16 August 2018

Roller Sport Juga Bisa Jadi Olahraga yang Seru untuk Anak

Roller sport, skateboard, roller skate, sepatu roda, manfaat skateboard, manfaat sepatu roda

Halodoc, Jakarta – Roller sport adalah satu di antara cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 nanti. Cabang ini menjadi olahraga resmi yang dipertandingkan pada ajang Internasional setelah Komite Olimpiade Internasional (OCA) menyetujuinya tahun 2007.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah  

Roller sport adalah olahraga yang menggunakan kendaraan bertenaga manusia, baik digunakan dengan teknik gravitasi atau mendorong. Sebenarnya, ada banyak jenis roller sport yang bisa dilakukan. Namun pada Asian Games 2018 nanti, jenis roller sport yang akan dipertandingkan hanyalah skateboarding dan roller skate. Lantas, apa sih perbedaan antara dua jenis roller sport tersebut? Ini jawabannya.

1. Skateboard

Ini adalah jenis roller sport yang menggunakan sebuah papan beroda empat untuk aktivitas meluncur. Olahraga ini dilakukan dengan meletakkan salah satu kaki di atas papan, lalu kaki lainnya digunakan untuk mendorong papan agar bisa meluncur. Sama halnya seperti sepatu roda, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak, asalkan mendapatkan pendampingan khusus dari orangtua. Terlebih jika Si Kecil belum terbiasa menggunakan skateboard. Selain menyenangkan, berikut ini manfaat skateboarding bagi Si Kecil:

  • Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh Si Kecil.
  • Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi otot-otot tubuh.
  • Salah satu cara untuk latihan aerobik dengan risiko cedera yang lebih rendah dibanding olahraga lari. Hal ini disebutkan oleh studi dari Universitas Massachusetts, Amerika Serikat.
  • Membantu mengendalikan berat badan Si Kecil, sehingga membuatnya terhindar dari risiko obesitas. Saat bermain skateboard, kalori yang terbakar adalah sekitar 330-600 kalori per jam.

2. Roller Skate

Nama lain dari roller skate adalah sepatu roda. Meski banyak yang melakukan aktivitas fisik ini, tidak banyak yang mengetahui bahwa bermain sepatu roda adalah jenis olahraga. Bahkan selain menyenangkan, olahraga ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Lantas, apa saja sih manfaat bermain sepatu roda?

  • Membakar kalori, sehingga menurunkan risiko obesitas pada Si Kecil. Rata-rata, kalori yang terbakar saat bermain sepatu roda selama 1 jam adalah 500 kalori.
  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Sebab saat melakukannya, kamu perlu menyeimbangan gerak tubuh agar tidak terjatuh dan bisa berjalan atau berlari dengan sepatu roda.
  • Menyehatkan jantung. Ini karena bermain sepatu roda bisa melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga bisa menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit jantung.
  • Melatih konsentrasi dan saraf motorik. Sebab, dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik saat bermain sepatu roda. Bermain sepatu roda juga bisa melatih kerja saraf motorik, karena otot-otot kaki, tangan, dan tubuh akan bekerja secara bersamaan untuk membantu kamu bergerak saat menggunakan sepatu roda.

Baca juga: 4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

Meskipun kedua olahraga ini seru dilakukan bersama anak, ibu tidak boleh lupa untuk mengajari Si Kecil pemanasan dan pendinginan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot-otot tubuh sebelum bermain sepatu roda dan mencegah terjadinya cedera. Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi Si Kecil saat bermain sepatu roda, sebelum ia benar-benar bisa melakukannya sendiri.

Itulah manfaat skateboarding dan roller skate bagi kesehatan anak. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar roller sport lainnya, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!