur. Melansir Healthline, makanan yang digoreng cenderung tinggi kalori. Makanan yang digoreng juga cenderung tinggi lemak trans, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Baca juga: Cara Memasak Sehat Tanpa Minyak

Kebanyakan orang juga menjadikan puasa sebagai ajang untuk memperbaiki pola makan mereka menjadi lebih sehat lagi. Jika hal ini jadi tujuan kamu juga, berikut ini terdapat jenis menu sahur sehat yang bisa jadi pilihan: 

  • Telur

Telur ayam adalah salah satu makanan paling bergizi karena tinggi protein sehingga baik dikonsumsi saat sahur. Kandungan protein ini membuat kamu tetap kenyang lebih lama. Banyak sekali menu yang bisa dibuat dengan bahan dasar telur. Kamu bisa merebusnya supaya menghindari penggunaan minyak.

Jika kamu merasa bosan dan harus menggunakan minyak, coba gunakan jenis minyak sayur yang lebih sehat. Kamu bisa membuat telur orak-arik dengan menambahkan bayam dan keju yang dibungkus dengan tortilla gandum utuh untuk disajikan saat sahur. 

  • Alpukat

Buah yang kaya nutrisi ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur. Alpukat juga akan menambah tekstur dan rasa pada hidangan apa pun. Alpukat sangat tinggi serat, yang baik untuk membantu penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Manfaat lain alpukat adalah membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga energi akan dilepaskan perlahan sepanjang hari. Kamu bisa menghaluskan alpukat dan menjadikannya isian roti.

  • Salmon 

Kebaikan daging merah muda pada ikan salmon telah menjadi bagian penting dari nutrisi manusia sejak zaman batu. Salmon adalah bagian penting dari diet paleo yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral.

Salmon juga dikenal dengan asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri dan harus diperoleh dari sumber luar. Asam lemak ini berkontribusi pada fungsi otak yang sehat. Kamu bisa menyajikan salmon asap dengan tambahan telur rebus, dan alpukat yang telah dihaluskan untuk menu sahur yang sehat. 

Baca juga: Puasa Bikin Awet Muda? Ini Penjelasan Medisnya

  • Sup Ayam

Sup ayam yang juga berisi sayuran adalah salah satu menu sahur sehat lain yang wajib kamu hidangkan. Cara membuatnya mudah dan cepat. Ayam mengandung protein dan lemak yang kamu butuhkan selama berpuasa, dan sayuran di dalamnya adalah sumber vitamin, mineral yang sehat. 

  • Pasta

Makanan pasta yang sehat memberi dosis karbohidrat kompleks harian yang direkomendasikan selama berpuasa. Pasta gandum yang diolah dengan sayuran, ayam, atau daging juga merupakan makanan super mudah, lezat, yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur. 

Baca juga: Rentan Terjadi Saat Puasa, Ini Cara Mencegah Dehidrasi 

Jika kamu masih ingin tahu jenis makanan sehat apa saja yang cocok dikonsumsi saat sahur, kamu bisa tanya ahli nutrisi di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran yang dibutuhkan agar puasa kamu tetap sehat. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc, sekarang!

Referensi:
Gulf News. Diakses pada 2020. Ramadan 2019: 9 Suhoor Foods To Keep You Energised All Day In Ramadan.
Halal Trip. Diakses pada 2020. Quick Suhoor Recipes For You This Ramadan.
Healthline. Diakses pada 2020. Why Are Fried Foods Bad for You?