Remaja Perlu Tahu, 6 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
deteksi dini kanker payudara

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara biasanya baru akan disadari ketika sudah berada dalam stadium lanjut. Jika hal ini sudah terjadi, kanker akan sulit diobati. Maka dari itu, deteksi dini sangatlah penting, agar kemunculan kanker di tahap awal dapat diketahui dan diatasi dengan tepat. Berbagai metode pemeriksaan dapat dilakukan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Berikut ini  6 langkah yang dapat kamu lakukan di rumah.

Baca juga: 3 Komplikasi Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

Begini Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara dapat terjadi ketika sel-sel yang berada dalam payudara tumbuh tidak terkendali. Semakin cepat keberadaan sel-sel abnormal ini diketahui, maka penyebaran kanker dapat dicegah dengan cepat. Pada awalnya, sel-sel ini membentuk tumor seperti benjolan. Jangan salah, tak hanya wanita yang mengidap penyakit ini, pria juga bisa terserang kanker payudara.

Langkah deteksi dini kanker payudara yang dapat kamu praktikkan di rumah:

  1. Berdiri tegak, perhatikan apakah ada perubahan bentuk payudara. Apakah ada pembengkakan atau perubahan pada puting payudara. Namun, jika besar payudara tidak sama antara kanan dan kiri. Jangan khawatir, karena hal ini memang terjadi pada semua wanita.

  2. Angkat kedua tangan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan berada di belakang kepala. Pada posisi tangan ditekuk di belakang kepala, kemudian gerakan tangan ke depan dan ke belakang secara perlahan dan bergantian. Gerakan tersebut untuk melihat adanya perubahan bentuk dan ukuran payudara.

  3. Letakkan kedua tangan pada pinggang, kemudian bungkukkan badan, dan dorong tangan ke depan. Kemudian, kencangkan otot pada dada.

  4. Angkat tangan kiri ke atas, dan tekuk tangan sampai memegang bagian atas punggung. Kemudian, raba dan tekan payudara kiri dengan menggunakan tangan kanan. Cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.

  5. Tarik kedua puting, apakah ada cairan yang keluar dari dalam. Jika ada, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus dijalani.

  6. Posisikan tubuh telentang dan letakkan bantal di bawah pundak kanan. Kemudian, angkat tangan kanan ke atas, cermati payudara kanan raba payudara. Raba dengan menggunakan ujung jari hingga ke area ketiak.

Baca juga: Kenali 6 Ciri Kanker Payudara

Jika serangkaian cara tersebut telah kamu lakukan dan menemukan kejanggalan pada bentuk payudaramu, segera temui dokter. Dokter biasanya akan langsung melakukan langkah guna mendiagnosis penyakit apa yang sedang kamu alami. Dengan langkah awal di tas, kamu dapat dengan mudah mendeteksi adanya gejala kanker payudara.

Sebaiknya, lakukan deteksi dini kanker payudara beberapa hari setelah siklus menstruasi selesai. Hal ini dikarenakan perubahan hormon saat menstruasi akan memengaruhi bentuk pada payudara. Jadi, deteksi dini kanker payudara paling tepat dilakukan ketika payudara berada pada kondisi yang normal.

Sebelum Mengidap Kanker Payudara, Lakukan Kebiasaan Berikut

Langkah pencegahan kanker payudara dapat dengan mudah kamu lakukan dengan langkah berikut ini:

  • Batasi konsumsi alkohol.

  • Lakukan olahraga secara teratur.

  • Batasi terapi hormon.

  • Jaga berat badan ideal.

  • Lakukan diet sehat.

Baca juga: Payudara Sudah Diangkat, Kanker Tetap Menyebar? 

Selain itu, hindari makanan pemicu kanker payudara. Makanan yang menjadi pemicu kanker payudara, yaitu konsumsi daging merah yang dibakar, konsumsi susu tinggi lemak dan berbagai produk olahan susu, konsumsi daging yang sudah mengalami proses pengawetan, serta konsumsi terlalu banyak gula. Jangan lupa untuk mendeteksi dini adanya gejala kanker payudara, penanganan tepat akan menghindarimu dari komplikasi yang membahayakan.

Referensi:
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2019. Enam Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What to Know About Breast Cancer.