Ini Rekomendasi Gaya Hidup Sehat untuk Prediabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Rekomendasi Gaya Hidup Sehat untuk Prediabetes

Halodoc, Jakarta – Jenis makanan seperti apa yang baik dikonsumsi  buat orang yang mengalami prediabetes? Faktanya, 90 persen orang tidak mengetahui kalau dia mengidap prediabetes. Seseorang berada di risiko mengalami prediabetes jika berusia di atas 45 tahun, tidak berolahraga, dan memiliki keluarga dengan riwayat diabetes.

Prediabetes adalah suatu kondisi dengan kadar gula darah (glukosa darah) yang lebih tinggi dari normal, tetapi kadarnya lebih rendah dari kondisi diabetes. Menurut National Institute for Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, pola makan yang tepat dapat mencegah seseorang yang mengidap prediabetes terkomplikasi menjadi diabetes.

Tidak Perlu Obat, Cukup Atur Pola Makan

Dalam kebanyakan kasus, pengidap prediabetes tidak membutuhkan obat yang diperlukan adalah perencanaan diet yang tepat termasuk pemilihan gaya hidup. Olahraga sudah pasti menjadi rencana bagian dari pola hidup sehat yang semestinya dijalani oleh pengidap prediabetes. 

Olahraga dan tidak merokok adalah dua aktivitas sehat yang dianjurkan untuk dilakukan. Selain kontrol berat badan, asupan nutrisi tertentu dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: Kenali Perbedaan Prediabetes dan Diabetes

Beberapa rekomendasi jenis makanan yang disarankan adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, makan lebih banyak biji-bijian alih-alih olahan, dan mengganti minyak biasa menjadi minyak zaitun sebagai upaya menurunkan risiko diabetes. 

Membatasi jenis makanan tertentu juga diperlukan seperti permen, makanlah makanan rendah karbohidrat dan hindari karbohidrat olahan, contohnya roti putih dan pasta. Lemak tidak sehat dari makanan yang digoreng dan daging berlemak adalah contoh makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. 

The Centers for Disease Control and Prevention telah mengembangkan program perubahan pola makan dan gaya hidup yang dianjurkan untuk pengidap prediabetes demi mengurangi risiko terkena diabetes.

Pola tersebut meliputi nutrisi, aktivitas fisik, mengelola stres, serta menyesuaikan pilihan sehat dengan gaya hidup dan keluarga. Beberapa tips pengolahan makanan sehat yang direkomendasikan adalah:

  1. Memilih buah ketimbang dessert manis.

  2. Mengukus, memanggang, ketimbang mengolah makanan dengan cara menggoreng.

  3. Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak biasa.

  4. Mengganti ikan ketimbang daging merah sebagai sumber protein.

Ingin tahu lebih banyak mengenai pola makan sehat yang dianjurkan untuk pengidap prediabetes, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Memahami Risiko Prediabetes

Ketika beberapa orang mengetahui bahwa mereka mengidap prediabetes dan juga kelebihan berat badan, maka memotong kalori adalah suatu keharusan. Kemudian, kamu mulai harus memerhatikan dampak makanan tertentu untuk kadar glukosa darah seolah-olah kamu sudah mengidap diabetes.

Walaupun mungkin terdengar mengkhawatirkan, tetapi orang-orang yang melakukan diet prediabetes dapat makan apa saja yang mereka inginkan, asalkan mereka memperhatikan ukuran porsi dan mengikuti rencana pola makan sehat dan seimbang. 

Baca juga: Diabetes Sebabkan Serangan Jantung, Ini Alasannya

Diabetes berkembang tahap demi tahap. Jadi, ketika kamu berada di tahap prediabetes, kadar glukosa darah lebih tinggi dari yang seharusnya. Meskipun kamu mungkin tidak melihat gejala yang signifikan, umumnya kamu mulai memerhatikan beberapa perubahan sebagai berikut: 

  1. Lebih lapar dari biasanya.

  2. Kehilangan berat badan, meskipun makan lebih banyak.

  3. Rasa haus yang melebihi biasanya.

  4. Berkemih alias buang air kecil lebih sering.

  5. Merasa lebih lelah dari biasanya.

Referensi:

The Healthy.com. Diakses pada 2019. The Worst Prediabetes Diet Foods You’re Still Eating
The Ayurveda Experience. Diakses pada 2019. Prediabetes Symptoms, Causes + Ayurvedic Treatment For Prediabetes.
Lark.com. Diakses pada 2019. The Best Prediabetes Diet for 2020.