• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ramadan Tiba, Busui Perhatikan Ini Jika Ingin Puasa

Ramadan Tiba, Busui Perhatikan Ini Jika Ingin Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Di bulan Ramadan yang akan tiba sebentar lagi, ibu menyusui sebenarnya tidak diwajibkan untuk berpuasa. Wanita yang melewatkan puasa karena menyusui juga dapat menebusnya dengan berpuasa di kemudian hari. Namun, bagi ibu yang tetap ingin berpuasa saat sedang dalam masa menyusui, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar tetap bisa memberikan nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Berikut ulasan selengkapnya!

Dampak Puasa Terhadap ASI

Puasa sebenarnya tidak akan menghalangi ibu untuk tetap menyusui, karena tubuh akan terus menghasilkan air susu ibu (ASI) seperti biasanya. Tidak makan dan minum mulai dari subuh sampai sore hari memang dapat mengurangi asupan kalori ibu, tetapi hal ini seharusnya tidak memengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan tubuh.

Setelah makanan terakhir yang ibu konsumsi sudah habis dibakar tubuh, tubuh akan menyesuaikan dan mencari sumber lain untuk diubah menjadi energi. Tubuh akan membakar kalori dengan menggunakan simpanan gula yang sudah ada, lalu mengubah simpanan lemak menjadi gula darah. Proses ini akan berlangsung sampai ibu kembali mengonsumsi makanan lagi saat buka puasa.

Namun, puasa terkadang dapat menyebabkan perubahan kecil pada kandungan ASI ibu. Kadar beberapa vitamin dan zat gizi mikro dalam ASI ibu dapat berkurang. Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar seng, magnesium, dan kalium menurun bila ibu menyusui berpuasa di bulan Ramadan. Namun, hal ini juga tergantung pada seberapa banyak cadangan nutrisi dan energi dalam tubuh ibu.

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil Puasa?

Hal yang Perlu Diperhatikan Bila Ingin Puasa Saat Menyusui

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bila ibu menyusui ingin berpuasa:

1. Makan Berbagai Macam Makanan Bergizi 

Saat berpuasa, pastikan busui tetap memenuhi kebutuhan nutrisi, baik untuk ibu sendiri maupun Si Kecil dengan mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi. Usahakan untuk tidak melewatkan jadwal makan sahur. Pasang alarm bila perlu.

2. Minum Banyak Cairan

Tetap menyusui saat sedang berpuasa dapat membuat ibu kehausan dan hal ini dapat berdampak pada kondisi kesehatan. Jadi, pastikan ibu mengonsumsi cukup cairan selama berpuasa. Hal ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi, terutama bila puasa jatuh di musim panas. Minumlah banyak cairan, terutama di pagi hari sebelum berpuasa, begitu juga ketika buka puasa.

Bila busui mengalami tanda-tanda dehidrasi, seperti kehausan, urine berwarna kuning dan berbau kuat, merasa pusing, dan lelah, sebaiknya segera batalkan puasa.

3. Konsumsi Vitamin

Busui mungkin juga perlu meminum suplemen vitamin agar kebutuhan nutrisi harian ibu tetap terpenuhi. Para ahli merekomendasikan semua orang dewasa untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram (mcg) vitamin D. Busui bisa meminum vitamin ini sebelum berpuasa.

Beli suplemen vitaminnya lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, busui tinggal order saja melalui aplikasi dan obat pesanan ibu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

4. Hindari Mengerjakan Pekerjaan Berat

Sebisa mungkin, hindarilah mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang membutuhkan banyak energi selama berpuasa. 

5. Beristirahat Sebanyak Mungkin

Berpuasa saat menyusui bisa menjadi hal yang berat dan melelahkan. Karena itu, beristirahatlah sebanyak mungkin setiap kali ada kesempatan, untuk menjaga tingkat energi busui tetap tinggi.

6. Perhatikan Bayi

Ada kemungkinan kecil bahwa bayi mendapatkan ASI yang lebih sedikit saat busui berpuasa. Jadi, perhatikanlah kondisi bayi dengan seksama. Bila popok Si Kecil jarang basah, kotorannya berwarna kehijauan, dan bayi mengalami penurunan berat badan, segera bicarakan dengan dokter.

Baca juga: Kenapa Ibu Menyusui Tidak Dianjurkan Puasa?

Nah, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan busui bila ingin berpuasa. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan ibu sekeluarga selama bulan puasa.

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2020. Breastfeeding and fasting.
Mom Junction. Diakses pada 2020. 5 Useful Tips To Make Fasting Easier While Breastfeeding.