• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rekomendasi Dokter Spesialis THT

Rekomendasi Dokter Spesialis THT

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rekomendasi Dokter Spesialis THT

“Jika kamu merasakan gangguan pada area telinga, hidung, atau tenggorokan, jangan panik bila dirujuk ke dokter THT. Berbagai tindakan medis dilakukan dokter spesialis THT untuk mengatasi gangguan tersebut, dari pemeriksaan audiometri hingga operasi tumor di leher”

Dokter spesialis THT adalah dokter yang memiliki keahlian spesifik dalam mengobati penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Selain itu, dokter spesialis THT juga bertugas mengatasi sejumlah penyakit yang terjadi di kepala dan leher.

Sama seperti dokter spesialis pada umumnya, dokter spesialis THT juga harus menyelesaikan pendidikan dokter umum terlebih dulu. Seorang dokter akan mendapat gelar spesialis THT setelah menyelesaikan pendidikan khusus mengenai telinga, hidung, dan tenggorokan, dalam jangka empat tahun atau lebih.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Pergi ke Spesialis THT?

Tindakan yang Dilakukan Dokter Spesialis THT

Beberapa tindakan berikut dapat dilakukan dokter spesialis THT sebagai langkah pemeriksaan lanjutan maupun pengobatan:

  1. Audiometri

Pemeriksaan audiometri dilakukan untuk menilai kemampuan pendengaran. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi tuli.

  1. Oesophagoscopy

Pada prosedur ini, dokter akan memasukkan selang fleksibel dengan ujung berkamera ke dalam mulut, lalu diarahkan ke kerongkongan untuk menilai gangguan pada tenggorokan, misalnya kondisi sulit menelan

  1. Operasi sinus dengan endoskopi

Pada prosedur ini, dokter akan memasukkan selang teropong kecil ke dalam saluran hidung untuk mendiagnosis dan mengobati sinus.

  1. Tonsilektomi

Tonsilektomi dilakukan untuk memotong dan mengeluarkan amandel dari dalam tenggorokan. Operasi ini biasanya dilakukan pada pasien anak-anak.

  1. Septoplasti

Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki posisi septum hidung dan membuka sumbatan yang menghambat saluran pernapasan.

Baca juga: Mimisan, Bukan ke Dokter Umum tetapi Spesialis THT

  1. Trakeostomi

Tujuan utama prosedur trakeostomi adalah memperlancar saluran pernapasan yang tersumbat, dengan pemasangan jalan napas bantuan pada trakea.

  1. Tympanomastoidectomy

Operasi ini bertujuan untuk merekonstruksi dan menghilangkan inklusi epitel (kolesteatoma) yang berada di bagian telinga tengah. Dokter akan membuang jaringan abnormal atau yang telah rusak karena infeksi pada area tulang mastoid di belakang telinga. Kemudian, dokter THT juga akan memperbaiki gendang telinga, serta tulang-tulang pendengaran.

  1. Operasi tumor di leher

Dokter spesialis THT juga bertugas melakukan operasi untuk menghilangkan benjolan atau tumor yang berada di area leher dan kepala.

Baca juga: Alasan Membersihkan Kotoran Telinga Kering Harus ke THT

Nah, jika kamu merasakan gangguan pada area telinga, hidung, atau tenggorokan, maka kamu bisa berkonsultasi pada dokter umum terlebih dahulu. Jika ternyata kamu dirujuk ke dokter THT, tidak perlu panik. Kini kamu juga bisa dengan mudah buat janji dengan dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc, dengan rekomendasi dokter di bawah ini:

  1. dr. Al Hafiz, Sp.THT-KL(K)., FICS

Dokter spesialis THT konsultan dari Universitas Andalas. Saat ini, dokter Al Hafiz berpraktek di RS Universitas Andalas di Padang, dan RSUP Dr. M. Djamil di Padang. 

  1. dr. Zalfina Cora, Sp. T.H.T.K.L

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher berpraktek di Rumah Sakit Sari Mutiara, Medan dan RS Islam Malahayati, Medan. Dokter Zalfina Cora tergabung dalam anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Beliau menamatkan pendidikan Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher di Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

  1. dr. Woro Safitri, Sp THT-KL

Dokter spesialis THT berpraktek di RS Bhayangkara Nganjuk dan RSUD Kertosono. Dokter Woro Safitri menyelesaikan pendidikan dokter spesialis THT di Universitas Airlangga

Jangan lupa, untuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sekarang!