• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ragam Minyak Esensial untuk Obati Sakit Gigi

Ragam Minyak Esensial untuk Obati Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ragam Minyak Esensial untuk Obati Sakit Gigi

Halodoc, Jakarta - Saat ini, minyak esensial menjadi populer karena manfaat kesehatannya yang begitu besar. Sejak tahun 2000 SM, minyak atsiri telah digunakan karena memiliki khasiat yang baik untuk penyembuhan penyakit. Dalam beberapa tahun terakhir, minyak esensial banyak digunakan dalam industri perawatan kesehatan, seperti perawatan tubuh, konsumsi, atau aromaterapi. Lantas, adakah minyak esensial untuk mengatasi sakit gigi? Jawabannya adalah, ada. Berikut ini beberapa jenis minyak esensial terbaik untuk menunjang kesehatan gigi dan gusi:

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sariawan Bisa Menular Lewat Ciuman

1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah salah satu solusi alami terbaik untuk melawan bau mulut dan menghilangkan plak. Jika ingin membuat obat kumur dengan bahan-bahan alami, kamu bisa menambahkan minyak pohon teh sebagai bahan utama di dalamnya. Minyak esensial ini memiliki kemampuan alami untuk melawan bakteri, mengatasi gusi berdarah, dan mencegah kerusakan gigi. Jangan lupa untuk meludahkannya setelah digunakan, dan berkumur dengan air, ya.

2. Minyak Peppermint

Minyak esensial untuk mengatasi sakit gigi selanjutnya adalah minyak peppermint. Minyak ini mampu membuat mati rasa pada otot yang kaku, dan memberikan sensasi dingin yang secara efektif dapat mengurangi sakit gigi. Minyak ini sangat efektif digunakan untuk melawan patogen mulut, serta membunuh bakteri penyebab penyakit gusi dan gigi berlubang.

3. Minyak Thyme

Minyak thyme banyak digunakan dalam obat kumur. Minyak ini mampu menghilangkan bau tidak sedap di mulut, dengan memberikan kesegaran. Minyak esensial yang satu ini juga dapat digunakan untuk perawatan kesehatan gigi karena termasuk dalam keluarga mint. Bahan kimia alami yang ada dalam minyak thyme mampu mencegah kerusakan gigi, infeksi mulut, dan radang gusi.

Baca juga: Scaling Gigi, Bagaimana Prosedur dan Manfaatnya?

4. Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis bersifat antiseptik, antijamur, dan antibakteri, sehingga sering digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Sifat antimikroba dari minyak kayu manis sangat baik dalam melindungi gigi dan gusi dari bakteri mulut yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

5. Minyak Oregano

Minyak esensial untuk mengatasi sakit gigi selanjutnya adalah minyak oregano. Minyak ini kaya akan antioksidan, sehingga efektif dalam mengurangi infeksi jamur dan bakteri. Sifat anti-inflamasi pada minyak ini dapat mengatasi banyak masalah mulut. Minyak ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan digunakan untuk perawatan tubuh jika dicampur dengan minyak kelapa.

6. Minyak Cengkeh

Apapun pengobatan baru yang mungkin ditemukan, orang-orang masih sangat percaya pada cengkeh karena manfaatnya yang besar, salah satunya untuk mengatasi masalah gigi. Jika digigit dan didiamkan pada area gigi yang sakit, cengkeh dipercaya mampu menenangkan otot yang tegang di area tersebut. Kemampuan alami minyak cengkeh dipercaya dapat membatasi perkembangan bakteri di mulut, menyembuhkan infeksi tenggorokan, bahkan penyakit gusi.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah

Itulah sejumlah minyak esensial untuk mengatasi sakit gigi. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mencobanya? Jika kamu mengalami sejumlah gangguan kesehatan setelah mencobanya, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat, ya.

Referensi:
Well and Good. Diakses pada 2021. The Essential Oils to Turn to When You Get a Toothache.
Lakshme Dental. Diakses pada 2021. Essential Oils for Healthy Gums and Teeth.
Dental Group of Amarillo. Diakses pada 2021. 6 Essential Oils For Healthy Gums and Teeth!