• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Mengonsumsi Tomat Bantu Mencegah Anemia

Rutin Mengonsumsi Tomat Bantu Mencegah Anemia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Anemia bisa terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah di dalam tubuh. Padahal, sel darah merah sangat dibutuhkan tubuh dan memiliki peran penting dalam proses pengiriman oksigen dari organ jantung ke seluruh tubuh. Orang yang mengidap penyakit ini memiliki kadar sel darah merah yang lebih rendah dari seharusnya. 

Gejala khas dari penyakit anemia adalah tubuh mudah lelah, sering kedinginan, mudah pusing, hingga mengalami kesulitan bernapas. Penurunan sel darah merah dalam tubuh biasanya terjadi karena kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, produksi hemoglobin juga akan mengalami penurunan. Hemoglobin penting bagi tubuh untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

Tomat dan Makanan yang Bisa Mencegah Anemia 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami anemia, mulai dari berkurangnya produksi sel darah merah, kehilangan darah alias perdarahan secara berlebihan, serta sel darah merah yang terlalu cepat hancur. Ada banyak jenis anemia bisa terjadi. Selain itu, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa, ibu hamil, hingga bayi. 

Meski bisa menyerang siapa saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menurunkan risiko anemia. Pada beberapa jenis anemia, pencegahan bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan tertentu. Jenis anemia seperti anemia pada masa kehamilan dan anemia akibat kekurangan zat besi bisa dicegah dengan menerapkan pola makan kaya nutrisi. 

Salah satu jenis makanan yang disebut bisa membantu mencegah terjadinya anemia adalah tomat. Rutin mengonsumsi tomat disebut bisa membantu mencegah penyakit anemia. Bukan tanpa alasan, kandungan vitamin C di dalam tomat dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan lain. Dengan begitu, risiko rendahnya kadar zat besi yang bisa memicu anemia bisa dihindari. 

Baca juga: 4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hemoglobin

Nyatanya, asupan vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain vitamin C, tomat juga banyak mengandung beta karoten, vitamin E, dan serat. Hal itu yang menjadi alasan jenis makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi. Bagi pengidap penyakit anemia atau memiliki riwayat penyakit ini, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu buah tomat segar dalam satu hari untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dan menurunkan risiko anemia. 

Selain tomat, jenis buah lain yang kaya kandungan vitamin C yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia adalah jeruk, melon, dan stroberi. Mencegah penyakit anemia juga bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah konsumsi makanan yang kaya zat besi dan asam folat, seperti daging, sereal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran berdaun gelap. 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12 juga bisa membantu mencegah penyakit anemia. Ada beberapa jenis makanan kaya vitamin B12 yang bisa dikonsumsi, di antaranya produk susu dan turunannya. Kamu juga bisa mengonsumsi jenis makanan yang berbahan dasar kacang kedelai, seperti tempe dan tahu. 

Namun, tidak semua jenis anemia mungkin bisa diatasi dengan konsumsi tomat atau jenis makanan lain. Jika mengidap penyakit ini atau memiliki riwayat penyakit anemia, disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan untuk menjaga kondisi tubuh dan mencegah terjadinya komplikasi. Anemia sebaiknya tidak diabaikan begitu saja, terutama jika terjadi pada ibu hamil atau bayi. 

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

Jika ragu, kamu bisa menanyakan seputar penyakit anemia dan cara mencegahnya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Anemia. 
Healthline. Diakses pada 2020. Best Diet Plan for Anemia.
Health n Body Tips. Diakses pada 2020. 9 Iron Rich Foods To Combat Anemia – Treat Iron-deficiency Anemia.