• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan

Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan

“Para ibu yang ingin memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya suka merasa malu atau gugup. Oleh karena itu, kenyamanan dalam memilih dokter kandungan atau dokter obgyn yang tepat sangatlah diperlukan”

Banyak ibu yang melakukan konsultasi dokter kandungan atau dokter obgyn pada saat program kehamilan, saat sedang hamil atau bilamana ingin mengetahui kesehatan reproduksi pada ibu. Dokter obgyn atau Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi ini sangat membantu para ibu dalam melakukan pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi maupun kandungan, karena pemeriksaan organ reproduksi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Ketika para ibu ingin memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya, banyak yang merasa malu atau gugup. Untuk itu kenyamanan dalam memilih dokter kandungan atau dokter obgyn yang tepat sangatlah diperlukan. Banyak ibu yang kerap kali bergonta-ganti dokter demi memilih konsultasi dokter kandungan yang paling nyaman. Kebingungan dalam memilih dokter obgyn yang terbaik adalah hal yang wajar.

Baca juga: Melahirkan Anak Pertama, Pilih Bidan atau Dokter?

Namun, ada beberapa langkah berikut yang bisa kamu cermati sebagai tips untuk mendapatkan konsultasi dokter kandungan yang paling cocok;

  1. Cari Referensi

Kamu berhak untuk mencari tahu dokter obgyn atau dokter kandungan untuk kebutuhan apa, seperti untuk pemeriksaan rutin atau terdapat hal lain yang membutuhkan kekhususan dalam penanganan. Ada dokter subspesialis kandungan bilamana kondisi kehamilan kamu beresiko tinggi.

Apabila kamu sudah mengetahui kebutuhan pemeriksaannya maka kamu bisa memilih referensi dokter obgyn berdasarkan rekam jejaknya. Rekam jejak dokter obgyn bisa diperoleh dari saran teman atau anggota keluarga yang pernah berkonsultasi dengan dokter obgyn tersebut, referensi yang ada pada website, forum-forum online dan kamu bisa mencari tahu asal universitasnya dengan akreditasi dari jurusan dokter spesialis kandungan di universitas tersebut seperti apa.

  1. Dokter Obgyn yang Komunikatif

Komunikasi yang baik sangat diperlukan saat kamu melakukan konsultasi dokter kandungan untuk kehamilan. Pilihlah dokter obgyn yang komunikatif, misalnya bersedia dihubungi setiap saat bilamana terjadi kondisi darurat. Kamu juga bisa memilih dokter yang dapat menjawab pertanyaan serta menjelaskannya dengan cara yang mudah dipahami. Kemudahan dan kenyamanan saat konsultasi sangatlah diperlukan.

  1. Keputusan Yang Diambil Dokter

Perhatikan setiap keputusan yang diambil oleh dokter dan evaluasi dari setiap hasil pertemuan kamu dengan dokter tersebut. Adakah pro-kontra dari kebijakan yang diambil dikalangan dokter obgyn tersebut. Kamu berhak untuk membahasnya dengan dokter kandungan/dokter obgyn supaya lebih memahami arah kebijakan yang diambil dokter tersebut, agar mempunyai sudut pandang yang sama.

Baca juga: 6 Pertanyaan yang Sebaiknya Diajukan saat Konsultasi Ibu Hamil

Bagi ibu yang mau mendapatkan dokter tepercaya, tetapi mudah, coba saja konsultasi dokter melalui aplikasi Halodoc, dengan klik salah satu dari rekomendasi dokter di bawah ini:

  1. dr. Yuli Trisetiyono, Sp.OG, KFer

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi konsultan fertilitas yang berpraktek di Rumah Sakit Umum William Booth Semarang dan RSUP Karyadi. Beliau menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Diponegoro.

  1. dr. Awan Nurtjahyo, SpOG, KFer

Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan yang aktif melayani pasien di RSIA Rika Amelia Palembang. Dokter Awan Nurtjahyo mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Beliau tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) sebagai anggota. 

Baca juga: Apa yang Perlu Disiapkan sebelum Memulai Program Hamil?

  1. Prof. DR. Dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG), SpOG(K)

Salah satu guru besar dari Universitas Sumatera Utara untuk bidang Ilmu Obstetri dan Ginekologi konsultan Fertilitas. Saat ini, dokter Muhammad Fidel Ganis berpraktek di RSU USU dan RS Hermina Medan.

  1. DR. Dr. Syarief Thaufik Hidayat Sp.OG(K), Msi.Med

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi konsultan. Beliau menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Diponegoro. Saat ini, dokter Syarief Thaufik berpraktek di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi, Rumah Sakit Pantiwilasa Dr. Cipto, Rumah Sakit Hermina Pandanaran, dan Semarang Medical Center Rumah Sakit Telogorejo

Jangan lupa, untuk download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store sekarang!