• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Risiko Diabetes Bisa Dipengaruhi Faktor Genetik

Risiko Diabetes Bisa Dipengaruhi Faktor Genetik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Risiko Diabetes Bisa Dipengaruhi Faktor Genetik

Halodoc, Jakarta – Sebagai penyakit yang kompleks, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab diabetes. Salah satu faktor yang perlu diwaspadai adalah faktor genetik alias keturunan. Jadi, jika kamu memiliki anggota keluarga dengan riwayat kondisi yang sering disebut “penyakit gula” ini, penting untuk waspada.

Lantas, mengapa risiko diabetes bisa dipengaruhi oleh faktor genetik? Bisakah penyakit ini dicegah meski memiliki faktor tersebut? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 2

Mengapa Faktor Genetik Memengaruhi Risiko Diabetes?

Meski bukan jadi penentu utama, memiliki faktor genetik membuat seseorang lebih berisiko terkena diabetes. Mengutip laman American Diabetes Association, para ahli menemukan adanya hubungan antara mutasi genetik dan risiko yang lebih tinggi. 

Tidak semua orang yang memiliki mutasi genetik tersebut sudah pasti akan terkena diabetes. Namun, tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang memiliki satu atau lebih mutasi genetik tersebut, mengidap penyakit ini di kemudian hari.

Beberapa mutasi gen yang memengaruhi risiko terkena diabetes adalah gen yang mengontrol produksi gula darah, produksi dan regulasi insulin, serta pendeteksian kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk diketahui, beberapa gen yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 adalah:

  • TCF7L2 (gen yang memengaruhi sekresi insulin dan produksi gula darah).
  • ABCC8 (gen yang membantu regulasi insulin).
  • CAPN10 (gen yang berhubungan dengan risiko pada ras tertentu).
  • GLUT2 (gen yang membantu proses masuknya gula darah ke pankreas).
  • GCGR (hormon glukagon yang memengaruhi regulasi gula darah).

Mutasi pada gen-gen tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes pada seseorang. Namun, ada banyak faktor lain yang perlu diwaspadai, seperti indeks massa tubuh (BMI), tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan riwayat diabetes gestasional. 

Baca juga: Tips Sehat Bagi Pengidap Diabetes Saat Pandemi

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Pencegahan? 

Seperti dijelaskan tadi, salah satu faktor risiko diabetes adalah genetik atau keturunan. Namun, tidak semua orang dengan faktor genetik terkena penyakit ini. Alih-alih hanya fokus pada faktor genetik, ada faktor lingkungan yang perlu diwaspadai.

Jadi, meski kamu memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini, kamu masih bisa melakukan upaya pencegahan. Upaya yang dimaksud adalah menjalani gaya hidup sehat. 

Berikut ini beberapa tips pencegahan yang bisa dilakukan:

  1. Olahraga Rutin

Malas gerak alias mager bisa dibilang menjadi awal dari banyak dampak buruk pada tubuh. Jika dijadikan gaya hidup, bisa-bisa terjadi obesitas dan risiko semakin meningkat. Oleh karena itu, cobalah untuk mulai berolahraga rutin atau perbanyak aktivitas fisik.

Misalnya, pilihlah naik tangga ketimbang naik lift, atau pilihlah berjalan kaki untuk menempuh jarak dekat, ketimbang naik ojek online. Perubahan kecil tersebut dapat membuat tubuh kamu jadi lebih sehat. Lebih bagus lagi jika kamu rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. 

Baca juga: Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Setiap makanan yang kamu konsumsi berpengaruh terhadap kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang setiap harinya. Kurangi juga asupan makanan dan minuman manis, serta sebisa mungkin olah makananmu sendiri. 

Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa menakar bahan dan bumbu yang kamu gunakan. Hal ini tentu lebih baik ketimbang mengonsumsi makanan olahan atau siap saji.  

Selain makanan utama, perhatikan juga konsumsi camilan kamu. Gantilah kue-kue manis dan gorengan dengan camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. 

Itulah penjelasan mengenai risiko diabetes dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Bila kamu memiliki faktor genetik, selain menjalani gaya hidup sehat, penting juga untuk melakukan pemeriksaan rutin. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, jika ingin menjalani pemeriksaan.

Referensi:
American Diabetes Association. Diakses pada 2021. Genetics of Diab.
The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2021. Risk Factors For Type 2 Diab.
Healthline. Diakses pada 2021. Is Type 2 Diab Caused by Genetics?