• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rahasia Rambut Sehat Priyanka Chopra

Rahasia Rambut Sehat Priyanka Chopra

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak terpukau dengan kecantikan Miss World 2000, Priyanka Chopra. Kecantikan yang paling sukses mencuri perhatian dari Priyanka, salah satunya adalah rambutnya yang tampak sehat dan tebal. Hal itu selalu terlihat dalam penampilannya di film, terutama saat ia menghadiri Golden Globes 2020 lalu. Pada acara tersebut, Priyanka membiarkan rambut tebalnya tergerai. 

Priyanka tidak segan-segan membeberkan rahasia rambut sehat yang dimilikinya. Priyanka cukup rajin merawat kulit kepala dan rambut yang dilakukan sendiri di rumah. Perawatan rambut yang dijalaninya pun terbilang mudah dan murah. Setiap dua kali sebulan ia selalu melakukan perawatan dengan minyak alami secara DIY (do it yourself). 

Dengan mencampurkan sedikit minyak kelapa dan sedikit minyak jarak, kemudian pijatkan pada seluruh kulit kepala. Priyanka termasuk selebritis yang cukup rajin menjalankan perawatan rambut secara alami ini. Selain minyak kelapa dan minyak jarak, inilah rahasia manfaat dari minyak alami yang baik untuk kesehatan rambut!

Baca juga: Lebih Sehat Mana Rambut Kering atau Berminyak

1. Minyak Jarak 

Minyak ini sudah lama populer di dunia kecantikan yang menyukai perawatan rambut secara alami. Penggunaan minyak jarak dapat meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Jika menggunakan minyak ini setiap bulan, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga lima kali lipat dari biasanya. Bukan cuma dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, minyak jarak juga dapat memperbaiki penampilan rambut dengan meningkatkan kilau rambut. 

2. Minyak Kelapa

Tidak kalah populer dari minyak jarak, minyak kelapa sering dikatakan sebagai minyak terbaik yang digunakan pada rambut untuk mengurangi hilangnya protein pada rambut dan membuatnya tampak sehat. Protein yang terkandung dalam minyak kelapa mampu mengembalikan kesehatan rambut yang dirawat secara kimiawi dan terpapar sinar UV.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut Di Rumah

3. Minyak Esensial Lavender

Jika kamu ingin mempercepat pertumbuhan rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak lavender sebagai perawatan. Minyak lavender memiliki sifat yang dapat menghasilkan yang dapat menghasilkan pertumbuhan sel dan mengurangi stres pada rambut. Sifat antimikroba dan antibakteri pada minyak lavender dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. 

4. Minyak Peppermint

Minyak peppermint dapat memberikan rasa dingin dan meningkatkan sirkulasi darah pada kepala. Minyak ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama fase anagen (fase tumbuh). Selain itu, minyak ini dapat meningkatkan jumlah folikel pada pertumbuhan rambut secara keseluruhan. 

5. Minyak Sereh

Ketombe merupakan masalah kulit kepala dan rambut yang umum terjadi. Jika kamu memiliki masalah ini, sebaiknya gunakan minyak sereh dalam perawatan rambut. Minyak sereh termasuk perawatan ketombe yang efektif mengurangi ketombe setelah satu minggu pemakaian. 

Kinerja minyak sereh dalam mengurangi ketombe akan sangat efektif jika digunakan setiap hari. Campurkan beberapa tetes minyak sereh ke dalam sampo atau kondisioner setiap hari, kemudian pijatkan pada kulit kepala.

Baca juga: Mau Rambut Tetap Sehat? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini 

6. Tea Tree Oil

Tea tree memiliki sifat pembersih, antibakteri, dan antimikroba yang kuat. Saat digunakan secara topikal, minyak ini dapat membantu mencabut folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tea tree oil ini memiliki banyak konsentrasi yang baik untuk rambut, sehingga akan sangat baik jika menjadi salah satu perawatan rambut. 

Kamu dapat mencampur 10 tetes minyak esensial tea tree ke dalam sampo atau kondisioner dan menggunakannya setiap hari. Biarkan 15 menit sebelum membilasnya.

7. Minyak Rosemary

Jika kamu ingin meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, minyak rosemary adalah pilihan yang tepat. Minyak ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembentukan sel. Untuk menggunakan minyak rosemary sebagai perawatan rambut, kamu membutuhkan beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak zaitun atau kelapa, kemudian oleskan ke kulit kepala. Diamkan setidaknya 10 menit sebelum dicuci dengan sampo. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali per minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Jika masalah rambut dan kulit kepala yang kamu alami tidak dapat diatasi dengan minyak alami, itulah saatnya kamu perlu memeriksakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Komunikasi dengan dokter lebih mudah via chat pada aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Essential Oil for Hair.