• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Dada Sebelah Kanan Disebabkan Penyakit Jantung?

Sakit Dada Sebelah Kanan Disebabkan Penyakit Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung memang seringkali ditandai dengan munculnya rasa sakit pada dada. Namun, apakah sakit dada sebelah kanan juga merupakan tanda penyakit jantung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memahami Penyakit Jantung

Penyakit jantung menunjukkan serangkaian kondisi yang memengaruhi organ jantung kamu. Berbagai penyakit yang termasuk penyakit jantung, antara lain penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, gangguan irama jantung (aritmia), dan cacat jantung sejak lahir (cacat jantung bawaan).

Istilah “penyakit jantung” juga sering digunakan secara bergantian dengan “penyakit kardiovaskular”. Penyakit kardiovaskular umumnya merujuk pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke. Kondisi yang memengaruhi otot, katup, atau ritme jantung seseorang juga dianggap sebagai bentuk penyakit jantung.

Baca juga: 7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Sakit Dada yang Menunjukkan Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung sebenarnya sangat bervariasi yang tergantung pada jenis penyakitnya. Namun, rasa sakit di dada memang seringkali menjadi gejala paling umum dari penyakit jantung. Sebagian besar orang mengaitkan sakit dada di sebelah kiri dengan serangan jantung atau penyakit jantung lainnya, sedangkan sakit dada di sebelah kanan juga mungkin saja terjadi, terutama bila penyakit jantung memengaruhi sisi kanan jantung.

Rasa sakit di dada juga bisa menjadi pertanda adanya sumbatan di bagian arteri jantung atau gejala dari serangan jantung. Gejala tersebut biasanya digambarkan sebagai rasa nyeri, sesak, tekanan di dada, bahkan seperti terbakar. Namun, tiap pengidap dapat mengalami sensasi sakit dada yang berbeda-beda. Perasaan tidak nyaman pada dada biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit, dan bisa terjadi kapan saja, baik ketika kamu sedang beristirahat maupun saat sedang melakukan aktivitas fisik.

Bila rasa sakitnya sangat singkat dan terasa lebih sakit ketika kamu menyentuh atau menekannya, maka itu kemungkinan bukanlah gejala penyakit jantung. Namun, kamu tetap perlu memeriksakannya ke dokter. 

Perlu diingat juga bahwa kamu bisa saja mengalami penyakit jantung, bahkan serangan jantung tanpa merasakan gejala sakit dada. Hal ini sangat umum terjadi pada wanita.

Karena itu, kamu juga perlu tahu gejala penyakit jantung lainnya. Selain sakit dada, penyakit jantung dapat menimbulkan gejala-gejala berikut ini:

  • Mual, gangguan pencernaan, mulas, atau sakit perut;

  • Rasa nyeri yang menyebar sampai ke lengan;

  • Pusing atau perasaan melayang;

  • Nyeri di tenggorokan atau rahang;

  • Mudah merasa kelelahan;

  • Mendengkur;

  • Berkeringat;

  • Batuk yang tidak kunjung berhenti;

  • Tungkai, telapak dan pergelangan kaki bengkak; dan

  • Detak jantung tidak teratur.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan Lainnya

Sakit dada sebelah kanan tidak selalu menunjukkan gejala penyakit jantung. Ada juga berbagai kondisi, penyakit, dan cedera yang bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

  • Kecemasan atau stres

Rasa cemas atau stres yang berlebihan dapat memicu serangan kecemasan. Nah, pada beberapa orang, serangan kecemasan dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan serangan jantung, termasuk nyeri dada, pusing, jantung berdebar, dan kesulitan bernapas.

  • Ketegangan Otot

Dinding dada terdiri dari banyak otot yang mudah untuk keseleo atau tegang saat melakukan aktivitas fisik. Namun, sakit dada sebelah kanan akibat hal ini biasanya dapat hilang dengan istirahat dan obat pereda rasa nyeri.

  • Trauma

Cedera traumatis, seperti karena jatuh, pukulan keras ke dada, atau kecelakaan kendaraan bermotor juga dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri.

  • Costochondritis

Costochondritis adalah peradangan tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada utama di depan dada. Rasa sakit di dada yang ditimbulkan costochondritis mungkin parah dan dapat disebabkan oleh batuk hebat, infeksi, atau cedera traumatis. Namun, kondisi ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, tapi pengidap memerlukan istirahat yang banyak, obat penghilang rasa sakit, dan kompres panas atau dingin.

  • Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh berbagai bakteri, virus, dan organisme jamur. Pengidap pneumonia biasanya akan mengalami sakit dada saat bernapas dan batuk.

Baca juga: Perbedaan Serangan Jantung dan Sakit Dada Biasa

Itulah penjelasan mengenai sakit dada sebelah kanan yang seringkali menjadi pertanda penyakit jantung. Bila kamu mengalami nyeri dada, sebaiknya jangan dibiarkan saja, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis penyebabnya. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu juga bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Heart disease.
WebMD. Diakses pada 2020. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes chest pain on the right side?