• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Saffron Erat Kaitannya dengan Kehamilan, Apa Manfaatnya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Saffron Erat Kaitannya dengan Kehamilan, Apa Manfaatnya?

Saffron Erat Kaitannya dengan Kehamilan, Apa Manfaatnya?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Juli 2022

“Saffron adalah tanaman rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus atau bunga pacar. Tanaman ini mampu menunjang kesehatan bumil termasuk mengatasi mood swing dan kram perut.”

Saffron Erat Kaitannya dengan Kehamilan, Apa Manfaatnya?

Halodoc, Jakarta – Saffron atau yang dikenal dengan kuma-kuma biasa dijadikan sebagai pewarna makanan. Rempah dari bunga Crocus sativus ini dibanderol dengan harga ‘lumayan mahal’ karena level kerumitan saat proses penanaman.

Tanaman ini kerap dibudidayakan sebagai obat herbal dan dipercaya dapat menurunkan risiko kanker, meningkatkan gairah seksual dan menurunkan risiko sakit jantung. 

Selain manfaat di atas, saffron juga punya khasiat untuk kesehatan ibu hamil (bumil). Mulai dari mengatasi mood swing hingga meningkatkan fungsi jantung pada ibu dan bayi.  

Sebab, saffron mengandung senyawa aktif berupa crocin, crocetin, safranal dan kaempferol. Bukan itu saja, manfaat saffron dapat dirasakan karena mengandung serat, lemak, protein, kalsium, energi, fosfor, zat besi, vitamin C, dan kalium. 

Manfaat Saffron untuk Kehamilan

1. Mengatasi Mood Swing

Mood swing di masa kehamilan disebabkan oleh gejolak hormon estrogen dan progesteron dalam darah. Saffron memicu tubuh memproduksi serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan mood jadi lebih baik.

2.  Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Saffron bisa membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak. Sebab, kandungan antioksidan dalam saffron dapat mengikat reseptor pemicu rasa kantuk di otak. Ini membuat tidur jadi lebih lelap dan mengurangi insomnia. 

Selama masa kehamilan, ibu hamil kerap merasa tidak nyaman karena sakit punggung, meningkatnya frekuensi buang air kecil dan nyeri di bagian perut.

3. Meredakan Kram Perut

Perubahan hormon saat hamil menjadi salah satu pemicu kram perut. Rasa sakitnya cenderung meningkat seiring dengan usia kehamilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa minum saffron yang dicampur ke dalam segelas air hangat.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi selama kehamilan disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh. Mengonsumsi air saffron dapat mengembalikan tekanan darah ke angka normal. Manfaatnya dikaitkan dengan aktivitas senyawa crocetin pada tanaman rempah ini. 

5. Meningkatkan Kinerja Organ Jantung

Hampir setiap bumil mengalami ‘ngidam’ atau keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu. Ini bisa saja jadi bumerang jika bumil terus menerus menginginkan junk food.

Kolesterol dalam junk food memicu penyumbatan arteri yang berpengaruh langsung pada kesehatan jantung. Untuk mencegahnya, kamu bisa minum segelas air hangat dengan saffron.

Antioksidan dalam tanaman rempah ini efektif meningkatkan aliran dan kadar oksigen dalam darah.

Itulah manfaat saffron guna menunjang kesehatan bumil. Ada baiknya kamu berdiskusi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Kamu juga bisa menunjang kesehatan tubuh selama masa kehamilan dengan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. Why expecting mothers must add saffron to their diet.
Healthline. Diakses pada 2022. Is Saffron (Kesar) Safe During Pregnancy?