• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rayakan Imlek, Ini 8 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

Rayakan Imlek, Ini 8 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Rayakan Imlek, Ini 8 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Perayaan tahun baru Cina atau imlek selalu dimeriahkan dengan berbagai pernak-pernik yang khas, seperti angpau, lampion, perlengkapan berwarna serba merah, dan kue keranjang. Selain itu, makanan khas yang juga wajib ada saat imlek adalah jeruk.

Jenis jeruk yang biasanya dihadirkan saat imlek adalah jeruk mandarin. Namun, menyediakan jenis jeruk lainnya pun juga tidak masalah. Lantas, mengapa harus ada jeruk saat perayaan imlek ya? Selain memiliki makna yang baik, jeruk imlek juga bisa memberi segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Yuk, cari tahu manfaat jeruk imlek di sini.

Baca juga: Bikin Sehat, Ini 5 Makanan Imlek Pembawa Keberuntungan

Dianggap sebagai Buah Pembawa Rezeki

Bahasa Mandarin buah jeruk adalah ‘chi zhe’. Chi artinya rezeki dan zhe artinya buah. Jadi, ketika digabungkan, jeruk artinya buah pembawa rezeki.

Selain itu, warna oranye yang cerah dan cantik juga memiliki makna tersendiri lho. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, warna oranye yang cerah melambangkan emas. Secara tidak langsung, emas di sini adalah uang yang berarti rezeki.

Jadi, membagikan buah jeruk ke sanak keluarga saat imlek memiliki maksud supaya rezeki mereka terus bertambah.

Jeruk Memberikan Manfaat untuk Kesehatan

Jeruk mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga menjadi sumber serat, vitamin B, vitamin A, kalsium, dan kalium yang baik.

Oleh karena kandungan nutrisinya yang banyak, jeruk imlek bisa memberi manfaat berikut untuk kesehatan:

1.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Itulah mengapa mengonsumsi jeruk imlek yang kaya akan vitamin C bisa membuat kamu tidak gampang sakit dan membantu mencegah penyakit seperti masuk angin dan infeksi telinga berulang.

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

2.Mencegah Kerusakan Kulit

Kandungan antioksidan dalam jeruk juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diketahui bisa menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan. Makan jeruk setiap hari dipercaya bisa membantu kamu terlihat muda bahkan di usia 50 tahun.

Baca juga: 6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

3.Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga kaya vitamin B6 yang bermanfaat untuk membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali berkat adanya magnesium.

4.Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah studi oleh para peneliti Amerika Serikat dan Kanada, senyawa yang ditemukan pada kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated Flavones (PMFs) berpotensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif daripada beberapa obat-obatan resep.

5.Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Berkat kandungan serat yang terdapat di dalamnya, manfaat jeruk imlek baik untuk pengidap diabetes karena bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Apalagi jeruk juga memiliki gula sederhana. Gula buah alami dalam jeruk yang disebut fruktosa bisa membantu menjaga kadar gula darah tidak naik terlalu tinggi setelah makan. Indeks glikemiknya adalah 40, sehingga jeruk bisa dikatakan sebagai makanan yang rendah gula. 

Namun, hal itu bukan berarti kamu bebas mengonsumsi banyak buah jeruk sekaligus saat perayaan imlek. Makan terlalu banyak jeruk imlek bisa meningkatkan insulin, bahkan menyebabkan penambahan berat badan.

6.Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jeruk imlek lainnya adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Senyawa D-limonene dalam buah jeruk disebut-sebut mampu mencegah kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, bahkan kanker payudara.

Kandungan vitamin C dan antioksidannya yang bermanfaat untuk membangun kekebalan tubuh, juga mampu membantu melawan kanker. Serat dari buah ini juga membuatnya bisa menjadi pelindung dari kanker. 

Menurut sebuah penelitian, hampir sebanyak 15 persen kasus kanker terjadi karena mutasi pada DNA. Hal itu bisa dicegah dengan vitamin C.

7.Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, jeruk juga merupakan sumber karotenoid yang baik. Vitamin A yang terdapat di dalamnya berperan penting dalam menjaga kesehatan selaput lendir di mata. Vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dalam kondisi yang parah, bisa menyebabkan kebutaan.

8.Baik untuk Sistem Pencernaan

Meskipun sifat dasar jeruk adalah asam sebelum tubuh benar-benar mencernanya, buah ini memiliki banyak mineral alkali yang berperan dalam proses pencernaan. Jeruk juga memiliki serat baik yang larut dan tidak larut.

Kandungan ini membantu menjaga fungsi usus dan perut kamu tetap lancar yang akhirnya mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, serat juga membantu mengatasi sembelit.

Itulah manfaat jeruk imlek yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi kamu yang punya masalah lambung, ada baiknya kamu berdiskusi dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta tips aman mengonsumsi jeruk saat perayaan Imlek nanti. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Eating Oranges.