• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Road Trip dengan Anjing Kesayangan, Persiapkan 4 Hal Ini

Road Trip dengan Anjing Kesayangan, Persiapkan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Road Trip dengan Anjing Kesayangan, Persiapkan 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Saat akan bepergian jauh, beberapa orang tidak tega untuk menitipkan anjing peliharaannya di tempat penitipan hewan. Terlebih lagi jika perjalanan yang dilakukan tidak sebentar dan menggunakan jalur darat. Road trip dengan anjing peliharaan dapat meningkatkan ikatan antara pemilik dengan hewan tersebut saat menghabiskan waktu bersama. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan saat road trip dengan anjing? Ketahui selengkapnya di sini!

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Road Trip dengan Anjing

Perjalanan jauh akan terasa lebih menyenangkan jika seluruh anggota keluarga, termasuk hewan peliharaan, ikut dalam liburan tersebut. Tentu perjalanan ini akan menjadi penghilang rasa stres setelah beberapa lama tidak menghabiskan waktu di luar rumah. Kebanyakan orang akan membawa anjing peliharaannya saat melakukan perjalanan darat, terutama dengan mobil.

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan road trip dengan anjing. Pasalnya, bisa saja anjing mengalami ketakutan atau stres di perjalanan bahkan mengganggu kamu saat sedang mengendarai mobil. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan beberapa hal ketika melakukan perjalanan jauh dengan hewan peliharaan berbulu itu. Berikut ini beberapa hal tersebut:

1. Siapkan Kandang Hewan

Hal pertama yang harus dilakukan saat road trip dengan anjing adalah memastikan untuk mengendalikan dan membatasi gerakannya di dalam mobil. Pastikan untuk tidak membiarkan anjing berkeliaran di sekitar mobil tanpa terkendali. Pertimbangkan untuk memasukkan anjing ke dalam kandang, terlebih jika ia tidak terbiasa di dalam mobil. Dengan begitu, kamu lebih fokus untuk menyetir dibandingkan memperhatikan hewan peliharaan agar tidak mengalami kecelakaan. Kamu juga dapat membuat pagar batas di bangku belakang jika ukurannya cukup besar.

2. Persiapkan Peralatan Pembersih

Beberapa anjing, terutama yang masih anak-anak, kerap kesulitan untuk melewati perjalanan yang jauh. Maka dari itu, kamu harus memastikan untuk berhenti secara teratur agar anjing dapat menghirup udara dari ruangan terbuka dan juga buang air. Anjing juga dapat mengalami mabuk kendaraan, maka pastikan untuk membawa tisu pembersih dan perlengkapan pembersih lainnya. Dengan begitu, kebersihan dan kenyamanan tempat dirinya berada selama road trip dengan anjing peliharaan tetap terjaga.

Baca juga: Anjing Peliharaan Punya Napas yang Bau? Ini Penyebabnya

3. Bawa Mainan dan Kudapan

Anjing mungkin saja bosan selama perjalanan karena jarak yang ditempuh jauh. Cara mengatasinya adalah dengan membawa mainan serta kudapan favoritnya agar ia terus merasa tenang selama perjalanan. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari anjing agar tidak stres. Dengan begitu, rasa bahagia tetap terjaga karena mainan favoritnya ada di dekatnya dan rasa kenyang membuatnya lebih mudah untuk istirahat.

4. Temui Dokter Hewan

Sebelum road trip dengan anjing dimulai, ada baiknya untuk menemui dokter hewan untuk memastikan kesehatan hewan peliharaanmu. Kamu harus memastikan jika dirinya dalam keadaan sehat dan telah mendapatkan semua vaksin yang sudah seharusnya diterima. Kamu juga dapat membawa catatan medis jika ada dan obat-obatan yang berhubungan dengan penyakitnya. Jika ia dirasa tidak dalam keadaan sehat, sebaiknya diletakkan di tempat penitipan hewan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu berencana untuk melakukan road trip dengan anjing kesayangan. Pastikan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan selama perjalanan dilakukan. Hal tersebut penting untuk menjaga keselamatan semuanya saat perjalanan jauh dilakukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengajarkan Toilet Training pada Anjing?

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait hal tersebut, dokter hewan dari Halodoc dapat membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa menikmati fitur baru tersebut tanpa perlu ke luar dari rumah yang dapat meningkatkan risiko terserang virus corona. Nikmati kemudahan akses kesehatan tersebut sekarang juga!

Referensi:
Wiki How. Diakses pada 2020. How to Travel by Car with Your Dog.
Growing Up Bilingual. Diakses pada 2020. 5 Tips For Preparing Your Car For A Road Trip With Your Dog.