• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Konsumsi Minyak Ikan, Apa Manfaatnya?

Rutin Konsumsi Minyak Ikan, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Rutin Konsumsi Minyak Ikan, Apa Manfaatnya?

“Saat masih kecil, kamu mungkin ingat bahwa minyak ikan adalah salah satu suplemen yang paling sering diberikan. Ini karena minyak ikan memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Ia juga kaya akan omega-3, vitamin A, dan vitamin D sehingga cocok dikonsumsi setiap hari oleh siapa saja.”


Halodoc, Jakarta - Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari ikan. Umumnya, jenis ikan yang digunakan adalah golongan ikan berminyak, seperti herring, tuna, teri, dan mackerel. Namun, kadang-kadang bisa juga dihasilkan dari hati ikan lain, seperti halnya minyak hati ikan kod.

Mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan per minggu dapat memberikan asupan asam lemak omega-3 yang menjadi kebutuhan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika kamu tidak makan 1 hingga 2 porsi ikan per minggu, maka sebagai penggantinya, konsumsi minyak ikan dapat membantu kamu mendapatkan asupan omega-3 yang dibutuhkan. 

Ketahui lebih banyak manfaat minyak ikan berikut ini!

Baca juga: 4 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

Manfaat Konsumsi Minyak Ikan 

Sekitar 30 persen minyak ikan terdiri dari omega-3, sedangkan 70 persen sisanya terdiri dari lemak lainnya. Selain omega-3, minyak ikan biasanya mengandung beberapa vitamin A dan D. Penting untuk diketahui kalau jenis omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar, daripada omega-3 yang ditemukan pada tumbuhan. 

Omega-3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega-3 dalam sumber nabati masuk kategori asam alpha-linolenic (ALA). Meskipun ALA adalah asam lemak esensial, tetapi EPA dan DHA memiliki lebih banyak manfaat buat kesehatan. 

Jika kamu membutuhkan suplemen minyak ikan, kini jami bisa dengan mudah mendapatkannya di Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan kamu bisa segera tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh 

Berikut adalah manfaat minyak ikan untuk kesehatan:

Menjaga dan Mendukung Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan, maka ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berbagai faktor risiko penyakit jantung tampaknya dapat dikurangi dengan konsumsi ikan atau minyak ikan. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung, antara lain:

  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL.
  • Menurunkan trigliserida sekitar 15–30 persen.
  • Mengonsumsi minyak ikan dalam dosis kecil pun dapat membantu mengurangi tekanan darah pada orang dengan level tinggi.
  • Mencegah plak yang menyebabkan arteri mengeras, serta membuat plak arteri lebih stabil, dan lebih aman pada mereka yang sudah memilikinya.
  • Dapat mengurangi kejadian aritmia yang fatal.

Baca juga: 6 Jenis Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

Membantu Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Otak terdiri dari hampir 60 persen lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3. Oleh karena itu, omega-3 sangat penting untuk menjalankan fungsi otak yang normal. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental. Misalnya, dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik pada mereka yang berisiko. Konsumsi minyak ikan juga dapat mengurangi beberapa gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas dapat secara signifikan meningkatkan risiko penyakit lain, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Suplemen minyak ikan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan obesitas. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

Mendukung Kesehatan Mata

Seperti halnya otak, kesehatan mata juga bergantung pada lemak omega-3. Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Selain itu, kesehatan mata mulai menurun di usia tua, yang dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia. Konsumsi ikan dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan mata, termasuk juga konsumsi suplemen minyak ikannya. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Benefits of Taking Fish Oil.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Fish Oil.