Rutin Berolahraga Bisa Cegah Delirium, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
rutin-berolahraga-bisa-cegah-delirium-kok-bisa

Halodoc, Jakarta - Gangguan mental enggak cuma menyoal stres dan depresi saja. Sebab, masih banyak hal penyakit lainnya yang berkaitan dengan psikis seseorang, contohnya delirium. Bagi kamu yang masih asing, delirium merupakan gangguan mental serius yang bisa membuat pengidapnya mengalami kebingungan parah. Bahkan, bisa menyebabkan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Kok bisa?

Ternyata, gangguan mental ini dipicu oleh perubahan yang begitu cepat dalam fungsi otak yang terjadi bersama dengan penyakit mental dan fisik. Nah, hal inilah yang nantinya akan membuat pengidapnya mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, berpikir, mengingat, ataupun tidur.

Lantas, bagaimana sih mencegah penyakit ini? Benarkah rutin berolahraga bisa mencegah delirium?

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Seseorang Saat Terkena Delirium

Olahraga Bisa Cegah Delirium?

Sebenarnya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah delirium. Misalnya:

  • Perhatikan kondisi kesehatan seseorang, terutama orang lanjut usia dan anak-anak.

  • Hindari penggunaan obat yang meningkatkan risiko delirium, seperti ranitidin, digoksin, ciprofloxacin, kodein, amitriptilin (antidepresan), ataupun benzodiazepine.

  • Hindari konsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang.

  • Rutin kontrol ke dokter jika memiliki riwayat penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, ataupun gagal ginjal.

  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta cukupi kebutuhan cairan tubuh.

  • Atasi infeksi dengan segera mencari pertolongan dokter.

Terakhir, miliki pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Nah, lalu apa hubungannya olahraga dengan pencegahan penyakit ini?

Ingat, gangguan mental ini dipicu oleh perubahan yang begitu cepat dalam fungsi otak yang terjadi bersama dengan penyakit mental dan fisik. Nah, olahraga sendiri memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan mental dan fisik.

Untuk fisik, olahraga bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit, tak cuma delirium saja. Di samping itu, olahraga juga bisa membuat tubuh tetap fit dan bugar, meningkatkan daya pikir, hingga merangsang pertumbuhan ideal. Bagaimana manfaat olahraga bagi kondisi mental seseorang?

Menyoal psikis, olahraga bisa mengatasi depresi dan kecemasan, mengurangi stres, meningkatkan fungsi otak, hingga meningkatkan mood. Nah, manfaat-manfaat olahraga inilah yang bisa menjauhkan kita dari penyakit mental dan fisik yang bisa menyebabkan delirium.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Delirium yang Sebabkan Mental Terganggu

Ditandai Sederet Gejala

Gejala delirium seringkali tidak khas. Pasalnya, pengidap penyakit ini bisa menunjukkan gejala perubahan kondisi mental dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Nah, berikut beberapa gejala yang bisa dialami oleh pengidapnya.

  • Gangguan emosional, seperti gelisah, takut atau paranoid, depresi, mudah tersinggung, apatis, perubahan mood mendadak, dan perubahan kepribadian.

  • Perubahan perilaku, seperti mengalami halusinasi, gelisah dan berperilaku agresif, mengeluarkan suara mengerang atau memanggil, menjadi pendiam dan menutup diri, pergerakan menjadi lebih lambat, serta terganggunya kebiasaan tidur.

  • Berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya, seperti sulit fokus pada topik atau mengganti topik pembicaraan, mudah teralihkan oleh hal yang tidak penting, dan suka melamun, sehingga tidak bereaksi terhadap hal yang terjadi di sekitarnya.

  • Kemampuan berpikir yang buruk (gangguan kognitif), seperti buruknya daya ingat terutama untuk jangka pendek, disorientasi, kesulitan berbicara atau mengingat kata-kata, bicara bertele-tele, serta kesulitan dalam memahami pembicaraan, membaca, dan menulis.

Memiliki masalah psikis atau mental? Kamu bisa kok bertanya langsung pada psikolog atau dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!