Rheumatoid Arthritis Disebabkan Udara Dingin, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
rheumatoid-artitis-disebabkan-udara-dingin-benarkah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bagi beberapa pengidap rheumatoid arthritis, udara yang dingin mungkin menjadi musuh yang paling dihindari. Bagaimana tidak. Udara dingin seperti saat hujan bisa menyebabkan penyakit persendian tersebut kambuh, apalagi bila pengidap mandi di malam hari dengan air dingin, maka rasa nyerinya bisa semakin parah. Lantas, mengapa rheumatoid arthritis bisa kambuh di saat udara dingin? Benarkah jenis arthritis tersebut disebabkan oleh udara dingin? Yuk, cari tahu penjelasannya di sini.

Baca juga: Sakit Rematik Dilarang Mandi Air Dingin Malam Hari, Benarkah?

Sekilas Tentang Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis atau yang lebih dikenal juga dengan istilah rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri akibat otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan. Rheumatoid arthritis termasuk kondisi autoimun karena terjadi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Beberapa gejala rematik yang biasanya dirasakan oleh pengidap adalah sendi menjadi bengkak, terasa kaku, nyeri, serta kulit memerah dan terasa panas. Secara umum, rheumatoid arthritis tidak bisa sembuh total, tetapi dengan mengonsumsi obat-obatan, gejala, dan perkembangannya bisa diredakan.

Baca juga: Bisa Ganggu Aktivitas, Ini 6 Fakta Tentang Rheumatoid Arthritis

Hubungan Rheumatoid Arthritis dengan Udara Dingin

Beberapa pengidap rheumatoid arthritis sering mengeluhkan gejala nyeri sendinya kambuh saat perubahan cuaca terjadi, yaitu saat cuaca dingin. Namun, tidak semua pengidap merasakan hal tersebut. Oleh karena itu, hal ini masih menjadi perdebatan apakah rheumatoid arthritis bisa disebabkan oleh udara dingin. Penelitian dari Tufts University mengungkapkan bahwa rematik bisa kambuh saat cuaca dingin akibat perubahan tekanan udara. 

Bayangkan bila jaringan yang ada di sekitar sendi seperti balon besar yang berisi sendi. Ketika hujan turun, maka tekanan udara di lingkungan juga akan menurun dan menekan tubuh hingga jaringan di sekitar sendi semakin membesar. Kondisi ini menyebabkan beban sendi bertambah, sehingga muncullah rasa nyeri.

Selain perubahan tekanan udara, penelitian lain mengemukakan bahwa kambuhnya rheumatoid arthritis berhubungan dengan depresi. Saat hujan turun, cuaca yang dingin dan langit yang gelap membuat orang mudah depresi yang terkait erat dengan rasa sakit. Orang-orang juga kurang termotivasi untuk berolahraga ketika cuaca dingin, padahal olahraga dapat membantu mengontrol rasa sakit.

Namun, studi lain menemukan bahwa hanya sedikit atau tidak ada hubungan sama sekali antara cuaca dan nyeri sendi. Abby Abelson, MD, ketua departemen penyakit rematik dan imunologi di Cleveland Clinic di Ohio mengungkapkan bahwa tidak ditemukan hubungan antara cuaca dan nyeri arthritis setelah mengamatinya lewat uji klinis.

Tips Meredakan Rheumatoid Arthritis Saat Udara Dingin

Meski demikian, meningkatnya rasa nyeri pada pengidap rheumatoid arthritis saat cuaca dingin tidak bisa dianggap tidak nyata. Karena itu, berikut ini tips untuk meringankan nyeri rematik saat cuaca dingin:

  • Olahraga

Olahraga merupakan cara yang cukup efektif untuk mengurangi radang sendi akibat rheumatoid arthritis. Namun, sebaiknya hindari latihan yang berintensitas tinggi atau high impact. Pengidap rematik dianjurkan untuk memilih latihan peregangan dan kelenturan. Berenang juga baik untuk mengurangi rasa nyeri akibat RA.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Nyeri Sendi

  • Beristirahat

Penelitian menunjukkan bahwa kurang istirahat bisa memperburuk rasa nyeri dan suasana hati pengidap rematik. Jadi, untuk meringankan rheumatoid arthritis, pengidap dianjurkan untuk beristirahat.

  • Gunakan Pemanas

Mengompres sendi yang sakit dengan bantal pemanas atau mandi air hangat bisa mengontrol rasa sakit rheumatoid arthritis.

  • Pakai Baju Hangat dan Kaus Kaki

Saat cuaca dingin, jaga tubuh kamu tetap hangat dengan menggunakan pakaian yang cukup tebal, sweater atau jaket, selimut, dan kaus kaki.

Itulah penjelasan mengenai rheumatoid arthritis dan udara dingin. Bila kamu mempunyai masalah dengan persendian dan ingin minta saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Weather Channel. Diakses pada 2019. Does Cold Weather Cause Joint Pain?