• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rendah Kalori, Ini 5 Camilan Sehat untuk Diet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rendah Kalori, Ini 5 Camilan Sehat untuk Diet

Rendah Kalori, Ini 5 Camilan Sehat untuk Diet

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Selain memilih makanan utama yang lebih sehat, kamu juga perlu menentukan camilan yang sehat untuk diet. Walaupun kelihatannya sedikit, memilih camilan yang salah bisa memberikan ekstra kalori yang pada akhirnya menggagalkan diet kamu.”

Rendah Kalori, Ini 5 Camilan Sehat untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Saat menjalankan diet, biasanya orang lebih fokus memilih makanan utama yang lebih sehat. Padahal, banyak juga orang yang gagal diet karena tidak memilih camilan yang sehat. Camilan memang kelihatannya sedikit, tetapi memilih camilan yang salah juga bisa membuat kamu kelebihan kalori.

Itu sebabnya, kamu juga perlu menentukan jenis camilan yang rendah kalori supaya diet yang kamu jalani berjalan dengan lancar. Nah, kalau kamu sedang bingung mencari alternatif camilan sehat untuk diet, simak penjelasan di bawah ini!

Camilan Rendah Kalori untuk Diet

Melansir dari Medical News Today, makanan-makanan sehat di bawah ini bisa dijadikan camilan untuk kamu yang sedang menjalani diet:

1. Apel

apel

Buah yang satu ini sering sekali dijadikan camilan saat menjalankan diet. Menurut United States Department of Agriculture, satu apel berukuran sedang menyediakan 20 persen serat. 

Hal ini sudah cukup memenuhi kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Jika kamu bosan makan apel saja, kamu bisa mencelupkan irisan apel ke dalam kacang tanpa tambahan gula. 

2. Keju rendah lemak

keju rendah lemak

Kabar baik bagi pecinta keju, makanan yang satu ini juga bisa dijadikan camilan sehat lho! Namun, pastikan bahwa keju yang kamu konsumsi bebas dari tambahan gula dan rendah lemak.

Produk keju rendah lemak adalah sumber protein, kalsium, vitamin dan mineral yang baik. Keju rendah lemak juga mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan keju penuh lemak, sehingga cocok dijadikan camilan sehat. 

3. Kacang

kacang

Kalau makanan yang satu ini, mungkin sudah sering kamu konsumsi sebagai camilan. Tapi tahukah kamu ternyata kacang termasuk camilan yang sehat sekaligus mengenyangkan? Kacangan menyediakan protein dan lemak baik. Nah, saat ingin mengonsumsi kacang, pastikan tidak ada tambahan garam maupun gula ya. 

Sebaiknya, hindari pula kacang yang dimasak dan ditambahkan dengan rasa. Sebab, penambahan rasa ini juga  sering mengandung gula atau garam. Pilih lah kacang mentah atau panggang kering sebagai gantinya. Namun, kacang-kacangan relatif tinggi kalori, sehingga kamu hanya boleh makan dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan.

4. Yogurt

yogurt

Greek yogurt mengandung tinggi protein dan kalsium namun rendah lemak dan kalori. Oleh sebab itu, kamu masih aman jika ingin menambahkan buah atau kacang segar ke dalam Greek yogurt untuk menambah rasa dan nilai gizi. Hindari memilih Greek yogurt dengan rasa karena umumnya mengandung gula tambahan. Pilihan terbaik adalah Greek yogurt dengan varian “plain”.

5. Edamame

edamame

Edamame adalah jenis kacang polong yang juga sering dijadikan camilan. Serupa dengan kacang-kacangan lainnya, edamame merupakan sumber serat dan protein. Bukan itu saja, edamame juga tinggi potasium, zat besi, dan magnesium. Mengonsumsi edamame di antara waktu makan bisa membuat kamu kenyang lebih lama lho!

Itulah pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi saat diet. Jika mengalami keluhan kesehatan, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 9 healthful snacks to eat for weight loss.
Healthline. Diakses pada 2022. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight.