Sakit Gigi Tanda Awal Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Sakit Gigi Tanda Awal Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta – Ketika sakit gigi melanda, biasanya seseorang menjadi tidak banyak bicara sampai malas untuk makan. Sakit gigi memang bikin tidak nyaman dan sering disebabkan karena konsumsi makanan tinggi gula dan kebersihan gigi yang tidak terjaga.

Namun, kalau kamu mengalami sakit gigi padahal sudah rajin merawat gigi, maka kamu perlu mencurigai kondisi lain. Pasalnya, sakit gigi ditaksir menjadi salah satu tanda kehamilan. Apakah ini cuma mitos belaka atau ada fakta yang mendasarinya? Yuk, cari tahu lebih lanjut. 

Baca Juga: Sakit Gigi Bikin Susah Hamil, Benarkah?

Benarkah Sakit Gigi Salah Satu Tanda Awal Kehamilan?

Tubuh wanita hamil mengalami banyak perubahan akibat hormon yang berfluktuasi. Dikutip dari laman Healthline, jumlah hormon estrogen dan progesteron yang berubah-ubah ini adalah pemicu utama gejala mual, muntah sampai pertumbuhan plak gigi. Penumpukan plak ini yang menjadi akar penyebab sakit gigi. Pasalnya, plak yang semakin menumpuk bisa menyebabkan pendarahan gusi dan peradangan. 

Peradangan gusi yang dialami ibu hamil dikenal sebagai gingivitis kehamilan. Kehamilan juga mengubah nafsu makan ibu dan ini kondisi yang lazim dialami ibu hamil. Hal yang menjadi masalah, wanita yang sedang hamil cenderung suka camilan manis dan ingin mengonsumsi karbohidrat terus-menerus untuk memuaskan nafsu makannya. Hal ini yang menyebabkan ibu hamil rentan mengalami gigi berlubang. 

Kemungkinan lainnya, bayi yang sedang dikandung otomatis menyerap kalsium dari tubuh ibu. Ketika jumlah kalsium memadai, maka ibu hamil rentan mengalami sakit gigi. Walaupun sakit gigi dapat terjadi selama kehamilan, kondisi ini tidak selalu menjadi tanda awal kehamilan. Banyak kondisi kesehatan lainnya yang juga ditandai dengan sakit gigi. Setiap wanita juga dapat mengalami gejala kehamilan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, lebih baik lakukan tes kehamilan agar lebih pasti.

Kalau kamu ingin mendeteksi kehamilan, kamu bisa membeli test pack melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, tinggal order dan pesanan kamu akan diantarkan dalam satu jam. Nah, kalau kamu penasaran dengan tanda-tanda kehamilan lainnya, berikut tanda kehamilan paling umum yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga: Kebersihan Gigi Ibu Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin, Kok Bisa?

Tanda Awal Kehamilan yang Paling Umum

Dikutip dari laman Mayo Clinic, gejala awal kehamilan yang paling umum terjadi, yaitu:

  • Melewatkan menstruasi. Kalau kamu melewatkan tanggal menstruasi yang seharusnya terjadi, maka kamu boleh curiga mendapat kehamilan. Namun, gejala ini bisa jadi salah bila kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

  • Payudara melunak dan membengkak. Di awal kehamilan, perubahan hormon membuat payudara sensitif dan sakit. Ketidaknyamanan berkurang setelah beberapa minggu. Ini karena, di awal kehamilan tubuh perlu menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

  • Mual dan muntah. Morning sickness dapat terjadi kapan saja, di siang atau malam hari. Tanda ini sering dimulai satu bulan setelah hamil. Namun, beberapa wanita merasa mual lebih awal dan beberapa justru tidak mengalaminya. 

  • Sering buang air kecil. Kehamilan juga membuat wanita lebih sering buang air kecil dari biasanya. Ini disebabkan karena jumlah darah dalam tubuh wanita akan meningkat selama kehamilan, sehingga menyebabkan ginjal perlu memproses cairan ekstra.

  • Kelelahan. Kelelahan termasuk gejala awal kehamilan yang paling umum. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melambung, sehingga membuat ibu hamil merasa mengantuk.

Baca Juga: Kenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil

Jadi, sakit gigi mungkin bisa menjadi tanda awal kehamilan. Namun, ini bukan tanda kehamilan yang paling umum. Kalau kamu ternyata tidak hamil dan sakit gigi yang kamu miliki tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengunjungi rumah sakit. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Mudah, kan?

Referensi :
Baby Centre. Diakses pada 2020. A surprising pregnancy side effect, a toothache!.
Healthline. Diakses pada 2020. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing — and What You Can Do About It. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Symptoms of pregnancy: What happens first.