30 May 2018

Sahur Pakai Quinoa Bikin Kenyang Lebih Lama

Sahur Pakai Quinoa Bikin Kenyang Lebih Lama

Halodoc, Jakarta – Pada saat bulan puasa seperti ini, sebaiknya kamu tepat dalam memilih makanan untuk dinikmati saat sahur maupun berbuka puasa. Biasanya saat sahur, dianjurkan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan serat cukup tinggi agar pencernaan kamu tetap baik dan kamu bisa merasa kenyang lebih lama saat menjalani ibadah puasa. Sehingga, kesehatan tubuh kamu juga tetap bisa terjaga dan sepanjang puasa kamu tidak akan merasa lemas. Salah satunya adalah quinoa atau yang dikenal juga dengan istilah kinoa.

(Baca juga: Hindari Santap Sahur dengan Mie Instan dan Nasi)

Quinoa adalah sejenis padi-padian yang berasal dari Amerika Selatan dan penggunaannya ternyata bisa menggantikan nasi. Meskipun berasal dari Amerika Selatan, nyatanya di Indonesia kita sudah bisa menemukan quinoa dengan mudah. Quinoa yang beredar di Indonesia biasanya quinoa yang berwarna merah dan juga quinoa putih. Jadi enggak ada salahnya jika kamu mencoba quinoa untuk menu sahur agar tubuh kamu semakin sehat dan terhindar dari penyakit.

Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Quinoa

Protein dalam quinoa ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan makanan jenis padi-padian lainnya. Selain itu, kandungan protein yang terdapat dalam quinoa dibentuk dari asam amino yang dimiliki oleh quinoa. Tentu, asam amino dalam quinoa juga merupakan kandungan yang sangat diperlukan untuk kebutuhan orang dewasa dan juga anak-anak. Kandungan tersebut antara lain isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine terdapat dalam quinoa.

Quinoa tidak mengandung gluten, sehingga sangat baik untuk dijadikan pengganti karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi quinoa pada saat sahur, kamu bisa merasakan kenyang lebih lama karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam quinoa. Beberapa diantaranya adalah karbohidrat dan protein.Selain itu, dalam quinoa terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menghindari gangguan pencernaan saat kamu melakukan ibadah puasa.

Quinoa sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi membuat laju kandungan gula ke pembuluh darah akan melambat, sehingga kerja insulin dalam tubuh akan terbantu. Tidak hanya karbohidrat, nyatanya serat juga membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Sehingga, saat menjalankan ibadah puasa kamu tidak akan merasa cepat lapar dan membuat kamu akan segar selama menjalani ibadah puasa.

Selain itu, quinoa juga mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin B dan juga vitamin E yang bisa digunakan sebagai antioksidan bagi tubuh kamu yang menjalani ibadah puasa seharian.

Cara Mengonsumsi Quinoa

Saat sahur, kamu bisa menjadikan quinoa sebagai menu sahur kamu. Banyak cara untuk mengonsumsi quinoa, salah satunya kamu bisa mengolah quinoa seperti nasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi quinoa sebagai campuran untuk smoothies kamu. Kamu juga bisa mengonsumsi quinoa seperti kamu mengonsumsi oatmeal kamu di pagi hari. Namun, sebelum mengonsumsi quinoa dalam berbagai variasi, kamu harus mencuci dan memasak quinoa terlebih dahulu.

(Baca juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Sahur)

Banyak menu sehat lainnya yang juga bisa kamu konsumsi untuk menu sahur. Yang terpenting, perhatikan kandungan gizi dan juga seimbangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Jika kamu ingin mengetahui makanan sehat apa saja yang baik untuk dikonsumsi saat sahur, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.