• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rajin Mencuci Tangan Dapat Mencegah Sinusitis Kambuh

Rajin Mencuci Tangan Dapat Mencegah Sinusitis Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Rajin Mencuci Tangan Dapat Mencegah Sinusitis Kambuh

Tanpa disadari kita sering menyentuh mata, hidung, dan mulut. Kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut dapat membuat kita sakit. Buat pengidap sinusitis, tangan adalah media yang membantu perpindahan alergen ke saluran pernapasan sehingga memicu kekambuhan. Rajin mencuci tangan dapat mencegah perputaran alergen pemicu sinusitis.”

Halodoc, Jakarta – Alergen, debu, polusi udara, partikel yang terkandung di dalam udara, perubahan tekanan udara dan virus pernapasan dapat menyebabkan sinusitis menjadi kambuh. Menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk mencegah sinusitis kambuh.

Sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan, bisa dilakukan dengan mencuci tangan. Debu dan kotoran yang menempel pada tangan bisa masuk ke hidung tanpa sengaja sehingga memicu alergi. Informasi selengkapnya mengenai mencegah sinusitis kambuh bisa dibaca di sini!

Peran Penting Mencuci Tangan

Tadi sudah disinggung kalau alergen dan paparan debu dapat memicu kambuhnya sinusitis. Mencuci tangan sebagai upaya menjaga kebersihan dilakukan untuk mencegah sinusitis kambuh. Sebenarnya secara keseluruhan mempraktikkan kebersihan tangan adalah cara sederhana namun efektif untuk mencegah infeksi. 

Membersihkan tangan dapat mencegah penyebaran kuman, termasuk kuman yang resisten terhadap antibiotik. Menurut data kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ribuan orang meninggal setiap hari di seluruh dunia karena infeksi dan tangan adalah jalur utama transmisi kuman.

Baca juga: Anak Alami Sinusitis, Kapan Harus ke Dokter?

Kita sering menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa disadari. Kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut dan membuat kita sakit. Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat masuk ke makanan dan minuman saat kamu menyiapkan makanan. 

Kuman dapat berkembang biak di beberapa jenis makanan atau minuman, dalam kondisi tertentu sehingga membuat orang sakit. Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat berpindah ke benda lain, seperti pegangan tangan, bagian atas meja, atau mainan, dan kemudian berpindah ke tangan orang lain.

Menghilangkan kuman melalui cuci tangan karena itu membantu mencegah diare dan infeksi pernapasan dan bahkan dapat membantu mencegah infeksi kulit dan mata termasuk jika kamu memiliki sinusitis.

Itulah sebabnya, kebersihan tangan adalah langkah paling utama untuk menghindari transmisi kuman berbahaya. Setiap orang apakah dia sedang sakit atau tidak, pekerja perawatan kesehatan, pengasuh atau orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dengan perawatan pasien perlu memerhatikan kebersihan tangan dan melakukannya dengan cara benar dan tepat. Bagaimana cara membersihkan tangan yang baik?

1. Bersihkan tangan dengan menggosoknya dengan formulasi berbasis alkohol atau antiseptik jika kamu tidak bisa langsung menggunakan air mengalir.

2. Cuci tangan dengan sabun dan air ketika tangan terlihat kotor atau setelah menggunakan toilet.

Baca juga: Hindari Gejala Ini untuk Cegah Gejala Sinusitis Kambuh

Mencuci Tangan Bukan Satu-Satunya Cara Mencegah Sinusitis Kambuh

Mencuci tangan tidak menjadi satu-satunya cara untuk merawat gejala sinusitis. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Merawat kondisi yang mendasar di balik sinusitis kronis, seperti asma dan alergi.

2. Hindari alergen seperti bulu binatang, debu, serbuk sari, asap dan jamur yang memicu pembengkakan pada sinus.

3. Berhenti merokok jika kamu perokok, dan bila kamu tidak merokok, hindari paparan asap rokok.

4. Cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air.

5. Bilas saluran hidung dengan larutan garam, baik yang dibeli atau dengan neti pot. Neti pot adalah benda kecil yang diisi dengan air steril dan garam. 

6. Mengonsumsi makanan sehat, tetap terhidrasi, dan rutin berolahraga secara teratur.

7. Gunakan pelembap udara untuk menjaga jaringan hidung tetap lembap.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

Itulah informasi mengenai pentingnya cuci tangan untuk mencegah sinusitis kambuh serta penanganan sinusitis lainnya. Informasi selengkapnya mengenai sinusitis bisa ditanyakan langsung di Halodoc!

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2021. Hand Hygiene: Why, How & When?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Show Me the Science – Why Wash Your Hands?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Sinusitis
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. What to do about sinusitis