• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Asupan Vitamin untuk Pengidap COVID-19

Rekomendasi Asupan Vitamin untuk Pengidap COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kasus jumlah orang yang terinfeksi virus corona sedang mengalami peningkatan di angka lebih dari 10.000 kasus per Selasa (12/1). Peningkatan kasus ini diperkirakan karena libur panjang yang membuat banyak orang bepergian ke tempat wisata. Jika kamu salah satu orang yang tercatat mengidap COVID-19, tentu berbagai macam cara dilakukan agar tubuh dapat kembali normal. Salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin untuk mengatasi COVID-19. Apa saja jenis vitamin yang direkomendasikan? Berikut ulasannya!

Vitamin untuk Mengatasi COVID-19 yang Direkomendasikan

Masa penyembuhan dari COVID-19 adalah momen yang paling penting dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Setiap orang benar-benar harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi disertai dengan pemberian vitamin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus yang masuk ke dalamnya dapat diatasi. Jika sistem imun lemah, maka penyembuhan akan lebih lambat dan bahkan dampak yang lebih buruk dapat terjadi.

Baca juga: Ini Fakta Tentang Vitamin yang Baik untuk Cegah Corona

Meski begitu, tidak semua orang tahu kebutuhan vitamin yang harus dicukupi agar sistem imunitas tubuh benar-benar maksimal untuk mengatasi virus corona. Beberapa vitamin sangat ampuh untuk menyembuhkan pengidap COVID-19, terutama vitamin C dan D. Vitamin C telah dipercaya puluhan tahun sebagai kandungan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan leukosit, jenis sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi, terutama selama pandemi.

Vitamin D juga penting untuk dipenuhi yang umumnya berasal dari sinar matahari. Seseorang yang kurang mendapatkan cahaya matahari perlu tambahan asupan vitamin D. Disebutkan jika kadar vitamin D yang rendah meningkatkan risiko untuk mengidap masalah pernapasan, terutama karena virus corona. Maka dari itu, kamu harus tahu berapa banyak konsumsi suplemen tambahan ini yang direkomendasikan agar tubuh kembali sehat yang dibagi per kategori. Berikut ini selengkapnya:

1. Vitamin untuk Pengidap COVID-19 Tanpa Gejala dan Gejala Ringan

Kebutuhan vitamin C untuk pengidap dengan kategori OTG, antara lain:

  • Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram per 6–8 jam secara oral yang dilakukan selama 14 hari, atau
  • Tablet hisap vitamin C dengan kadar 500 miligram per 12 jam dan dilakukan selama 30 hari, atau
  • Multivitamin dengan kandungan vitamin C 1–2 kali per harinya selama 30 hari.

Untuk konsumsi multivitamin disarankan bukan hanya mengandung vitamin C, tetapi juga vitamin B, E, dan Zinc.

Lalu, kebutuhan vitamin D yang perlu dipenuhi adalah:

  • Suplemen yang mengandung 400 IU–1000 IU per hari dalam segala bentuk.
  • Obat dengan kandungan 1000–5000 IU per hari yang tersedia dalam bentuk tablet.

Baca juga: Mengenal Remdesivir, Obat Virus Corona yang Akan Dipatenkan

2. Vitamin untuk Pengidap COVID-19 dengan Gejala Sedang dan Berat

Semua asupan vitamin tersebut sudah tidak diberikan dalam bentuk suplemen, tetapi melalui suntikan intravena yang dilakukan di rumah sakit. Seseorang dengan gejala ini perlu melakukan perawatan intensif agar mendapatkan respon cepat saat sesuatu yang berbahaya terjadi.

Itulah beberapa anjuran konsumsi vitamin untuk pengidap COVID-19. Jika kamu didiagnosis dengan penyakit ini tanpa gejala atau gejalanya ringan, tidak perlu panik. Pastikan semua kebutuhan vitamin dipenuhi per harinya, sekaligus mengonsumsi semua makanan yang bergizi untuk mendorong sistem imunitas tubuh dapat mengatasi infeksi dari virus corona.

Baca juga: WHO Tidak Sarankan Konsumsi Klorokuin untuk Pengidap Corona

Apabila kamu ingin memastikan beberapa gejala yang timbul berhubungan dengan COVID-19, pemeriksaan di rumah sakit tentu memberikan hasil yang pasti. Kamu dapat memesan pemeriksaan terkait virus corona ini di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan akses kesehatan ada di tangan!

Referensi:
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2021. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).
Florida International University. Diakses pada 2021. Three vitamins, minerals to boost your immune system and fight COVID-19.