• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rahasia Quinoa Buat Kulit Wajah Berseri

Rahasia Quinoa Buat Kulit Wajah Berseri

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar tentang quinoa? Sejenis gandum yang kaya akan essential amino acids dan tinggi serat. Makanan ini telah dikenal di Amerika sebagai pilihan super food untuk pola makan sehat karena kaya nutrisi. Namun, tak hanya untuk makanan diet saja, quinoa juga bisa dijadikan “makanan” untuk kulit yang bisa membuat wajah berseri, lho.

Jenis gandum ini sudah menjadi tren di Amerika sebagai produk perawatan kulit. Orang-orang sudah banyak yang mengetahui manfaatnya sebagai superfood dan kini mulai banyak yang mencoba untuk menggunakannya untuk merawat kulit. Menurut Sonia Batra, MD, Asisten Profesor Dermatologi di University of Southern California Keck School of Medicine, ada manfaat ilmiah dari gandum ini dan tak hanya untuk dimakan saja.

1.  Sebagai Scrub
Gandum ini memiliki tekstur yang pas untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi masalah pori-pori kamu. Keunggulannya adalah tekstur gandum ini tidak terasa kasar di kulit sehingga tidak akan membuat kulit jadi tidak nyaman.

Untuk membuat scrub dengan quinoa, campurkan quinoa matang dengan olive atau argan oil. Kemudian oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar dan bilas dengan air hangat. Gunakan satu atau dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan. Bagi pemilik kulit kering sebaiknya gunakan hanya sekali dalam seminggu.

2.  Melindungi Kolagen
Semakin bertambah usia, tubuh jadi lebih sedikit memproduksi kolagen yakni protein yang membuat kulit tetap kencang. Saat kolagen berkurang, maka garis halus mulai muncul dan penuaan pun tak bisa dihentikan. Nah saat ini, produk suplemen kolagen banyak beredar dan tentu saja dijual dengan harga yang cukup tinggi. Namun kamu bisa mengakalinya dengan quinoa. Penelitian menemukan bahwa quinoa bisa mempengaruhi enzim yang disebut matrix metalloproteinase yakni yang menurunkan produksi kolagen dan elastisitas kulit. Jadi kamu bisa menggunakan pelembab dengan bahan dasar quinoa atau gunakan gandum ini sebagai masker secara rutin.

3.  Mencerahkan Kulit
Dalam studi yang dipublikasikan di International Journal of Cosmetic Sciences ditemukan bahwa quinoa bisa memengaruhi enzim tyrosinase yang menyebabkan pigmentasi kulit. Jadi penggunaan quinoa bisa bantu samarkan noda hitam dan mencerahkannya. Jadi mulai sekarang, coba kombinasikan perawatan kulit kamu dengan cara alami dengan menambahkan quinoa, ya.

Masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kering, berminyak, normal, dan kombinasi. Setiap jenis kulit ini memiliki masalah kulit berbeda sehingga perawatannya pun tidak bisa disamakan. Pemilihan perawatan kulit yang sesuai sangat penting untuk membut wajah ternutrisi dengan baik. Terutama bagi kamu yang sangat peduli terhadap efek penuaan dini. Quinoa mungkin bisa membantu merawat kulit, belum tentu gandum ini cocok di kulit kamu.

Jadi sebaiknya, sebelum memutuskan menggunakan quinoa sebagai masker atau pun scrub sebaiknya tanyakan dulu pada ahli atau dokter kecantikan kamu. Apakah cocok dan bisa digunakan tanpa menyebabkan keluhan kulit.

Jika memerlukan saran dari dokter mengenai masalah kulit yang kamu alami, sebaiknya segera hubungi dokter. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc. Berbagai jenis suplemen dan vitamin untuk kulit serta beberapa produk kecantikan juga dapat dibeli di Halodoc. Semua pesanan kamu akan siap diantarkan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.