Sakit, Datang Saja ke Puskesmas dengan BPJS

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sakit, Datang Saja ke Puskesmas dengan BPJS

Halodoc, Jakarta – BPJS Kesehatan adalah layanan kesehatan yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk mengakomodir kesehatan masyarakat. Dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan, masyarakat Indonesia akan mendapatkan layanan kesehatan secara kontinuitas. Fasilitas ini sangat membantu bila seseorang mengidap penyakit kronis yang membutuhkan kontrol rutin.

Tidak hanya pemeriksaan ringan, kontrol rutin, bahkan dengan adanya keanggotaan BPJS, pemeriksaan kesehatan dengan operasi juga ditanggung oleh BPJS. Sejauh ini sudah ada 6.416 puskesmas dan 3.527 puskesmas rawat inap yang menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan terpadu dan terjangkau.

Manfaat jaminan kesehatan nasional BPJS kesehatan tingkat pertama meliputi administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis, serta tindakan medis non-spesialistik, baik operatif maupun non operatif. Selain itu, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, transfusi darah sesuai kebutuhan medis, pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama serta rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi.

Baca juga: BPJS untuk Melahirkan, Persiapkan Hal ini Dulu

Sedangkan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan mencakup layanan administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik oleh dokter spesialis dan subspesialis, serta tindakan medis spesialistik sesuai dengan indikasi medis. Selain itu, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, pelayanan alat kesehatan implant, pelayanan penunjang diagnostik lanjutan sesuai dengan indikasi medis, rehabilitasi medis, pelayanan darah, pelayanan kedokteran forensik, dan pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan.  Kemudian, untuk rawat inap meliputi perawatan inap non-intensif, perawatan inap di ruang intensif, dan pelayanan kesehatan yang sudah ditetapkan sesuai dengan aturan.

Penerima Layanan BPJS

Penerima layanan BPJS Kesehatan adalah setiap orang termasuk warga negara asing yang sudah bekerja minimal 6 bulan di Indonesia, serta pekerja bukan penerima upah, tapi merupakan anggota keluarga, termasuk ayah, ibu, anak, dan mertua.

Dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan, penerima layanan kesehatan akan mendapatkan layanan terpadu sesuai dengan kebutuhan. Pemeriksaan yang terperinci dimulai dari diagnosis  awal sampai lanjutan membuat layanan medis dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Baca juga: 5 Posisi Persalinan Kedua yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Kamu sangat disarankan untuk menggunakan layanan BPJS, karena ini sudah menjadi hak sebagai warga negara. Berikut kelebihan BPJS kesehatan dibandingkan asuransi kesehatan lainnya:

  1. Murah dan Terjangkau

Dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya, BPJS kesehatan memberikan iuran yang relatif terjangkau.

  1. Jaminan Seumur Hidup

Bila sebagian asuransi kesehatan membatasi durasi alias waktu penerima asuransi, BPJS kesehatan tidak membatasi durasi waktu dan tanpa batasan usia. Inilah yang membuat penerima layanan jaminan kesehatan dari BPJS tidak perlu khawatir saat berobat, sehingga dapat menggunakan fasilitas kesehatan yang ditawarkan secara lebih maksimal.

  1. Tanpa Pengecualian

Tidak ada batasan dalam penerimaan layanan kesehatan BPJS. Kalau asuransi lain mengharuskan persyaratan khusus supaya pasien bisa menerima layanan kesehatan tertentu, sedangkan untuk keanggotaan BPJS tidak perlu menyertakan diagnosis dan tidak terbatas pada premi tertentu.

Baca juga: Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

  1. Manfaat Bagi Karyawan

Sebagai karyawan yang memiliki banyak aktivitas, maka dengan menerima keanggotaan BPJS kesehatan bisa memberikan jaminan untuk ketahanan kesehatan, sehingga bisa bekerja lebih nyaman.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak layanan kesehatan BPJS serta manfaatnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.