• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Dokter Gizi

Rekomendasi Dokter Gizi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rekomendasi Dokter Gizi

“Dokter gizi akan memberikan perawatan, penyuluhan, sesi terapi medis gizi, hingga evaluasi terkait status gizi dari pasien. Tidak hanya itu, dokter gizi dan ahli gizi memiliki perbedaan dalam layanan yang diberikan kepada pasien”

Spesialis gizi merupakan dokter yang secara khusus menangani berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan gizi dan nutrisi pada tubuh manusia. Dokter gizi biasanya akan memberikan perawatan, penyuluhan, hingga sesi terapi medis gizi pada pasien.

Namun, sesi terapi tersebut akan berbeda-beda tergantung pada kondisi pasien, riwayat penyakit pada diri pasien dan juga kondisi umumnya. Dokter gizi ini juga akan bekerjasama dengan dokter spesialis lainnya, seperti dokter bedah dan dokter penyakit dalam serta ahli gizi untuk membantu menangani kondisi pasien.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang

Apa Saja Layanan Dokter Gizi?

Dokter gizi memberikan beberapa pelayanan yang akan didapat oleh pasien. Layanan yang diberikan sebagai berikut:

  • Melakukan anamnesis atau wawancara medis
  • Melakukan pemeriksaan pada bagian fisik
  • Meninjau bagian saluran pencernaan, metabolisme tubuh dan juga status gizi
  • Memberikan penyuluhan mengenai kesehatan terutama pada takaran gizi
  • Memberikan terapi nutrisi seperti pola makan, misalnya perbandingan jumlah kalori, protein, lemak, serta dan mineral yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh
  • Menentukan bagaimana baiknya cara pemberian nutrisi
  • Memberikan evaluasi terkait status gizi hingga kesehatan pasien secara menyeluruh

Perbedaan Dokter Gizi dan Ahli Gizi

Lalu, apa perbedaan dari dokter gizi dengan ahli gizi? Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dokter gizi lebih berfokus pada menangani dan memperbaiki status gizi pada pasien, salah satunya dengan terapi. Sedangkan ahli gizi, lebih berfokus untuk membantu menentukan pola makan dan memberikan edukasi seputar gizi, serta membantu pasien menjalankan pola makan yang telah ditentukan.

Baca juga: Sebelum Bertemu Ahli Gizi Klinis, Ketahui Persiapannya

Ahli gizi memiliki tugas atau wewenang untuk membantu memeriksa kondisi pasien, mulai dari riwayat medis, pola makan, pola olahraga, hingga pola konsumsi obat-obatan. Kemudian, ahli gizi akan membantu untuk merencanakan, memberikan konsultasi, memonitoring, hingga mengevaluasi pola makan yang telah ditentukan oleh ahli gizi dan pasien tersebut guna perbaikan gizi yang lebih baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dokter gizi dan ahli gizi merupakan dua bentuk profesi yang berbeda. Meskipun mungkin mereka akan saling membantu satu sama lain.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah terkait gizi, kamu dapat bertanya pada dokter Halodoc yang direkomendasi di bawah ini:

  1. DR. dr. Gaga Irawan Nugraha, Sp.GK, M.Kes

Dokter spesialis gizi klinik. Saat ini, dokter Gaga Irawan berpraktek di RS Hermina Pasteur, dan RS Al-Islam Bandung.

Baca juga: 19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak

Penanganan yang dini tentunya akan membuat pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store ataupun Google Play!