• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Risiko Obesitas pada Bayi yang Minum Susu Formula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Risiko Obesitas pada Bayi yang Minum Susu Formula

Risiko Obesitas pada Bayi yang Minum Susu Formula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Oktober 2022

“Obesitas pada bayi adalah masalah yang serius. Salah satu yang dapat meningkatkan risikonya adalah pemberian susu formula.”

Risiko Obesitas pada Bayi yang Minum Susu FormulaRisiko Obesitas pada Bayi yang Minum Susu Formula

Halodoc, Jakarta – Susu formula sering dikaitkan dengan risiko obesitas pada bayi. Konon, semakin banyak susu formula yang diberikan, semakin tinggi risikonya.Namun, alasan jelas di balik kaitan keduanya masih belum diketahui secara pasti. 

Beberapa ahli berteori bahwa pemberian susu formula di botol mendorong pemberian makan berlebih. Ada pula anggapan bahwa ini karena susu formula tidak memiliki faktor spesifik dalam ASI yang membantu mengatur nafsu makan bayi. 

Susu Formula dan Risiko Obesitas pada Bayi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), banyak penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko obesitas pada bayi. 

Bayi yang disusui (dalam jumlah berapa pun) selama sembilan bulan memiliki risiko obesitas 30 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang diberi susu formula secara eksklusif. Pemberian ASI eksklusif ini juga tampaknya menawarkan perlindungan yang lebih besar daripada kombinasi pemberian ASI dan susu formula. 

Sebuah penelitian pada 2015 yang diterbitkan di Maternal and Child Health Journal, dilakukan terhadap anak-anak sekolah Kanada. Para peneliti menemukan bahwa bayi yang diberi susu formula dan yang menerima kombinasi susu formula dan ASI memiliki risiko kelebihan berat badan dan obesitas yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya menerima ASI. 

Tips untuk Mengurangi Risiko Bayi Obesitas

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua bayi yang diberi susu formula mengalami obesitas. Sama halnya seperti tidak semua bayi yang diberi ASI memiliki berat badan yang sehat. 

Meski banyak penelitian yang membahasnya, alasan di balik kaitan antara susu formula dan obesitas pada bayi masih perlu dipelajari. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengurangi risiko bayi obesitas:

  • Perhatikan Isyarat dan Sinyal dari Bayi. Termasuk isyarat lapar dan tanda-tanda kenyang. Berhentilah memberi susu ketika bayi tampak kurang antusias, meski masih ada susu yang tersisa di botol.
  • Berikan Susu Botol secara Bertahap. Pegang bayi dalam posisi tegak, dan rangsang refleks rootingnya. Tunggu bayi menarik dot botol ke dalam mulutnya, dan sering-seringlah memberi jeda saat menyusu.
  • Pilih Ukuran Botol yang Tepat. Menggunakan botol yang terlalu besar dapat menyebabkan pemberian makan yang berlebihan, yang mengarah pada peningkatan risiko obesitas pada bayi.  
  • Perkenalkan MPASI Tidak Lebih Cepat dari Usia 6 Bulan. Kecuali ada indikasi medis atau rekomendasi dokter, sebaiknya tunda pemberian MPASI hingga bayi berusia setidaknya 6 bulan.
  • Batasi Pemberian Jus Buah. Ingat, bayi tidak membutuhkan jus. Buah segar adalah sumber nutrisi yang lebih baik daripada jus buah. Jika ibu memilih untuk memberikan jus pada bayi, tunggulah hingga ia berusia minimal 6 bulan dan berikan hanya jus murni tanpa tambahan gula, dan batasi penyajiannya tidak lebih dari 100-170 gram per hari.
  • Beri Bayi Makanan Sehat. Makanan sehat yang dimaksud mencakup makanan kaya zat besi, selain berbagai buah dan sayuran. 

Itulah pembahasan mengenai risiko obesitas pada bayi dan pemberian susu formula. Dapat diketahui bahwa ada peningkatan risiko obesitas jika bayi diberi susu formula, tetapi obesitas juga bisa terjadi pada bayi yang diberi ASI sekalipun. 

Hal yang terpenting adalah memerhatikan kecukupan asupan, dan jangan sampai overfeeding. Jika bayi mengalami gejala masalah kesehatan apapun, segera download Halodoc agar bisa membuat janji medis dengan dokter anak. 

Referensi:
CDC. Diakses pada 2022. The CDC Guide to Strategies to Support Breastfeeding Mothers and Babies.
Maternal and Child Health Journal. Diakses pada 2022. Breast, Formula and Combination Feeding in Relation to Childhood Obesity in Nova Scotia, Canada.
Baby Gooroo. Diakses pada 2022. Are Formula-Fed Babies At Greater Risk For Obesity?
Belly Belly. Diakses pada 2022. 4 Ways Formula Feeding May Increase The Risk Of Obesity.